Sukses

35 Tahun Berlalu, Ini 6 Potret Bangunan Bencana Nuklir Chernobyl yang Mengerikan

Liputan6.com, Jakarta Menandai 35 tahun sejak bencana nuklir terburuk dalam sejarah yaitu Chernobyl disaster atau Bencana Chernobyl. Peristiwa ini merupakan kecelakaan reaktor nuklir Chernobyl yang terjadi pada tanggal 26 April 1986 pukul 01:23:40 pagi, reaktor nomor empat di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl yang terletak di Uni Soviet di dekat Pripyat di Ukraina meledak. 

Dikutip dari Bored Panda, peristiwa tersebut diperingati setiap tahun. Pada hari peringatan, penduduk di Zona tersebut datang bersama. Mereka berkumpul di dekat patung malaikat logam besar. Patung itu disebut "Monumen Malaikat Ketiga".

Ini adalah penghargaan untuk semua orang yang meninggal akibat insiden tersebut. Setiap orang yang hadir memegang lilin, mereka berbagi cerita dan berkumpul bersama untuk menandai hari itu.

Selain diperingati dengan cara di atas, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk memperingati acara tersebut. Seperti yang dilakukan oleh fotografer berikut. Ia membagikan beberapa foto yang diambil ketika mengunjungi Zona Pengecualian beberapa tahun yang lalu.

Melansir dari Bored Panda, berikut Liputan6.com himpun beberapa foto hasil jepretan fotografer tersebut saat mengunjungi bangunan bencana Chernobyl, Rabu (5/5/2021).

2 dari 7 halaman

1. Penampakan gedung olahraga di Istana Budaya Energetik yang telah hancur.

3 dari 7 halaman

2. Troli belanja di bekas supermarket yang terbengkalai.

4 dari 7 halaman

3. Tempat tidur bayi kosong di ruang bersalin Rumah Sakit Pripyat No.126, menimbulkan suasana mencekam.

5 dari 7 halaman

4. Ruangan yang dipenuhi dengan poster di dalam Pangkalan Militer.

6 dari 7 halaman

5. Salah satu dari banyak desa yang terlantar, sekarang ditelan hutan.

7 dari 7 halaman

6. Penampakan bemper mobil yang telah usang di taman hiburan terbengkalai.