Sukses

Penyebab Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal. Kerusakan organ ini berisiko tinggi terjadi pada orang yang memiliki penyakit tertentu atau kebiasaan yang kurang sehat. Gagal ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang cukup ditakuti. Kondisi ini terjadi ketika ginjal mengalami kerusakan dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Gagal ginjal biasanya merupakan tahap akhir dari penyakit ginjal, di mana kerusakan pada ginjal sudah cukup berat atau berlangsung lama, sehingga muncul gangguan fungsi yang permanen. Jika seseorang terkena gagal ginjal, maka dapat berisiko mengalami berbagai gejala masalah kesehatan lainnya.

Untuk itu perlu menjaga kesehatan ginjal supaya anda terhindari dari penyakit gagal gintal dan batu ginjal. Gagal ginjal bisa terjadi pada siapa pun, baik pria maupun wanita, serta anak-anak maupun orang tua. Penyakit ini bisa disebabkan berbagai faktor, termasuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula.

Berikut ini penjelasan detail mengenai penyebab gagal ginjal, beserta gejala dan cara mencegahnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (5/5/2021).

2 dari 4 halaman

Penyebab Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal biasanya disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya, ditambah pola hidup yang tidak sehat membuat orang mudah terserang penyakit khususnya gagal ginjal. Berikut ini penyebab gagal ginjal yang tidak dapat disepelekan, diantaranya :

1. Makanan dan Minuman yang Mengandung Gula Tinggi

Penyebab gagal ginjal yang pertama adalah makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi. Gagal ginjal bisa disebabkan karena faktor makanan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti gagal ginjal, batu ginjal, diabetes, dan obesitas.

2. Merokok

Penyebab gagal ginjal yang selanjutnya adalah merokok. Sebagian besar orang menganggap merokok adalah kebiasaan yang wajar. Padahal, kebiasaan itu tidak baik untuk kesehatan. Merokok tidak hanya merusak paru-paru dan jantung, tetapi juga bisa menyebabkan gagal ginjal. Sebuah penelitian menemukan pencandu rokok cenderung memiliki protein dalam urine, yang merupakan tanda dari kerusakan ginjal.

3. Makanan Tinggi Natrium

Penyebab gagal ginjal yang berikutnya adalah makanan yang tinggi natrium. Kadar natrium tinggi dapat meningkatkan darah yang kemudian dapat memicu kerusakan ginjal dari waktu ke waktu dan menjadi penyebab utama dari gagal ginjal. Anda perlu mengurangi konsumsi makanan tinggi natrium seperti garam, saus, kecap, keju, dan hingga acar atau asinan.

4. Kurang Minum Air Putih

Penyebab gagal ginjal yang paling sering dialami orang adalah kurang minum air mineral. Air putih merupakan sumber kehidupan dan sangat dibutuhkan untuk mengembalikan cairan tubuh. Kekurangan air putih dapat membuat tubuh dehidrasi dan menyebabkan gagal ginjal.

5. Gagal Jantung

Gagal ginjal juga bisa disebabkan oleh gagal jantung. Kondisi ini akan mengurangi pasokan darah ke ginjal dan menyebabkan gagal ginjal.

6. Obat Penghilang Rasa Sakit

Bagi Anda yang terlalu sering mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, dapat berisiko terkena penyakit gagal ginjal. Obat-obatan tersebut termasuk aspirin, ibuprofem, steptomisin, obat kemoterapi dan pewarna radioktif. Obat penghilang rasa sakit bisa merusak dan mengurangi aliran darah ke ginjal. Maka dari itu, Anda tidak boleh kecanduan mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri.

7. Infeksi Bakteri dan Virus

Penyebab gagal ginjal yang selanjutnya adalah infeksi bakteri dan virus. Infeksi bakteri dan virus seperti hepatitis A, B atau C, radang tenggorokan, dan infeksi saluran kemih juga bisa mengakibatkan peradangan di ginjal dan menyebabkan gagal ginjal.

3 dari 4 halaman

Gejala Gagal Ginjal

Saat mengalami gagal ginjal, seseorang akan mengalami beberapa keluhan dan gejala. Berikut ini beberapa gejala dari gagal ginjal yang perlu diwaspadai:

1.  Berkurangnya produksi urine.

2.  Linglung atau kebingungan.

3.  Mual dan muntah.

4.  Sesak Napas.

5.  Penumpukan cairan dalam tubuh atau edema.

6.  Kelelahan.

7.  Dehidrasi.

8.  Sakit di bagian dada.

9.  Nyeri punggung.

10.  Sakit perut.

11.  Tingginya tekanan darah atau hipertensi.

12.  Gangguan tidur.

Pada fase awal, gagal ginjal akut tidak menunjukkan gejala apa pun dan hanya bisa dideteksi melalui uji laboratorium. Namun, penyakit ini bisa memburuk dengan sangat cepat, dan tiba-tiba pengidapnya mengalami beberapa gejala di atas.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Gagal Ginjal

Untuk mencegah gagal ginjal, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Menerapkan gaya hidup sehat seperti rajin olahraga.

2. Perbanyak minum air putih.

3. Tidak merokok dan menghindari asap rokok.

4. Tidak mengonsumsi minuman bersoda dan beralkohol.

5. Mengonsumsi makanan sehat, seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, dan lemak sehat.

6. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap tahun untuk memantau kondisi ginjal, terutama bagi penderita penyakit tertentu, seperti diabetes dan hipertensi atau darah tinggi dan penyakit jantung.

7. Menghindari konsumsi obat-obatan pereda nyeri tanpa resep dokter