Sukses

8 Manfaat Habbatussauda untuk Wajah Berjerawat, Jaga Kulit Tetap Sehat

Manfaat habbatussauda untuk wajah bisa dijadikan sebagai perawatan kecantikan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat habbatussauda untuk wajah bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Penggunaan habbatussauda sebagai bahan untuk perawatan kulit bahkan sudah digunakan oleh berbagai produk kecantikan.

Habbatussauda atau jintan hitam adalah jenis rempah yang berbentuk butiraan biji berwarna hitam. Habbatussauda mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti karbohidrat, protein, lemak sehat termasuk asam oleat dan asam linoleat, kalsium, serat, zat besi, natrium, kalium, dan antioksidan.

Manfaat habbatussauda untuk wajah bisa dijadikan sebagai perawatan kecantikan sehari-hari. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki berbagai masalah pada kulit wajah, termasuk jerawat, bisa menggunakan habbatussauda untuk mengatasinya.

Cara menggunakan habbatussauda untuk wajah adalah dengan mengoleskan minyak habbatussauda ke wajahmu. Kamu bisa menjadikannya masker dan membilasnya setelah didiamkan beberapa saat. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/5/2021) tentang manfaat habbatussauda untuk wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mencegah Jerawat dan Memudarkan Bekasnya

Mencegah Jerawat

Manfaat habbatussauda untuk wajah yang pertama tentunya adalah mencegah tumbuhnya jerawat. Hal ini bisa kamu dapatkan karena kandungan asam linoleat, vitamin E, asam amino dan nutrisi lainnya yang terdapat di dalam habbatussauda. Berbagai kandungan tesebut membantu mencegah dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Memudarkan Bekas Jerawat

Setelah jerawat hilang, bekas jerawat menjadi masalah baru yang membuat orang merasa tak percaya diri. Manfaat habbatussauda untuk wajah juga dapat mengatasi masalah bekas jerawat ini.

Jika bekas jerawatnya kemerahan, habbatussauda mengandung anti inflamasi yang baik bagi kulit. Jika bekas jerawatnya kehitaman dan meninggalkan bopeng, habbatussauda juga bisa mengatasinya dengan kandungan antioksidannya. Kandungan antioksidan bisa mempercepat regenerasi sel-sel di kulit sehingga kondisi wajahmu akan semakin membaik.

3 dari 5 halaman

Mengontrol Minyak di Wajah dan Membersihkan Pori-pori

Mengontrol Minyak di Wajah

Manfaat habbatussauda untuk wajah berikutnya adalah membantu mengontrol produksi minyak di kulit wajah. Kulit yang berminyak biasanya akan mudah berjerawat, akibat pori-pori kulit yang tersumbat minyak.

Pada dasarnya minyak wajah memiliki fungsi untuk membantu melembapkan kulit wajah. Tetapi wajah yang terlalu berminyak, akan membuat kulit menjadi tampak kusam. Kandungan yang terdapat pada habbatussauda, bisa membantu mengatasi external toxins, dan membantu mencegah polutan pada wajah, yang disebabkan karena paparan sinar matahari, polusi dan debu.

Membersihkan Pori-pori

Pori-pori yang tersumbat, bisa menyebabkan timbulnya komedo pada wajah, yang menjadi cikal bakal timbulnya jerawat. Jika tidak bersih saat mencuci wajah, pori-pori akan tersumbat minyak dan bakteri penyebab jerawat.

Pori-pori yang besar juga bisa membuat bakteri mudah singgah, dan menyebabkan kulit menjadi lebih kasar. Manfaat habbatussauda bisa digunakan sebagai scrub atau masker wajah untuk membersihkan pori-pori dari kotoran, dan membantu mengecilkan pori-pori yang besar.

4 dari 5 halaman

Menutrisi dan Melembapkan Kulit

Menutrisi Kulit

Manfaat habbatussauda untuk wajah yang sangat penting adalah bisa membantu menutrisi kulit. Hal ini disebabkan karena habbatussauda memiliki kandungan antioksidan, vitamin E, dan asam linoleat, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan yang terdapat pada habbatussauda, juga bisa membantu memperbaiki sel-sel kulit, yang rusak karena radikal bebas.

Melembapkan Kulit

Habbatussauda atau jintan hitam kaya akan asam amino yang melindungi kulit dari kekeringan. Campurkan minyak jintan hitam dan minyak kelapa dalam perbandingan yang sama, lalu oleskan sambil dipijat lembut pada kulit tubuh. Ini akan membantu menjaga kulit tetap lembap dan segar.

5 dari 5 halaman

Mencegah Penuaan Dini dan Mencerahkan Kulit

Mencegah Keriput dan Penuaan Dini

Manfaat habbatussauda untuk wajah yang berikutnya adalah membantu mengatasi penuaan dini pada kulit. Penuaan dini ditandai dengan munculnya kerutan di wajah, munculnya noda-noda hitam, dan kurangnya elastisitas pada kulit. Penuaan dini bisa disebabkan karena sering terkena paparan sinar matahari, polusi, debu dan radikal bebas.

Kandungan yang terdapat di dalam habbatussauda, bisa membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit, dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Habbatussauda kaya akan antioksidan dan sangat sempurna untuk melawan radikal bebas yang merusak kulit dan rambut. Oleskan minyak ini pada kulit wajah kamu untuk menghilangkan keriput. 

Mencerahkan Kulit

Habbatussauda juga mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Jika diaplikasikan langsung ke wajah, nutrisi dalam habbatussauda ini akan meresap ke bagian terdalam lapisan kulit dan membuatnya lebih sehat dan cerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.