Sukses

Viral Kakek Buat Rumah Bawah Tanah, Digali Sendiri Selama 2 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang. Tempat tinggal menjadi tempat berlindung dan juga berkumpul keluarga. Tak heran jika banyak orang yang ingin memiliki rumah yang layak huni dan nyaman.

Jika pada umumnya rumah dibangun di atas sebidang tanah, berebda dengan seorang kakek berikut ini. Kakek yang tinggal di Sulawesi Selatan ini justru membuat rumah di bawah tanah seorang diri. 

Ia diketahui membangun rumah bawah tanah itu di halaman rumahnya. Menggunakan alat sederhana dan seadanya seperti ember, palu dan plastik bekas, ia  menggali tanah sejak dua tahun belakangan.

Meski belum sepenuhnya selesai, rumah yang mirip seperti istana bawah tanah itu sudah ebrhasil menarik perhatian warganet. Sebuah video berhasil merekam suasana rumah abwah tanah yang ternyata luas dengan desain berbentuk lorong-lorong kecil.

 

2 dari 3 halaman

Buat Rumah Bawah Tanah Selama 2 Tahun

Seorang kakek asal Bone, Sulawesi Selatan mendadak jadi perbincangan dunia maya. Beredar video yang memperlihatkan ia membangun rumah bawah tanah soerang diri selama 2 tahun. Kakek yang diketahui bernama Zainuddin itu terus menggali tanah di halaman rumahnya dan membentuknya seperti lorong-lorong kecil. 

"Makaweini dua taung (Sudah hampir dua tahun)," kata kakek tersebut dalam bahasa Bugis, seperti yang dikutip dari Merdeka oleh Liputan6.com, Rabu (5/5/2021).

Untuk memudahkan orang memasuki rumah bawah tanah tersebut, kakek Zainuddin sengaja membuat beberapa anak tangga yang saling terhubung.

3 dari 3 halaman

Ada Anak Tangga dan Luas

Video berdurasi kurang dari 3 menit yang beredar di media sosial itu memperlihat sekeliling rumah bawah tanah yang belum sepeuhnya jadi. Terlihat lorong kecil dengan anak tangga yang saling menghubungkan. Pintu masuk setiap lorong pun dibuat berbeda-beda.

Kakek Zainuddin juga terlihat memberikan detail ukiran pada tanah dan juga menaruh rumput sebagai hiasan. Menurutnya, rumah tersebut masih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa selesai. Ia berencana membuat bangunan rumah bawah tanah miliknya itu saling tersambung.

Meski dibangun dengan alat sadanya, banyak warganet yang mengapresiasi usaha kakek Zainuddin tersebut. Meski diusia senjanya ia semangat membangun rumah tersebut.

"Hebat bisa serapih itu tanpa tambahan naterial apapun," tulis dewi_purwanti987.

"Kakek hebat.. tpi ngeri klw hujan" tambah jiunshanty.

"Saluuuuut buat si kakek" saut anita_dewi_78.