Sukses

7 Potret Arsitektur Bangunan Budaya Islam di Dunia, Penuh Filosofi

Liputan6.com, Jakarta Peradaban agama Islam di mulai dari turunnya wahyu pertama pada 610 masehi yang diturunkan kepada rasul terakhir yaitu Muhammad bin Abdullah di Gua Hira, Arab Saudi sampai dengan sekarang. Peradaban Islam juga turut mewarnai sejarah peradaban dunia.

Pesatnya perkembangan agama Islam, baik di barat maupun timur, pada abad ke-8 sampai 13 Masehi mampu menguasai berbagai peradaban yang ada sebelumnya. Tak heran jika peradaban Islam dianggap sebagai salah satu peradaban yang paling besar pengaruhnya di dunia.

Berbagai peninggalan sejarah budaya Islam pun banyak tersebar di beberap anegara. Salah satunya yakni bangunan dengan arsitektur budaya Islam. Tak hanya di kawasan Timur Tengah saja, beberapa diantaranya juga tersebar di benua Eropa.

Penasaran seperti apa kemegahannya? Berikut ini 7 potret arsitektur bangunan budaya Islam di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (5/5/2021).

2 dari 8 halaman

1. Salah satu masjid terbesar di dunia, masjid Nabawi memiliki atap rata dengan 27 kubah. Masjid ini berlokasi di pusat Kota Madinah, Arab Saudi.

3 dari 8 halaman

2. Alhambra di Spanyol, kompleks istana sekaligus benteng dari kekhalifahan Bani Umayyah. Tempat ini menjadi jejak kerajaan muslim di Spanyol.

4 dari 8 halaman

3. Chefchaouen menjadi peninggalan kebudayaan Islam yang terkenal di Maroko. Tempat ini jadi destinasi wisata terkenal karena semua bangunannya dicat biru.

5 dari 8 halaman

4. Jembatan Si-o-se pol di Iran ini bangunan peninggalan Islam. Seperti gaya budaya Islam lainnya, jembatan ini memiliki 33 lengkungan.

6 dari 8 halaman

5. Masjid Hagia Sophia sangat dipengaruhi dan memengaruhi eksistensi arsitektur Islam. Terkenal karena besar kubahnya, bangunan ini melambangkan arsitektur Byzantium dan menjadi katedral terbesar di dunia.

7 dari 8 halaman

6. The Citadel di Suriah, benteng terbaik dengan desain bangunan Islam. Ada jembatan yang kokoh dengan tujuh lengkungan. Kini benteng Citadel menjadi kastil peninggalan Islam tertua, terluas dan termegah di dunia.

8 dari 8 halaman

7. Meski berada di kota kecil di Irak, masjid Agung Samarra pernah jadi bangunan masjid terbesar di dunia. Daya tarik masjid ini yakni tersusun dari bata merah tradisional berbentuk melingkar ke atas.