Sukses

22 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan, Jangan Dianggap Remeh

Liputan6.com, Jakarta Ada segudang manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Buah nanas memiliki bentuk daun seperti mahkota, tubuhnya dipenuhi duri, dan saat matang warna kulit nanas kuning kehijauan.

Di Indonesia, potensi pertumbuhan buah nanas cukup tinggi terutama di daerah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Riau. Buah yang dagingnya berwarna kuning ini kaya serat, antioksidan, vitamin C, bromelin, sampai protein. Inilah kandungan yang menjadikan manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan wajib diandalkan.

Manfaat buah nanas untuk kesehatan sangat baik untuk meningkatkan sistem imun, menjaga jantung, mengatasi asma, sampai meningkatkan kesuburan. Lalu manfaat buah nanas untuk kecantikan sangat baik menjaga kulit dan ahlinya membuat wajah tampak awet muda.

Untuk merasakan manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan, buah ini bisa dikonsumsi langsung. Selain itu bisa dibuat smothies, jus, dan lain sebagainya. Sesuaikan saja dengan selera. Berikut Liputan6.com ulas manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan dari berbagai sumber, Kamis (6/5/2021).

2 dari 7 halaman

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Nanas untuk Sistem Imun

Manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber utama antioksidan dari buah nanas adalah kandungan vitamin C-nya. Selain itu, asam amino pada nanas juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua zat tersebut sangat diperlukan tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas.

Demikian, manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah menjaga stamina kamu agar tetap fit. Vitamin C juga sangat efektif untuk menyingkirkan radikal bebas. Cara mengambil manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah dengan meminum jus nanas setiap hari. Kebiasaan ini akan membantu mengurangi kerusakan tubuh akibat radikal bebas.

Manfaat Buah Nanas untuk Jerawat

Manfaat buah nanas untuk kecantikan dapat mengatasi jerawat. Jerawat menjadi satu di antara masalah kulit yang paling umum dialami wanita maupun pria. Namun, dengan menggunakan nanas, kamu bisa mendapatkan kulit yang bebas jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan enzim bromelain di dalam nanas yang membuat kulit menjadi bersih dan menghilangkan sisa kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori wajah.

Jus nanas mengandung banyak vitamin C dan antioksidan lainnya yang dapat membantu mengatasi jerawat, kerusakan akibat paparan sinar matahari, dan warna kulit yang tidak merata. Bila ingin kulit yang sehat bersinar, coba minum segelas jus nanas. Selain bekas jerawat dapat pudar perlahan, kulit pun lebih terhidrasi dan bersih.

Manfaat Buah Nanas untuk Jantung

Manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah mencegah penyakit jantung. Vitamin C dalam nanas akan mencegah oksidasi kolesterol, sehingga mencegahnya berubah menjadi plak penyumbatan arteri. Nanas juga sarat dengan potasium, mineral yang membantu menyeimbangkan jumlah air yang disimpan tubuh. Terlalu banyak natrium dan tidak cukup kalium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Jadi, minum jus nanas kaya kalium adalah cara terbaik untuk memastikan elektrolit seimbang.

Manfaat Buah Nanas untuk Melembapkan Kulit

Manfaat buah nanas untuk kecantikan dapat melembapkan kulit wajah. Kulit yang lembap akan membuat wajah terlihat prima, tidak kering dan segar. Tidak perlu perawatan yang mahal untuk mendapatkan kulit wajah lembap, Anda bisa menggunakan nanas yang kaya akan kandungan vitamin C sebagai solusinya. Seperti yang diketahui, kandungan vitamin C memiliki khasiat yang luar biasa untuk kecantikan kulit.

3 dari 7 halaman

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Nanas untuk Tulang

Buah nanas baik dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis. Kandungan mineral mangan pada buah ini membuat manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah membantu memperkuat tulang. Kandungan mineral mangan tersebut juga sangat dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki jaringan-jaringan tulang.

Secangkir jus nanas akan cukup memberi asupan hampir tiga perempat dari mangan yang kamu butuhkan setiap hari. Tidak hanya bekerja untuk memperkuat tulang, tetapi juga akan memperkuat jaringan ikat (tendon, ligamen, dan lain-lain) di sekitar tulang.

Manfaat Buah Nanas untuk Bintik Hitam

Manfaat buah nanas untuk kecantikan dapat mengatasi masalah bintik hitam. Bintik hitam yang terdapat di wajah, sangat menganggu penampilan. Bintik hitam biasanya disebabkan bekas jerawat atau siklus menstruasi yang tidak lancar karena darah kotor yang tidak dikeluarkan tubuh.

Mengonsumsi nanas ini akan sangat membantu membersihkan bintik-bintik hitam di wajah. Pasalnya, antioksidan yang terkandung di dalam nanas mampu mengeluarkan sisa-sisa racun dalam tubuh dan membuat metabolisme kembali lancar.

Manfaat Buah Nanas untuk Pencernaan

Manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah mampu mengontrol kesehatan pencernaan. Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain. Senyawa tersebut berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein menjadi asam amino dan peptide.

Setelah molekul protein dipecah, mereka lebih mudah diserap di usus kecil. Hal ini dapat sangat membantu bagi orang-orang dengan kekurangan pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup baik.

Sebagai contoh, satu studi manfaat buah nanas untuk kesehatan menunjukkan bahwa peserta dengan kekurangan pankreas memiliki pencernaan yang lebih baik setelah mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain, dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang sama tanpa bromelain.

Manfaat Buah Nanas untuk Peradangan Wajah

Manfaat buah nanas untuk kecantikan dapat mencegah peradangan wajah. Seseorang terkadang kerap mengalami alergi yang akhirnya terjadi peradangan pada kulit. Peradangan kulit umumnya ditandai dengan kulit yang bintik-bintik kemerahan dan terasa panas atau gatal. Mengobati peradangan kulit bisa juga menggunakan parutan nanas atau potongan nanas yang sudah dihaluskan, kemudian diletakkan di sekitar kulit yang mengalami peradangan.

4 dari 7 halaman

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Nanas untuk Asma

Manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah mengatasi asma. Beta-karoten yang ditemukan dalam makanan nabati seperti nanas dapat membantu menurunkan risiko peradangan pernapasan dan asma. Racun, gizi buruk, polusi, penyalahgunaan antibiotik, dan stres memainkan peran besar dalam perkembangan asma. Semua faktor ini menyebabkan peradangan, tetapi untungnya salah satu manfaat nanas adalah dapat membantu mengurangi peradangan melalui kemampuan detoksifikasi

Manfaat Buah Nanas untuk Wajah Awet Muda

Seiring bertambahnya usia, wajah bisa mengalami berbagai tanda penuaan seperti kerutan dan tampak kusam bila tidak rajin dirawat. Nah, manfaat buah nanas untuk kecantikan dapat membantu membuat tampilan wajah lebih glowing dan lebih muda.

Lagi-lagi, vitamin C dan antioksidan dalam nanas yang berperan. Kandungan-kandungan ini memang sangat penting dalam perawatan wajah, sehingga tak heran bila sering ditemukan dalam banyak produk skincare.

Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan proses penuaan pada kulit. Tak heran jika kerap menggunakan nanas atau mengonsumsi nanas, dapat membuat seseorang awet muda.

Manfaat Buah Nanas untuk Mental

Manfaat buah nanas untuk kesehatan baik bagi mental seseorang. Nanas adalah sumber asam amino triptofan yang baik, sebuah penelitian menunjukkan nanas menghasilkan serotonin yang merupakan salah satu hormon bahagia utama kita. Mengonsumsi cukup asam amino ini, selain nutrisi lain seperti vitamin B, penting untuk mendukung sistem neurologis Anda, dan untuk produksi hormon mood yang baik.

5 dari 7 halaman

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Nanas untuk Bibir

Manfaat buah nanas untuk kecantikan adalah bisa menjaga bibir. Bibir yang sehat adalah bibir yang memiliki warna rona kemerahan dan tidak pecah-pecah ataupun kering. Untuk bisa menjaga agar bibir selalu sehat, Anda bisa mengonsumsi nanas secara rutin. Pasalnya, nanas mengandung vitamin C dan air yang tinggi sehingga sangat baik menjaga bibir tetap lembab dan tidak mudah kering atau pecah-pecah.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesuburan

Dilansir dari laman Dr. Axe, menurut Academy of Nutrition and Dietetics, penelitian menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya antioksidan dapat membantu mencegah kemandulan. Radikal bebas dapat merusak sistem reproduksi, makanan dengan aktivitas antioksidan tinggi seperti nanas direkomendasikan untuk orang yang mencoba untuk hamil.

Antioksidan dalam buah ini, seperti vitamin C, beta-karoten dan vitamin dan mineral lain yang ada, termasuk tembaga, mempengaruhi kesuburan pria dan wanita. Dalam hal manfaat buah nanas untuk kesehatan pria, antioksidan telah terbukti membantu meningkatkan aliran darah dan mengembalikan pembentukan jaringan yang tepat di organ genital mereka dan dapat membantu meningkatkan jumlah sperma.

Manfaat Buah Nanas untuk Tumit Kering

Ingin pakai sandal high heels tapi tidak PD karena kulit tumit kering dan terkelupas? Yuk, coba bikin campuran ala spa sendiri di rumah dengan nanas untuk merasakan manfaat buah nanas untuk kecantikan. Buat scrub kaki dengan mencampurkan ½ cup gula merah dengan ¼ cup jus nanas. Basahi tumit dengan campuran tersebut, lalu gunakan scrub-nya untuk menggosok perlahan kulit tumit yang kasar dan kering.

6 dari 7 halaman

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Nanas untuk Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat buah nanas untuk kecantikan dapat membantu mengecilkan pori-piri. Pori-pori besar merupakan masalah kulit yang begitu menyebalkan. Pori-pori atau kulit yang membesar bisa menjadi sarang kotoran dan polusi yang dapat mengakibatkan permasalahan kulit lainnya.

Jika mengalami masalah ini, Anda bisa mengandalkan nanas sebagai obat ampuh untuk mengatasi pori-pori membesar. Caranya, yaitu dengan menempelkan potongan-potongan nanas pada kulit wajah yang bermasalah dengan pori-pori. Jika Anda melakukannya secara teratur, pori-pori besar yang Anda miliki makin mengecil.

Manfaat Buah Nanas untuk Kanker

Manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah mampu melawan kanker. Menurut penelitian terbaru, bromelain memiliki beberapa aktivitas antikanker dan meningkatkan kematian sel apoptosis. Bromelain telah ditemukan memiliki sitotoksisitas selektif dan dapat membantu membunuh sel kanker dalam proses pembongkaran diri yang disebut apoptosis, sembari membiarkan sel-sel yang sehat tidak terluka.

Manfaat Buah Nanas untuk Kutil

Salah satu cara terbaik untuk menangkal kutil, tahi lalat, dan noda di wajah adalah dengan menerapkan nanas langsung ke kulit kamu. Cara mengambil manfaat buah nanas untuk kecantikan adalah diamkan selama 10 menit dan lihat hasilnya. Hebatnya, kandungan vitamin C pada nanas aman terhadap kulit sensitif.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Mata

Manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah baik untuk mata. Seiring bertambahnya usia, sel-sel pada mata cenderung rusak. Ini disebut degenerasi makula. Salah satu cara terbaik untuk mencegah degenerasi ini adalah dengan meningkatkan asupan Vitamin A. Jus nanas mengandung beta karoten, nutrisi yang berubah menjadi Vitamin A. Jadi, manfaat buah nanas adalah membantu meningkatkan kesehatan mata.

7 dari 7 halaman

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Nanas untuk Gigi dan Gusi

manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah mampu mencegah plak pada gigi. Selain itu, nanas madu dapat membantu menguatkan gusi Anda. 

Sama halnya seperti tulang, gigi juga membutuhkan mineral untuk mempertahankan kesehatannya. Kandungan mineral dalam nanas madu bermanfaat untuk mencegah tanggalnya gigi.

Namun, perlu diingat bahwa nanas madu memiliki kandungan gula yang cukup banyak. Gula dapat menyebabkan gigi berlubang. Jadi, selain membatasi jumlah konsumsi, usahakan selalu minum air putih dan rajin menggosok gigi setelah mengonsumsi nanas madu.

Manfaat Buah Nanas untuk Rambut

Kalau khawatir rambut rontok, mungkin ada baiknya mulai mengonsumsi nanas secara rutin. Buah ini mengandung antioksidan yang dapat membuat rambut Anda kuat. Selain itu, kandungan magnesium, zat besi, dan vitaminnya dapat menambah elastisitas dan ketebalan rambut Anda. Manfaat buah nanas untuk kecantikan rambut ini sangat baik diandalkan.

Manfaat Buah Nanas untuk Nyeri Haid

Manfaat buah nanas untuk kesehatan bisa dirasakan oleh wanita ketika sedang datang bulan. Saat haid, beberapa wanita cenderung mengalami kram yang sangat mengganggu. Tidak jarang rasa nyeri ini mengganggu aktivitas.

Salah satu cara alami untuk meredakan nyeri haid adalah konsumsi nanas madu. Efeknya dalam mengurangi haid didapatkan dari antioksidan dan bromelain yang terkandung di dalamnya.

Antioksidan dapat mengurangi peradangan yang menjadi penyebab kram perut saat haid. Sementara, bromelain membantu merelaksasi otot-otot sekitar perut. Kombinasi antioksidan dan bromelain ini dapat meminimalkan rasa nyeri saat haid.

Manfaat Buah Nanas untuk Mencerahkan Wajah

Bukan hanya enak dan segar dijadikan buah pelengkap rujak dan juga jus, nyatanya manfaat buah nanas untuk kecantikan dapat membuat kulit wajah nampak bersinar.

Nanas berkhasiat juga untuk membuat kulit tampak jauh lebih cerah. Vitamin C yang tinggi di dalam nanas yaitu sebesar 47,8 mg dari setiap 100 gram nanas atau sekitar 80% menjadi alasan kenapa nanas sangat baik untuk kecantikan kulit.