Sukses

Selain Beri Rasa Damai, 6 Tempat Spiritual di Dunia Ini Punya Pemandangan Indah

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata untuk melepas penat tak hanya seputar pantai ataupun gunung. Tempat bersejarah pun bisa dijadikan pilihan untuk habiskan waktu dan tenangkan pikiran karena hiruk pikuk kota metropolitan. Bahkan sesekali berkunjung ke luar negeri menarik untuk dicoba agar mendapatkan ketenangan.

Selain fisik yang diistirahatkan, mental juga penting untuk diistirahatkan agar kembali baik dan semangat untuk jalani aktivitas. Oleh sebab itu penting untuk melakukan wisata spiritual yang bisa memberikan ketenangan batin.

Keindahan sederet tempat spiritual di berbagai belahan dunia ini juga bisa menyejukkan mata. Setiap negara di dunia memang mempunyai keindahan dan keunikannya masing-masing sehingga menarik untuk dikunjungi.

Sederet tempat spiritual di beberapa negara di dunia ini bisa ditemui mulai dari Asia sampai Eropa. Menjelajahi budaya negara lain memang sangat menarik dan tentunya menambah pengetahun.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brain Berries tentang tempat spiritual di dunia yang menyimpan ragam keindahan, Kamis (6/5/2021).

2 dari 7 halaman

1. Varanasi, India

Tempat spiritual pertama yang bisa dikunjungi dan terletak di Asia adalah Varanasi di India. Terdapat sekitar 2.000 kuil, besar dan kecil yang tersebar di seluruh jalan sempit seperti usus di Benares kuno, yang juga dikenal sebagai Kashi.

Pengunjung bisa menyaksikan siklus hidup dan mati tepat di depan mata sendiri. Hal tersebut bukanlah untuk orang yang lemah, tetapi itu adalah pemandangan yang akan menangkap pikiran, tubuh, dan jiwa seseorang.

Jika ingin melihat dan mengamati tentang pembakaran tubuh, seseorang bisa kunjungi Manikarnika Ghat yang di mana pembakaran tubuh disana hampir terjadi setiap hari. Selain itu terdapat juga Upacara Ganga yang berlangsung setiap hari di tepi Gangga setelah matahari terbenam adalah salah satu pemandangan paling menguntungkan dan tak terlupakan, di mana pacara tersebut didedikasikan untuk Dewa Siwa.

3 dari 7 halaman

2. Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat terletak di dekat kota Siem Reap di Kamboja, kompleks kuil spektakuler ini membentang seluas ratusan hektar. Salah satu tempat spiritual ini menawarkan arsitektur Khmer yang sangat indah dan lebih dari 3.000 ukiran bidadari surgawi di dindingnya.

Sejarawan percaya bahwa candi utama kompleks Angkor Wat dibangun untuk mewakili empat Yuga (usia dalam Hinduisme). Saat seseorang melakukan perjalanan dari lapisan luar ke bagian paling tengah candi di mana patung Wisnu berdiri tegak dan tinggi, seseorang diajak bepergian dari zaman modern hingga zaman penciptaan dunia.

4 dari 7 halaman

3. Makhtesh Ramon, Israel

Makhtesh Ramon, Israel juga dikenal sebagai Kawah Ramon. Makhtesh Ramon adalah salah satu keajaiban alam paling spektakuler dan kurang dikenal di dunia. Meski disebut kawah, Makhtesh Ramon sebenarnya tercipta dari erosi, bukan dampak meteorit yang menghantam tanah.

Makhtesh Ramon dikelilingi oleh pemandangan berpasir gurun Negev, Makhtesh membentang sekitar 40 kilometer, hingga sedalam 400 meter.

5 dari 7 halaman

4. Altai, Rusia

Tempat spiritual selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Altai, Rusia. Altai adalah tanah kuno para dukun dan alam Siberia yang spektakuler. Tak hanya itu, Altai adalah permata nyata bagi para pelancong, pejalan kaki, dan orang-orang yang mencari pengalaman yang mengubah hidup.

Salah satu tujuan paling menakjubkan di Altai adalah Gunung Belukha atau dikenal sebagai Uch-Sumer. Gunung ini sering dibandingkan dengan Gunung Meru legendaris yang menghubungkan agama Buddha, Hindu, dan Jainisme, dan dianggap sebagai pusat dari semua alam semesta spiritual, fisik, dan metafisik.

6 dari 7 halaman

5. Bagan, Myanmar

Tempat spiritual selanjutnya yang terletak di Asia adalah Began, Myanmar. Pada masa kejayaannya yang tertinggi dari abad kesembilan hingga ke-13, Bagan adalah rumah bagi lebih dari 10.000 biara, pagoda, dan kuil Buddha. Bahkan seseorang bisa menyaksikan keindahan purbakala dengan sekitar 2.000 candi yang tersebar di tempat yang dulunya merupakan ibu kota Kerajaan Pagan

Bagan atau sebelumnya bernama Pagan adalah kota kuno di Divisi Mandalay. Kota ini merupakan ibu kota Kerajaan Pagan di Burma, kerajaan pertama yang menyatukan wilayah-wilayah yang membuat konstitusi modern Myanmar. Daerah Arkeologi Bagan merupakan tujuan utama wisatawan dan sebagai pariwisata utama di Myanmar.

Tak hanya sebagai tempat spiritual bahkan Bagan menyimpan keindahan alam yang menyejukkan mata. Tak heran jika Bagan menjadi tujuan wisata ketika wisatawan berkunjung ke Myanmar.

7 dari 7 halaman

6. Gunung Kailash, Tibet

Gunung Kailash yang terletak di Tibet adalah tempat spiritual selanjutnya yang bisa dikunjungi. Tibet adalah satu satu provinsi di China. Banyak orang menyebut perjalanan ke Gunung Kailash sebagai ziarah seumur hidup.

Banyak alasan yang mendasari mengapa banyak orang yang menyebut perjalanan Gunung Kailash sebagai ziarah seumur hidup. Seseorang tidak akan kembali setelah melakukan parikrama di sekitar Gunung Kailash karena itu adalah tempat dimana Dewa Siwa tinggal bersama istrinya Parvati, representasi dari Dewa Feminin.

Perjalanan ke Gunung Kailash ini akan membawa seseorang ke tempat yang tinggi serta menguji kekuatan, daya tahan, dan ketekunan seseorang.