Sukses

Rutin Bersedekah Subuh, Ini Keutamaan dan Cara Mengamalkannya

Liputan6.com, Jakarta Sedekah merupakan salah satu amalan yang dapat mengantarkan umat Islam menuju surga Allah. Selain untuk mendekatkan diri kepada Allah, secara sosial sedekah juga bermanfaat untuk mengurangi ketimpangan dengan cara membantu kaum yang lemah secara ekonomi.

Sebenarnya sedekah dapat dilakukan kapan saja. Namun banyak ulama berpendapat bahwa waktu terbaik untuk mengeluarkan harta di jalan Allah adalah saat subuh atau sebelum matahari terbit.

Waktu yang tepat untuk melakukan sedekah Subuh adalah setelah salat Subuh dengan memasukkan sedekah ke kotak amal, untuk melakukan sedekah Subuh tidak perlu mencari anak yatim atau orang miskin saat Subuh namun cukup membuat kotak amal dari kaleng atau botol.

Sedekah Subuh ini memiliki keutamaan yang dahsyat bagi umat muslim, salah satunya yaitu dapat mengabulkan hajat kita dan masih banyak yang lainnya. Berikut ini penjelasan mengenai keutamaan dari sedekah subuh serta cara mengamalkannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (6/5/2021).

2 dari 4 halaman

Keutamaan Sedekah Subuh

Dalam waktu sehari, Subuh meruapakan waktu yang paling utama untuk bersedekah. Berikut beberapa keutamaan sedekah Subuh, diantaranya :

1. Dua Malaikat datang Mendoakan

Bersedekah di waktu Subuh memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah pada waktu ini akan ada dua malaikat yang mendoakan amalan kita. Rasulullah bersabda:

"Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, 'Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah'. Malaikat yang satu berkata, 'Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil." (HR. Bukhari dan Muslin, dari Abu Hurairah).

Dari hadist tersebut, barangsiapa yang memutuskan untuk memberikan hartanya, maka akan didoakan oleh malaikat agar rezekinya semakin lancar dan berkah. Sedangkan mereka yang enggan, maka akan didoakan agar ditahan pula rezekinya.

2. Dikabulkan Permintaannya

Selain itu, salah satu keutamaan sedekah subuh adalah dikabulkannya permintaan kita. Bersedekah Subuh yang diiringi doa dapat membantu terkabulnya permintaan, memperlancar rezeki, mengangkat penyakit, hingga memudahkan segala urusan.

3. Menghapus Dosa

Manfaat melakukan sedekah di waktu Subuh juga bisa menghapuskan dosa dan membawa ketenangan hati bagi yang melakukannya. Hal ini pun disebutkan dalam hadis sebagai berikut :

“Sedekah dapat menghapus disa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Trimidzi)

4. Harta Menjadi Berkah

Janganlah takut harta kita berkurang karena bersedekah. Pasalnya, memberikan sedekah di waktu Subuh kepada yang membutuhkan, malah membuat harta kita semakin berkah. Artinya, harta tersebut akan diganti berlipat-lipat oleh Allah SWT.

Meski begitu, saat bersedekah umat muslim juga perlu melakukannya secara ikhlas dan tulus agar amalannya diterima dengan baik. Jadi, bukan semata-mata bersedekah hanya karena ingin mendapatkan imbalan berlipat dari Nya.

5. Didekatkan pada Pintu Surga dan Dijauhkan dari Api Neraka

Keutamaan sedekah Subuh yang selanjutnya adalah didekatkan pada pintu surga dan dijauhkan dari api neraka bagi yang mengamalkannya. Hal ini pun disebutkan dalam hadis berikut ini :

“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR Bukhari dan Muslim).

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah.” (HR Bukhari dan Muslim)

3 dari 4 halaman

Cara Melakukan Sedekah Subuh

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan jika Anda ingin bersedekah saat subuh, berikut diantaranya :

1.  Mengisi kotak amal di masjid usai mengerjakan sholat Subuh berjemaah. Kaum pria bisa langsung memasukkannya sendiri ke kotak amal, sedangkan kaum wanita dapat menitipkannya ke suami atau anak yang pergi ke masjid.

2.  Mentrasfer uang melalui rekening persis setelah subuh kepada orangtua, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, dan lain sebagainya.

3.  Memberi makanan dengan cara diantar ke rumah tetangga, ke pondok pesantren, ke panti asuhan, dan lain-lain. Ini dilakukan setelah subuh sebelum matahari tampak.

4.  Mengantarkan sumbangan atau bantuan kepada yang membutuhkan, persis usai subuh.

4 dari 4 halaman

Alasan Utama harus Perbanyak Sedekah Subuh

Sedekah subuh memiliki keutamaan dibandingkan sedekah pada waktu lainnya. Saat sebagian orang masih terlelap, Anda sudah sibuk meraih ridha Allah SWT dengan bersedekah. Tak selalu berupa uang, sedekah subuh juga bisa dilakukan dengan berzikir, membagi makanan, mengajar ngaji, atau melakukan kebajikan lain yang bersifat sosial. Sedekah subuh dimulai sejak azan subuh sampai terbit fajar. Lakukan sedikit demi sedikit sampai Anda bisa konsisten setiap hari. Dengan begini, maka Anda akan mendapatkan keutamaan dari sedekah Subuh yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.