Sukses

Anti Malas, Ini 10 Cara Mudah Bangun untuk Salat Tahajud

Ada beberapa cara agar mudah bangun tidur untuk salat tahajud, supaya lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Salat sunnah di sepertiga malam ini sangat dianjurkan untuk dilakukan. Salat tahajud merupakan salat yang dilakukan setelah tidur, tepatnya di sepertiga malam terakhir. Tahajud berasal dari kata “Tahajjada” yang berarti bangun dari tidur. Ibadah salat tahajud juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kehidupan kita.

Bagi sebagian orang salat tahajud ini mungkin terasa berat, karena harus bisa menahan rasa kantuk dan melewatkan waktu tidur malam, tetapi keutamaannya sangat dahsyat. Salah satunya adalah sebagai penghapus dosa, meraih keridhaan Allah SWT, kecintaan para Malaikat, sunnah para Nabi, menenangkan jiwa, keberkahan bagi rezeki, hingga untuk memohon doa agar terkabul dengan mudah.

Untuk itu, melakukan salat tahajud membutuhkan pengorbanan besar, maka tak heran jika pahalanya pun berlipatganda bagi yang melaksanakannya. Namun buat Anda yang ingin melakukan salat sunnah ini semata-mata karena Allah SWT.

Berikut ini ada beberapa tips bangun salat tahajud yang bisa dilakukan agar salat tahajud bisa dilakukan dengan baik dan diwaktu yang tepat dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumbder, Kamis (6/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mudah Bangun untuk Salat Tahajud

1. Niat

Cara mudah bangun untuk salat tahajud yang paling utama adalah niat. Niatkan di dalam hati akan melaksanakan salat tahajud karena Allah SWT. Niat yang kuat bisa menumbuhkan rasa lebih bersemangat.

2. Tidur Lebih Awal

Cara mudah bangun untuk salat tahajud yang berikutnya adalah tidur lebih awal.  Sama seperti apa yang dianjurkan oleh Rasulullah, tidur lebih awal setelah melaksanakan salat Isya juga bisa membantu agar terbangun di sepertiga malam. Usahakan untuk tidur tidak lebih dari jam 10 malam.

3. Pasang Alarm

Cara mudah bangun salat tahajud salah satunya bisa memanfaatkan alarm. Para ulama menyarankan untuk melakukan salat tahajud di sepertiga malam yaitu jam 3 dini hari. Pasang alarm sesuai dengan jam yang diinginkan.

4. Bersuci Sebelum Tidur

Cara mudah bangun salat tahajud yang berikutnya adalah bersuci sebelum tidur. Biasanya untuk bersuci atau berwudhu sebelum tidur. Ini juga bisa menjadi salah satu cara agar istiqomah salat tahajud. Dengan berwudhu, memungkinkan untuk tidak digoda oleh setan yang membuat malas bangun untuk mendirikan salat tahajud.

5. Tidur dengan Posisi Miring Kanan

Cara mudah bangun salat tahajud berikutnya adalah tidur dengan posisi miring ke kanan. Sunah Rasulullah adalah tidur dengan posisi miring ke kanan. Hal ini dikatakan bisa mempermudah untuk bangun di sepertiga malam. Posisi ini dapat membuat tubuh terjaga dengan baik sehingga kualitas tidur lebih optimal.

3 dari 3 halaman

Cara Mudah Bangun untuk Salat Tahajud

6. Minum Segelas Air Putih Sebelum dan Setelah Bangun Tidur

Cara mudah bangun salat tahajud berikutnya adalah minum segelas air mineral sebelum dan sesudah bangun tidur. Dehidrasi akan membuat tubuh lemas dan malas untuk bangun. Agar tubuh kita tetap bersemangat, pastikan sebelum tidur cukup cairan. Supaya asupan oksigen dalam air akan membantu otak Anda untuk rileks dan aktif. Minum segelas air putih sebelum tidur dan ditambah segelas lagi ketika bangun.

7. Jangan Makan Berlebihan

Cara mudah bangun salat tahajud berikutnya adalah jagan makan berlebih sebelum tidur. Mengontrol makan supaya tak berlebihan bisa jadi tips agar terbiasa salat tahajud. Kalau makan secara berlebihan sebelum tidur, tubuh akan lebih lama mencerna makanan. Ketika tubuh sedang mencerna, tentu akan berada dalam keadaan rileks sehingga malas untuk bergerak. Rasa malas ini yang nantinya bisa menghambat untuk bangun ketika hendak melaksanakan salat tahajud.

8. Membuka Ventilasi yang Cukup di Kamar Menjelang Tidur

Cara mudah bangun salat tahajud berikutnya adalah membuka ventilasi yang cukup di kamar Anda menjelang tidur. Sirkulasi udara yang bagus adalah kunci tidur nyenyak. Ketika kamar menjadi sejuk karena perputaran udara, kita bisa tidur lebih cepat. Sementara itu, kalau sirkulasi udara buruk, kamar menjadi pengap dan kita susah tidur. Maka salah satu kunci tidur nyenyak adalah ventilasi yang cukup.

9. Bisa Dibantu dengan Tidur Siang

Cara mudah bangun salat tahajud berikutnya adalah bisa dibantu dengan tidur siang terlebih dahulu. Aktivitas harian yang terlalu berat akan menuntut jam istirahan yang lebih banyak. Supaya bisa bangun malam, kamu bisa mengganti beberapa jam tidur malammu dengan boci alias bobok ciang.

10. Menyiapkan Sapu Tangan dan Mangkok Air

Cara mudah bangun salat tahajud berikutnya adalah menyiapkan sapu yangan dan mangkok air di meja dekat tempat tidur Anda. Fungsinya sederhana yaitu untuk membasuh wajah dan mengusap mata ketika sulit dibuka, sekaligus menyegarkan diri ketika bangun.

Itulah beberapa cara mudah untuk bangun salat tahajud yang bisa Anda lakukan. Bila sudah melakukan segalanya dan masih sulit untuk bangun, jangan menyerah. Terus berniat dan berdoa agar dimudahkan dalam menjalankan shalat tahajud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini