Sukses

7 Penyebab Leher Hitam dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta Salah satu masalah kulit yang kerap dialami oleh banyak orang adalah bagian leher yang menghitam. Masalah tersebut bisa saja terjadi karena berbagai hal atau justru menjadi tanda dari suatu kondisi medis tertentu.

Leher hitam adalah salah satu masalah kulit yang cukup mencolok dan mudah disadari oleh orang banyak. Pasalnya leher terletak di bawah kepala, membuatnya cukup terlihat dengan jelas.

Pada dasarnya, leher merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dibersihkan secara menyeluruh. Jika leher tampak kotor bahkan menghitam, orang lain pun bisa dengan mudah menyadarinya. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kebersihan diri yang tak terjaga hingga kondisi medis tertentu. Hal ini harus segera diatasi, jika tidak akan sangat mengganggu penampilan.

Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab kulit leher menghitam dan cara mengatasinya, berikut ini penjelasan yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (7/5/2021)

2 dari 3 halaman

Penyebab Kulit Leher Menghitam

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit leher dapat menhitam, berikut penjelasan lengkapnya :

1. Sinar Matahari

Mungkin ini menjadi penyebab umum mengapa kulit di bagian leher menjadi hitam. Bagian leher yang tidak tertutupi saat beraktivitas di bawah sinar matahari dapat membakar kulit dan membuatnya menjadi lebih hitam.

2. Diabetes

Kulit leher yang hitam bisa saja diakibatkan oleh adanya penyakit diabetes yang kamu alami. Sebab, kadar gula yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan kulit mengalami resistensi terhadap insulin. Sehingga mengakibatkan poliferasi serta perubahan warna kulit yang menjadi lebih hitam.

3. Penyakit Addison

Salah satu gejala munculnya penyakit addison adalah perubahan warna kulit yang menjadi lebih gelap, termasuk di bagian leher. Penyakit addison sendiri merupakan gangguan yang menyerang kelenjar adrenal yang tidak bisa menghasilkan hormon dalam jumlah yang dibutuhkan. Tidak hanya perubahan kulit saja, penyakit ini juga ditandai dengan gejala lain seperti mudah lelah dan menurunnya nafsu makan.

4. Penyakit Hypothyroidism

Hypothyroidism merupakan jenis penyakit yang menyerang kelenjar tiroid. Salah satu gejala yang ditunjukkan akibat penyakit ini adalah menghitamnya bagian kulit di seluruh tubuh termasuk di bagian leher bahkan membuatnya menjadi kering. 

5. Gaya Hidup yang Jorok

Salah satu penyebab umum kulit leher menghitam lainnya adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti malas mandi. Ketika kamu malas membersihkan diri, hal tersebut juga akan memengaruhi kesehatan kulit. Di mana kotoran yang menempel akan mengendap pada kulit dan mengubah warna asli kulit menjadi kehitaman.

6. Kegemukan

Penyebab lain yang membuah kulit leher menjadi hitam adalah kegemukan. Hal ini tandanya Anda terlalu banyak lemak tubuh dan sebaiknya mulai mengurangi berat badan. Obesitas juga meningkatkan risiko diabetes. Untuk itu jadi kulit bagian belakang leher yang menghitam bukan karena jarang mandi, tetapi kerutan yang biasanya muncul ketika orang terlalu gemuk.

7. Iritasi Akibat Gesekan

Dalam kasus ini biasanya terjadi pada wanita, seringnya menggunakan perhiasan seperti kalung yang berbahan tidak nyaman dan tidak aman bagi kulit, membuat kulit disekitar leher menjadi menghitam.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Kulit Leher Menghitam dengan Bahan Alami

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda juga perlu tahu bagaimana cara mengatasi kulit leher hitam yang benar. Berikut caranya :

1. Jaga Kebersihan

Saat mandi, jangan sembarangan saat mengusapkan sabun di bagian leher. Pastikan semua debu dan kotoran yang menempel sudah terkena sabun dan terusap agar semua terangkat. Lalu bilas hingga benar-benar bersih. Sisa sabun yang tidak terbilas malah bisa menjadi kerak dan membuat leher hitam. Jadi usahakan semua sabun sudah dibilas dengan bersih.

2. Cegah Kelebihan Berat Badan

Anda harus mengontrol berat badan. Jika saat ini Anda memiliki kecenderungan obesitas, maka Anda harus mengurangi porsi makan dan melakukan diet sehat. Ini strategi untuk menjaga kondisi insulin Anda dan mencegah adanya lipatan kulit yang menyebabkan warnanya jadi mudah hitam.

3. Banyak Minum Air Mineral

Air putih atau air mineral diyakini bisa menutrisi kulit, menjaga kelembapan dan menghidrasi dengan dengan baik. Dalam satu hari, jangan sampai minum air putih kurang dari 8 gelas. Usahakan untuk minum lebih dari itu. Makan sayur yang berkuah juga boleh, itu juga menambah asupan cairan untuk tubuh. Jika kadar air dalam tubuh tercukupi maka kulit bisa lebih cerah alami.

4. Melakukan Eskfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati juga bisa menjadi cara menghilangkan hitam di leher dengan mengangkat sel-sel kulit mati.Ini karena salah satu masalah leher hitam bisa disebabkan oleh kotoran atau daki serta sel kulit mati yang menumpuk.Anda bisa menggosokkan permukaan kulit leher dengan scrub alami dari bubuk kopi yang dicampurkan dengan air hangat dan minyak kelapa. Lalu, gosokkan pada area leher yang menghitam sampai bersih. Ingat, jangan terlalu keras saat menggosokkan permukaan kulit karena bisa menyebabkan kulit iritasi.

5. Gel Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit ternyata bisa digunakan sebagai cara menghilangkan leher hitam dari bahan alami.Kandungan flavonoid yang ditemukan pada lidah buaya diyakini bisa digunakan untuk mencerahkan kulit dengan  menghambat aktivitas enzim yang menyebabkan pigmentasi kulit. Selain itu, cara untuk memutihkan leher hitam dengan lidah buaya juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area leher yang menghitam, kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas area kulit leher dengan air dan ulangi setiap hari untuk mendapat hasil yang cepat dari cara menghilangkan leher hitam ini.