Sukses

26 Macam-Macam Motif Batik dan Maknanya, Dilengkapi Penjelasan Daerah Asal

Macam-macam motif batik Indonesia dipengaruhi oleh letak geografis daerah asalnya.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam motif batik khas Indonesia sangat kaya dan memiliki makna mendalam yang berbeda-beda. Indonesia merupakan negara yang kaya warisan budaya, salah satunya batik. UNESCO telah mengukuhkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada tanggal 2 Oktober 2009.

Dari makna dan sejarah dibuatnya, macam-macam motif batik khas Indonesia akan membuat siapa saja takjub. Macam-macam motif batik ada yang terinspirasi dari hewan, tumbuhan, hal-hal mistis, pola-pola, sampai warna mencolok nan indah dari negara-negara tertentu.

Macam-macam motif batik khas Indonesia pun dipengaruhi oleh letak geografis daerah asalnya. Ini yang memperkuat bahwa macam-macam motif batik tak pernah dibuat begitu saja, ada filosofinya. Berikut Liputan6.com ulas macam-macam motif batik dan maknanya dari berbagai sumber, Jumat (7/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Macam-Macam Motif Batik dan Maknanya

Batik Sidomukti

Batik Sidomukti adalah salah satu macam-macam motif batik. Jenis batik ini merupakan ciri khas dari batik Keraton Solo, Jawa Tengah. Batik jenis ini biasanya dilukis menggunakan zat pewarna soga alam yang berwarna cokelat. Penggunaan warna dari macam-macam motif batik ini menunjukkan bahwa batik Sidomukti termasuk jenis batik klasik atau kuno.

Selain itu, dilihat dari namanya, Sido yang berarti jadi atau terus menerus, dan Mukti berarti mulia atau sejahtera. Filosofi ini menggambarkan kehidupan yang terus menerus diliputi kemuliaan dan kesejahteraan. Batik Sidomukti ini dapat bergambar kupu-kupu, gunung, bangunan, atau juga motif bunga.

Batik Tujuh Rupa

Batik tujuh rupa termasuk salah satu dari macam-macam motif batik yang populer. Batik ini merupakan batik khas kebanggaan masyarakat Pekalongan. Ciri khas batik ini didominasi dengan corak tumbuhan dan hewan.

Disebut juga sebagai batik pesisir, tidak heran jika motif khas batik Pekalongan menggambarkan kehidupan masyarakat pesisir yang mudah beradaptasi dengan budaya luar. Dalam hal ini, pengrajin batin memasukkan hiasan keramik Tiongkok sebagai simbol akulturasi budaya luhur yang lembut.

Batik Singa Barong

Macam-macam motif batik selanjutnya berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Batik ini bernama Singa Barong. Di sini, Singa Barong merupakan binatang mitologis yang memiliki kekuatan ajaib.

Berdasarkan bahasa Jawa dan Bali, macam-macam motif batik dan maknanya “Baring” erat kaitannya dengan sifat-sifat ajaib. Batik Singa Barong ini dibuat sebagai bentuk atau simbol spiritual. Selain itu, simbol singa yang diangkat dikatakan sebagai lambang agama Protestan atau budaya Eropa Barat.

Batik Sogan

Batik Sogan adalah macam-macam motif batik Solo yang telah ada sejak zaman dulu. Orang Jawa sangat familiar dengan motif batik satu ini. Dahulunya macam-macam motif batik ini digunakan oleh raja-raja Jawa khususnya Keraton Kesultanan Solo.

Batik Sogan umumnya didominasi warna cokelat. Aksen yang dipakai dalam macam-macam motif batik ini banyak terdiri dari garis lengkung, titik, dan bunga-bunga. Meskipun dulunya batik ini banyak dipakai oleh raja-raja di solo, kini batik ini sudah dipakai oleh berbagai kalangan.

3 dari 7 halaman

Macam-Macam Motif Batik dan Maknanya

Batik Lasem

Batik Lasem berasal dari Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Macam-macam motif Lasem merupakan salah satu macam-macam batik pesisir dengan warna yang mencolok. Batik ini memiliki perpaduan motif gaya China dengan Jawa. Batik Lasem cenderung didominasi dengan warna merah yang kental dengan nuansa China.

Batik Sentani

Motif batik Papua kerap dibuat asimetris dengan tambahan kombinasi warna cerah. Hal ini yang membuat macam-macam motif batik Papua terlihat lebih eksotis. Motif batik Sentani memiliki simbol gambar alur melingkar. Macam-macam motif batik Sentani dengan ciri gambar alur batang kayu yang melingkar-lingkar dengan jenis warna hanya satu atau dua warna.

Batik Ulamsari

Batik Ulamsari Mas menunjukkan macam-macam motif batik ini dengan gambar ikan dan udang yang mewakili mata pencaharian masyarakat Bali, yaitu nelayan. Motif batik Bali Ulamsari Mas bermakna kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat yang hidup di daerah pesisir pantai.

Batik Keraton

Macam-macam motif batik satu ini berasal dari daerah Yogyakarta. Seperti halnya batik Solo, macam-macam motif batik Keraton kental akan budaya Jawa dengan sistem kesultanan dan keraton. Pada zaman dulu, batik ini hanya boleh dipakai oleh warga keraton saja.

Namun kini, macam-macam motif batik Keraton dapat dipakai oleh siapa saja. Motif dari batik ini kental dengan nuansa bunga dan burung atau disebut juga satwa lar. Batik Keraton melambangkan kebijaksanaan, kharisma, dan kearifan raja-raja Jawa.

Batik Jagatan Pisang

Jagatan Pisang atau Batik Pisan merupakan macam-macam motif batik berupa pisang Bali. Batik ini biasa diberikan seorang kekasih pada kekasihnya yang akan berpergian jauh dengan maksud agar sang kekasih kembali lagi. Batik pisan melambangkan harapan, doa, dan keselamatan.

4 dari 7 halaman

Macam-Macam Motif Batik dan Maknanya

Batik Parang Kusumo

Batik asal Kota Solo ini merupakan macam-macam motif batik yang klasik, yaitu menyerupai ombak lautan. Di sini, ombak mempunyai sifat kuat yang selalu menghantam tebing dan karang di lautan.

Macam-macam motif batik ini dapat menggambarkan analogi sebuah kehidupan yang harus dijalani dengan penuh udaha dan perjuangan. Perjuangan yang dilakukan untuk mencapai keharuman lahir dan batin. Keharman yang dimaksud adalah keharuman pribadi tanpa meninggalkan norma dan etika.

Batik Mega Mendung

Macam-macam motif batik mega mendung berasal dari Kota Cirebon, Jawa Barat. Berbeda dengan batik Parang Kusumo, batik Mega Mendung mengangkat corak awan mendung yang menyimpan makna mendalam.  Macam-macam motif batik Mega Mendung ini ditampilkan dengan tujuh gradasi warna yang berlapis.

Tujuh warna macam-macam motif batik ini melambangkan tujuan lapisan langit yang ada di alam semesta. Sedangkan Mega Mendung yang berarti awan mendung menggambarkan kehidupan manusia yang harus dilalui dengan sikap sabar, teduh, dan tidak mudah marah.

Batik Sekar Jagad

Macam-macam motif batik selanjutnya batik Sekar Jagad. Jenis batik ini banyak diproduksi di kota Solo maupun Yogyakarta. Dilihat dari namanya, macam-macam motif batik ini mempunyai arti sebagai keindahan yang mampu membuat setiap orang terpesona melihatnya.

Selain itu, dalam Bahasa Belanda Kar berarti peta, dan Jagad dalam Bahasa Jawa berarti dunia. Dengan begitu, Sekar Jagad ini dibuat sebagai lambang keberagaman, baik di Indonesia maupun di dunia. Hal ini dapat terlihat dari motif pulau-pulau yang terdapat di dalamnya.

Batik Gentongan

Batik Madura ini cukup berbeda dengan macam-macam motif batik lainnya. Motif abstrak sederhana yang digunakan pada batik inilah yang membuatnya berbeda. Warna dari salah satu macam-macam batik Indonesia ini cukup mencolok.

Warna-warna dari macam-macam motif batik seperti kuning, merah, ungu, dan hijau sangat mudah ditemui pada batik ini. Batik Gentongan pada mulanya diambil dari kata gentong yang berarti wadah dimana kain batik dicelupkan ke dalam warna.

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Motif Batik dan Maknanya

Batik Garutan

Ciri khas macam-macam motif batik garutan adalah bentuk geometris dan flora fauna. Bentuk geometris umumnya mengarah ke garis diagonal dan bentuk kawung atau belah ketupat. Warnanya didominasi oleh warna krem dipadukan dengan warna-warna cerah.

Batik Tubo

Ciri khas dari macam-macam motif batik Tubo, Ternate ini adalah adanya cengkeh, pala, peta Maluku Utara, kelapa, ikan dan karang serta kehidupan yang ada di Indonesia bagian Timur. Tubo Ternate juga punya warna cerah seperti hijau, merah, orange, kuning dan sebagainya.

Batik Priyangan

Batik Priyangan asal Tasikmalaya dikenal dengan warnanya yang cerah. Macam-macam motif batik ini punya corak yang rapat, rapi, dan berkelas. Motif batik priyangan biasanya terinspirasi dari tumbuhan.

Warna cerah macam-macam motif batik yang kalem memberi kesan kesederhanaan, terbuka, dan pluralis. Susunan yang rapi dan simetris ini yang membuat tampilan dari batik Priyangan begitu rapi. Warna-warna yang digunakan pada batik ini juga sangat halus dan tidak mencolok.

Batik Simbut

Batik Simbut berasal dari daerah Banten. Macam-macam motif batik daun mirip daun talas ini unik sekali. Motif ini berasal dari Suku Badui yang berada di Sunda. Seiring berjalannya waktu, motif ini kemudian dikembangkan di daerah pesisir Banten. Hingga akhirnya, batik ini dapat digunakan oleh siapa saja.

Batik Tambal

Motif Batik tambal, sesuai dengan namanya. Macam-macam motif batik ini mempunyai arti menambal sesuatu atau memperbaiki sesuatu yang telah rusak.

Pada zaman dahulu, orang-orang percaya bahwa kain ini bisa membantu menyembuhkan orang yang sakit. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan menyelimuti orang sakit tersebut dengan menggunakan kain motif tambal ini.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Motif Batik dan Maknanya

Batik Pring Sedapur

Batik Pring Sedapur menjadi salah satu yang menambah daftar panjang macam-macam motif batik di Indonesia. Batik ini berasal dari daerah Magetan. Macam-macam motif batik ini mengangkat tanaman pring atau bambu sebagai ciri khas motifnya.

Selain itu, macam-macam motif batik ini juga dipadukan dengan hiasan urung yang menawan. Perpaduan motif bambu dan burung tersebut menggambarkan kehidupan yang rukun dan tentram.

Batik Sidoluhur

Batik Sidoluhur termasuk macam-macam motif batik di Indonesia yang populer. Berasal dari Kota Solo, batik ini biasanya dipakai dalam upacara perkawinan. Tepatnya dikenakan oleh pengantin wanita pada saat malam pengantin.

Macam-macam motif batik ini dibuat sebagai lambang doa dari si pemakai batik supaya mendapatkan hidup yang sehat jasmani dan rohani, serta menjadi orang yang terhormat dan bermartabat.

Batik Turbo

Macam-macam motif batik turbo ini merupakan hasil batik khas masyarakat Ternate, Maluku Utara. Batik ini biasanya digambarkan dengan motif cengkeh, pala, peta Maluku Utara, buah kelapa, serta ikan dan karang.

Beberapa macam-macam motif batik ini memang menggambarkan kehidupan masyarakat Indonesia bagian timur yang dekat dengan hal-hal tersebut. Selain coraknya yang beragam, batik turbo ini juga mempunyai banyak variasi warna cerah. Mulai dari hijau, merah, kuning, hingga orange.

Batik Kawung

Batik kawung merupakan salah satu macam-macam motif batik Indonesia yang memiliki motif tua dan berasal dari tanah Jawa. Bentuknya seperti kolang-kaling disusun pada empat sudut persegi.

Menurut penelitian macam-macam motif batik ini sudah ada sejak abad ke-9 dulu. Konon berkembang pad zaman Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Filosofinya sendiri diantaranya adalah pengendalian diri yang sempurna, hati yang bersih tanpa adanya keinginan untuk ria.

 

7 dari 7 halaman

Macam-Macam Motif Batik dan Maknanya

Batik Malangan

Macam-macam motif batik ini mengambil ikon dari kota Malang. Ini seperti tugu Malang, rumbai singa, mahkota, bunga teratai, arca, tugu kota, hingga topeng malangan.

Bungong Jeumpa

Macam-macam motif batik Jeumpa atau bunga kantil merupakan salah satu jenis bunga yang paling sering ditemui di Aceh. Sesuai dengan namanya, bunga ini dapat mewakili keindahan alam di Aceh.

Batik Madura

Batik Madura termasuk batik pesisir dengan warna cerah dan alami. Sebagian macam-macam motif batik Madura mengangkat aneka flora dan fauna yang ada dalam kehidupan.

Batik Palembang

Salah satu keunikan yang dimiliki macam-macam motif batik Palembang adalah menghindari penggunaan gambar fauna juga manusia. Batik Palembang terpengaruh dari beberapa kebudayaan, seperti China, Melayu dan Kerajaan Islam. Motif flora dilukiskan secara cantik lewat sapuan warna-warni yang cantik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini