Sukses

6 Galaksi yang Disebut Memiliki Bentuk Paling Unik di Alam Semesta

Beberapa galaksi di bawah ini disebut-sebut memiliki bentuk paling unik.

Liputan6.com, Jakarta Di alam semesta ini terdapat jutaan galaksi selain yang kita tinggali, yakni Galaksi Bima Sakti. Setiap galaksi memiliki bentuk yang berbeda dan keunikannya masing-masing.

Meskipun galaksi kita termasuk yang berukuran cukup kecil, namun para ilmuan telah berhasil mengidentifikasi cukup banyak galaksi lain yang jaraknya bisa jutaan cahaya jauhnya.

Seperti yang telah disebutkan di atas, setiap galaksi memiliki bentuk yang berbeda-beda. Namun, beberapa galaksi di bawah ini disebut memiliki bentuk yang paling unik di antara yang pernah ditemukan.

Berikut merupakan 6 galaksi unik yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (10/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Galaksi Smiley

Galaxy SDSS J1038 + 4849, juga dikenal sebagai galaksi Smiley. Seperti gambar yang nampak di atas, galaksi ini memiliki bentuk bak emotikon wajah tersenyum lengkap dengan bibir melengkung, mata, serta hidung. Kemudian, ada garis tipis yang mengelilingi galaksi tersebut, disebut dengan Einstein Ring.

3 dari 7 halaman

2. Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda menjadi salah satu galaksi yang memiliki bentuk yang unik. Terlebih lagi, galaksi ini juga merupakan yang memiliki jarak terdekat dengan Galaksi Bima Sakti. Berdasarkan keterangan dari NASA, Galaksi Bima Sakti dan Andromeda akan bertabrakan sekitar waktu 4,5 miliar tahun lagi.

4 dari 7 halaman

3. Galaksi Bima Sakti (Milky Way)

Bima Sakti kita yang baik juga seorang yang aneh! Galaksi rumah kita telah merebut galaksi tetangga, menjadikannya bagian dari orbitnya sendiri sejak permulaan zaman. Setidaknya ada 6 galaksi yang kita ketahui pernah mengorbit Awan Magellan Besar, sebuah galaksi yang terletak sekitar 163.000 tahun cahaya dari kita. Sekarang mereka semua adalah bagian dari Bima Sakti!

5 dari 7 halaman

4. Galaksi MACS J0717

Gakasi MACS J0717 adalah merupakan contoh dari bentuk apabila empat galaksi sekaligus bertabrakan. Terdapat campuran materi gelap, gas, dan galaksi yang abstrak namun indah membentang selama lebih dari 13 juta tahun cahaya. Benar-benar menjadi pemandangan yang menakjubkan.

6 dari 7 halaman

5. Galaksi NGC 7674

Berbeda dengan beberapa galaksi lain yang hanya memiliki satu pusat saja, namun Galaksi NGC 7674 nampak memiliki dua. Meskipun tidak terlalu langka, namun jelas ini bukanlah hal yang dapat dilihat oleh para astronom setiap harinya. Ini mungkin terjadi akibat dua galaksi bertabrakan menjadi satu

7 dari 7 halaman

6. Galaksi Kincir Selatan (Messier 83)

Galaksi Messier 83 atau yang dikenal sebagai Galaksi Kincir Selatan memiliki bentuk yang cukup unik. Ia memiliki inti ganda yang tampak aneh, tapi itu bukanlah bagian yang paling aneh. M83 adalah supersight untuk supernova. Ledakan bintang yang indah ini sebenarnya jarang untuk diamati. Namun para astronom telah melihat enam supernova di galaksi dan mendeteksi sisa-sisa 300 lainnya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.