Sukses

Tak Didukung Orang Tua, Pria Ini Buktikan Mampu Biayai Kuliah Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Memutuskan untuk melanjutkan kuliah memang bukan keputusan yang mudah untuk sebagian orang. Pasalnya ketika memutuskan melanjutkan studi harus siap mental, jauh dari orang tua jika memutuskan untuk merantau, dan siap finansial.

Perjalanan orang memutuskan melanjutkan studi berbeda-beda. Tak semua orang bisa langsung merasakan kuliah karena finansial yang belum mencukupi. Namun kegigihan dan kerja keras membuat seseorang bisa merasakan kuliah dan mampu membiayai kuliahnya sendiri.

Hal tersebut juga dialami oleh seorang pria yang kisahnya viral di linimasa FYP TikTok. Pria harus berjuang sendiri mencari biaya untuk kuliah lantaran orang tuanya tidak mendukung. Walaupun sudah berhasil lolos SNMPTN, namun kedua orang tuanya tetap tidak mendukung.

Perjuangannya agar tetap bisa kuliah banjir semangat dan pujian dari warganet. Bahkan kisahnya bisa menjadi inspirasi untuk banyak orang yang tengah berada di titik yang sama. Semangat dan kegigihan terbukti bisa bantu wujudkan mimpi seseorang.

Kisah perjuangan seorang pria biayai kuliahnya sendiri ini dilansir Liputan6.com dari laman TikTok @akuisann pada Selasa (4/5/2021).

2 dari 3 halaman

Perjuangan Pria Biayai Kuliah Sendiri

Perkembangan media sosial yang semakin pesat membuat tak sedikit orang kemudian unggah ragam video di laman media sosialnya. Kisah haru sampai kisah inspiratif tak jarang melintasi linimasa FYP dan menjadi inspirasi untuk banyak orang.

Ragam upaya tentunya akan dilakukan seseorang agar bisa melanjutkan pendidikan. Pendidikan adalah hal terpenting yang diimpikan oleh banyak orang. Oleh sebab itu tak sedikit orang yang rela jatuh bangun agar bisa kuliah dan melanjutkan pendidikan.

Seperti kisah perjuangan seorang pria yang bernama Isan di mana dirinya mampu berjuang dan membiayai kuliahnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Walaupun sempat tidak didukung orang tua, dirinya bisa buktikan bahwa dirinya bisa mendapatkan uang untuk kuliah.

@akuisann

Semoga ayah sama bunda bisa ngeliat video ini😔🥺#fyp #viral #berandatiktok #brokenhome

♬ Di sound ini banyak orang2 kuat - MILKAAAA

Dalam video tersebut terlihat sang pemilik akun membagikan kisah jatuh bangunnya untuk melanjutkan pendidikan. Sang pemilik akun yang bernama Isan ini menuliskan bahwa ia merupakan anak broken home sejak usianya masih 3 tahun.

Isan menuliskan bahwa sang ibu pernah berjanji untuk menjadi ibu sekaligus ayah untuk dirinya, namun pada tahun 2020 semuanya berubah dan membuatnya harus bisa mencari uang sendiri.

Dalam video tersebut juga tertulis bahwa saat pengumuman SNMPTN, sang pemilik akun lolos SNMPTN namun tidak mendapatkan dukungan dari kedua orang tuanya. Bahkan segala upaya tetap dilakukan agar ibundanya mendukungnya untuk melanjutkan kuliah.

Terlihat dalam video tersebut bahwa sang pemilik akun pada akhirnya bisa membiayai kuliah sendiri dari TikTok. Isan bisa melanjutkan kuliah di Universitas Jenderal Soedirman dengan biayanya sendiri. Bahkan tertulis bahwa dirinya ingin membahagikan neneknya yang telah merawatnya sejak kecil.

3 dari 3 halaman

Komentar Warganet

Video yang diunggah pada 12 April 2021 ini sudah ditonton lebih dari 4,5 juta kali. Video tersebut sudah dibagikan lebih dari enam ribu kali dan mendapatkan 920 ribu likes dari para pengguna TikTok. Ada sekitar 20 ribu komentar dibubuhkan warganet pada kolom komentar unggahan tersebut.

“GUE DUKUNG LO SAMPE SUKSES.” Tuli sit ur ass down.

“aaah terharuu, sehat terus kamuuu umi sama papanya.” Kata magentaaa.

“AIR MATA GUE KELUAR NGABB. Semoga Allah meridhoi setiap Langkah mu.” Timpal Fit-fitri disertai emot sedih.

“Mengandung bawang sekaleee, semangat buat kaka nya smoga kedepannya sukses walaupun tanpa iringan orang tua.” Imbuh Selly II disertai emot nangis.

“Peluk online, kamu akan sukses kawan.” Tambah ANAK KOS disertai emot senyum.