Sukses

10 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah dengan Bahan Alami, Ampuh dan Aman

Cara mengusir nyamuk dilakukan dengan penggunaan bahan alami dan memperhatikan kondisi ruangan.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengusir nyamuk di rumah bisa menggunakan cara-cara alami. Selain menggunakan bahan alami yang tidak disukai nyamuk, kamu juga bisa mengakali penggunaan alat-alat rumahan yang bisa membuat nyamuk pergi dari kamar atau rumah.

Tidak hanya membuat kamu menjadi gatal-gatal dan kulit kemerahan, gigitan nyamuk kadang juga menimbulkan penyakit berbahaya, seperti Demam Berdarah dan Malaria. Mengusir nyamuk dengan bahan alami bisa jadi solusi aman dibandingkan menggunakan obat berbahan kimia. 

Cara mengusir nyamuk dilakukan dengan penggunaan bahan alami dan memperhatikan kondisi ruangan. Penggunaan berbagai bahan alami seperti tanaman serta bahan dapur yang tepat ampuh mengusir serangga kecil yang sangat mengganggu ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/5/2021) tentang cara mengusir nyamuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengusir Nyamuk di Rumah

Serai

Cara mengusir nyamuk di rumah dengan bahan alami yang pertama adalah menggunakan daun serai. Di dalam daun serai terkandung sitronela dan atsiri, dua bahan yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Itulah mengapa daun serai sering digunakan sebagai bahan utama dalam beberapa produk pengusir nyamuk.

Cara memanfaatkan daun serai sebagai obat nyamuk alami cukup mudah. Kamu hanya perlu merebus daun serai dengan air secukupnya. Lalu, air rebus daun serai tersebut bisa digunakan untuk mengepel lantai atau digunakan untuk menyemprot ke area yang terdapat nyamuk.

Lavender

Lavender memiliki bau harum yang menghalangi serangga, khususnya nyamuk. Lavender dapat mengusir serangga seperti nyamuk, lalat, kecoa, ngengat, bahkan agas. Wangi yang dihasilkan tanaman ini membuat serangga enggan dekat-dekat dengannya.

Minyak lavender juga sudah banyak digunakan dalam produk-produk pembasmi nyamuk maupun serangga. Jadi tak ada salahnya memiliki versi alami pembasmi serangga ini.

Aroma harum lavender juga membantu siapa saja yang menghirupnya rileks. Aroma ini bisa menghilangkan stres, dan membantu tidur yang sehat. Kamu bisa menaruh tanaman lavender di ruang tamu, sudut rumah, atau jendela kamar tidur.

Bawang Putih

Cara mengusir nyamuk lainnya ialah menggunakan bawang putih. Hal ini disebabkan karena bawang putih mengandung aroma dari senyawa sulfur alami yang tidak disukai nyamuk.

Cara mengusir nyamuk dengan bawang putih cukup mudah, yaitu dengan mengonsumsinya. Akan tetapi jika tidak suka mengonsumsi bawang putih, kamu tak perlu khawatir. Kamu cukup merebus bawang putih tersebut hingga mendidih. Kemudian air rebusan bawang putih itu kamu tuangkan pada botol spray. Setelah itu kamu bisa menyemprotkannya pada tempat-tempat nyamuk sering berkumpul.

3 dari 4 halaman

Cara Mengusir Nyamuk di Rumah

Minyak Lemon Eucalyptus

ara mengusir nyamuk di rumah juga bisa menggunakan minyak lemon. Berdasarkan penelitian, minyak lemon eucalyptus dapat digunakan sebagai bahan pengusir nyamuk yang cukup efektif. Penelitian menunjukkan bahwa minyak lemon ini dapat mengusir nyamuk selama tiga jam pemakaian.

Cara mengusir nyamuk dengan minyak lemon adalah tuangkan minyak lemon ini pada botol penyemprot yang telah disterilkan. Lalu, semprotkan pada kulit tubuh yang rawan untuk digigit nyamuk seperti lengan, kaki, leher, dan lainnya. Aplikasikan pada kulit hingga merata. Kendati minyak lemon adalah bahan alami, namun tidak disarankan untuk mengaplikasikannya pada kulit anak di bawah usia tiga tahun.

Kemangi

Cara mengusir nyamuk yang selanjutnya adalah menggunakan kemangi. Aroma khas dari kemangi ini ternyata tidak disukai nyamuk. Hal ini disebabkan karena tanaman kemangi ini memiliki kandungan senyawa alami yang menghasilkan bau menyengat bagi nyamuk.

Aroma ini berasal dari senyawa yang terkandung di dalam daun kemangi yaitu zat geraniol yang membuat bau kemangi menjadi sangat kuat dan tidak disukai oleh nyamuk.

Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan kemangi ini tidak sulit. Cukup letakkan daun kemangi yang telah dicuci pada tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk seperti gantungan baju, sudut-sudut rumah, dan lain sebagainya.

Kulit Jeruk

Cara mengusir nyamuk juga bisa dipraktikkan menggunakan kulit jeruk. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kulit jeruk dapat mengurangi intensitas nyamuk untuk berkembang di daerah yang diletakkan kulit jeruk. Di dalam kulit jeruk terdapat kandungan berupa senyawa lemonen yang mampu merusak sistem pernafasan pada nyamuk.

Caranya menggunakannya cukup mudah, yakni hanya dengan meletakkan kulit jeruk pada daerah yang disukai nyamuk seperti tempat tidur dan lain sebagainya.

Namun, salah satu kelemahan ketika menggunakan obat nyamuk alami satu ini adalah kamu harus rajin-rajin untuk membersihkan sisa bahan yang sudah layu. Sebab, jika dibiarkan saja justru akan berpotensi menimbulkan datangnya nyamuk.

Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu bahan yang memiliki kandungan senyawa cinnamaldehyde yang sangat dibenci oleh nyamuk demam berdarah. Cara mengusir nyamuk dengan kayu manis ini mudah saja.

Kamu cukup menjadikan kayu manis sebagai bubuk. Lalu, taburkan kayu manis tersebut ke beberapa sudut ruangan. Selain itu, kamu juga bisa merebus kayu manis tersebut, dan tentunya air rebusan tersebut digunakan sebagai bahan yang bisa disemprotkan ke tiap-tiap sudut ruangan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengusir Nyamuk yang Ampuh

Gunakan Kelambu

Seperti halnya bayi yang memiliki kelambu anti nyamuk, memasang kelambu pada tempat tidur nyatanya cukup efektif sebagai cara mengusir nyamuk. Hal ini tentu sangat gampang dipraktikkan dan lebih efisien.

Kelambu merupakan kain yang memiliki lubang-lubang kecil rapat serta memiliki sifat jatuh yang tak mudah terbuka pada bagian bawahnya. Bahan kelambu ini bisa dibilang tepat untuk membuatmu terhindar dari gigitan nyamuk.

Hindari Warna Cat Gelap

Ternyata warna cat pada sebuah ruangan juga berpengaruh sebagai cara mengusir nyamuk. nyamuk lebih senang untuk berada di ruangan gelap. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan warna gelap pada cat dinding kamar.

Ada pula beberapa warna yang dipercaya tidak disukai oleh nyamuk. Ketiga warna tersebut ialah hijau, putih dan kuning kecoklatan. Mungkin kamu bisa menggunakan warna tersebut untuk diaplikasikan pada dinding kamar.

Cegah Genangan

Salah satu cara mengusir nyamuk yang sangat penting adalah mencegah terjadinya ganangan. Hal ini dikarenakan genangan air dapat membuat nyamuk tumbuh dan berkembang biak. Oleh karena itu, kamu bisa memebaskan rumah dari tempat yang berisiko timbul genangan seperti pot, wadah, atau talang air yang tidak lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini