Sukses

Cara Membuat Undangan Melalui Microsoft Word dengan Mudah dan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat undangan melalui microsoft word sangatlah mudah. Anda dapat memakai semua jenis microsoft word, mulai dari word 2010, 2013, 2016, 2019, atau microsoft word online dari office 365. Pada dasarnya yang membedakan setiap microsoft word hanyalah tampilannya.

Anda bisa membuat berbagai jenis kartu undangan, bisa kartu undangan pernikahan, kartu undangan ulang tahun, atau pesta kecil. Yang akan Anda lakukan hanyalah memilih template yang sesuai. Tamplate biasanya dicari secara online melalui aplikasi canva, pinterest, dan masih banyak yang lainnya.

Dalam membuat undangan melalui microsoft word, Anda harus terhubung terlebih dahulu dengan internet. Hal ini memudahkan Anda dalam mencari template yang sesuai dengan konsep yang ingin Anda pilih. Meskipun memakan waktu yang lama, namun hasilnya juga tidak kalah bagus dengan membuat undangan secara online. Dengan membuat undangan di microsoft word, akan lebih menguntungkan sebab bisa langsung dicetak tanpa perlu mengubah ukuran kertasnya.

Berikut cara membuat undangan melalui microsoft word beserta cara cetaknya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (7/5/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Undangan dengan Tamplate Microsoft word

Dalam microsoft word sudah tersedia tamplate untuk undangan. Selanjutnya, silahkan buka microsoft word Anda. Lalu ikuti cara membuat undangan berikut:

1. Buka Halaman Baru

Cara membuat undangan yang pertama, buka halaman baru microsoft word Anda. Jika Anda memakai microsoft word 2010, microsoft word 2013, microsoft word 2016, dan microsoft word 2019. pilih menu File → New. Namun jika Anda memakai Office Online 365, setelah membuka Microsoft Word Online, pada bagian bawah klik See More Template.

2. Bukalah Opsi Template

Klik File di bilah alat bagian atas, lalu klik New. Jendela berisi kategori templat yang dapat Anda pilih akan terbuka. Di bagian kiri jendela, Anda akan melihat kategori templat, sementara pratinjau templat yang tersedia dalam kategori akan tampil di bagian kanan jendela.

3. Pilih Kategori Invitations

Tampilan kategori templat diurutkan secara alfabetis sehingga Anda hanya perlu menggeser ke huruf "I" untuk menemukan kategori tersebut. Pratinjau templat yang tersedia dalam kategori akan tampil di bagian kanan jendela.

4. Pilih templat undangan

Kemudian klik ganda templat tersebut untuk membukanya sebagai dokumen Word baru.

5. Sesuaikan Tamplatenya

Grafik dan teks pada undangan akan tampil dalam bentuk kotak teks atau gambar, tergantung templat yang Anda pilih. Pastikan Anda menyertakan informasi lengkap terkait acara, seperti nama acara, tanggal, waktu, tempat, dan detail lainnya.

Kebanyakan template menyediakan grafik dan gambar. Anda dapat menyesuaikan grafik atau gambar tersebut dengan mengeklik dan menariknya, atau menggantinya dengan gambar yang Anda sukai. Untuk mengganti gambar, gunakan fitur Insert Picture.

6. Simpan Desain Undangan dengan File Lain

Setelah selesai merancang undangan, simpan undangan tersebut dengan mengeklik File - Save As - Word 97-2003 Document. Pilih lokasi penyimpanan di jendela Save As yang muncul, dan masukkan nama acara sebagai nama berkas. Setelah itu, klik Save.

Menyimpan berkas dengan format Word 97-2003 akan menjaga kompatibilitas berkas dengan seluruh versi Microsoft Word. Kini, Anda dapat mencetak undangan sendiri di rumah, atau menyalinnya ke flash disk untuk dicetak di percetakan.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Undangan dari Nol

Bagi Anda yang tidak mempunyai tamplate pada microsoft word, maka dapat membuatnya mulai dari nol. Berikut cara membuat undangan mulai dari nol, yaitu :

1. Bukalah Dokumen Word yang Baru

Klik ganda pintasan Microsoft Word di desktop atau menu Programs. Anda akan melihat dokumen Word baru di layar.

2. Masukkan Grafik atau Garmbar

Dengan membuat dokumen dari nol, Anda dapat membuat undangan secara lebih kreatif karena Anda tidak dibatasi dengan gambar atau grafik yang ada pada template. Untuk memasukkan gambar, klik tab Insert pada bilah alat di bagian atas jendela, kemudian pilih opsi Insert Clip Art atau Insert Picture.

Jika Anda telah menyimpan gambar yang ingin dimasukkan, pilih opsi Insert Picture. Anda akan melihat jendela penjelajah berkas, yang dapat digunakan untuk memilih gambar. Gunakan opsi Insert Clip Art untuk mencari clip art yang tersedia di Microsoft Word. Klik ganda clip art pilihan Anda untuk memasukkannya ke dokumen.

Setelah gambar atau clip art dimasukkan, Anda dapat memindahkannya dengan menggeser gambar ke lokasi yang diinginkan. Anda juga dapat memperkecil gambar dengan menarik border hingga ukuran gambar sesuai kebutuhan.

3. Tambahkan informasi mengenai acara, baik melalui fitur Text Box atau mengetikkannya secara manual

Fitur Text Box akan membatasi teks dalam kotak, sementara pengetikan manual memungkinkan Anda menggunakan baris kosong pada dokumen seperti biasa.

Untuk membuat kotak teks, klik Insert di bagian atas jendela, kemudian pilih opsi Text Box di antara Page number dan Quick Parts. Pilih gaya kotak teks dari menu drop-down, dan masukkan informasi yang Anda inginkan pada kotak yang tampil di dokumen.

Baik dengan kotak teks maupun mengetik manual, Anda dapat mengubah jenis dan ukuran huruf, juga menggunakan format miring atau tebal atau garis bawah. Anda juga dapat mengubah warna teks dengan opsi di bawah tab Home, tepatnya di bagian atas jendela Word. Pastikan Anda mencantumkan informasi penting dalam undangan, seperti nama acara, tanggal, waktu, dan informasi lainnya.

4. Simpan Undangan

Setelah selesai merancang undangan, simpan undangan tersebut dengan mengeklik File --> Save As --> Word 97-2003 Document. Pilih lokasi penyimpanan di jendela Save As yang muncul, dan masukkan nama acara sebagai nama berkas. Setelah itu, klik Save.

Menyimpan berkas dengan format Word 97-2003 akan menjaga kompatibilitas berkas dengan seluruh versi Microsoft Word. Kini, Anda dapat mencetak undangan sendiri di rumah, atau menyalinnya ke flash disk untuk dicetak di percetakan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS