Sukses

14 Macam-Macam Jaringan Komputer, Ketahui Tujuannya

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam jaringan komputer punya beragam bentuk dan kegunaannya sendiri. Jaringan komputer modern kini memberikan lebih dari sekadar konektivitas. Meskipun serupa dalam tujuan keseluruhannya, macam-macam jaringan komputer memenuhi tujuan yang berbeda.

Macam-macam jaringan komputer adalah dasar dari teknologi informasi. Jaringan komputer dapat memiliki desain yang berbeda. Macam-macam jaringan komputer digunakan dalam berbagai macam cara dan dapat mencakup berbagai jenis jaringan.

Macam-macam jaringan komputer digunakan untuk melaksanakan banyak tugas melalui berbagi informasi. Menyiapkan jaringan komputer adalah cara yang cepat dan andal untuk berbagi informasi dan sumber daya.

Macam-macam jaringan komputer dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda dan oleh jenis orang dan organisasi yang berbeda. Berikut macam-macam jaringan komputer, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(7/5/2021).

2 dari 7 halaman

Mengenal jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung satu sama lain yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan komputer lain dan berbagi sumber daya, data, dan aplikasinya.

Selain menghubungkan komputer dan perangkat komunikasi secara fisik, sistem jaringan memiliki fungsi penting dalam membangun arsitektur kohesif yang memungkinkan berbagai jenis peralatan untuk mentransfer informasi dengan cara yang hampir mulus. Macam-macam jaringan komputer saat ini diklasifikasikan dalam kategori yang luas.

3 dari 7 halaman

Macam-macam jaringan komputer menurut jangkauannya

Personal Area Networks (PAN)

Personal Area Networks (PAN) atau jaringan area pribadi adalah macam-macam jaringan komputer yang didasarkan pada ruang kerja individu. Perangkat individu adalah pusat jaringan, dengan perangkat lain yang terhubung dengannya. Ada juga jaringan area pribadi nirkabel.

LAN (Local Area Network)

Local Area Network disingkat LAN, merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup area atau wilayah yang kecil saja. Biasanya digunakan pada jaringan di warnet, kantor, atau sekolah.

MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN adalah jaringan komputer dalam satu kota atau antar kota tertentu dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Jaringan komputer ini menghubungkan berbagai lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan lain-lain.

WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau disingkat WAN adalah suatu jenis jaringan komputer yang sangat luas, mencakup negara dan benua. Media transmisi yang biasa digunakan dalam jaringan WAN adalah kabel bawah laut dan satelit.

4 dari 7 halaman

Macam-macam jaringan komputer menurut jangkauannya

CAN (Campus Area Network)

Sebuah CAN adalah macam-macam jaringan komputer berupa LAN atau set LAN terhubung yang digunakan oleh sebuah badan pemerintah, universitas, perusahaan atau organisasi sejenis dan biasanya jaringan di satu set bangunan yang berdekatan.

Global Area Networks(GAN)

Global Area Networks(GAN) adalah sebuah jaringan area global adalah jaringan di seluruh dunia yang menghubungkan jaringan di seluruh dunia, seperti internet.

Enterprise private networks

Enterprise private networks atau Jaringan pribadi perusahaan adalah jaringan komputer yang membantu perusahaan perusahaan dengan sejumlah kantor yang berbeda menghubungkan masing-masing kantor tersebut dengan cara yang aman melalui jaringan. Jaringan pribadi perusahaan terutama disiapkan untuk berbagi sumber daya komputer.

Jaringan Backbone (BBN)

Jaringan Backbone atau inti adalah bagian dari jaringan komputer yang menghubungkan jaringan, menyediakan jalur untuk pertukaran informasi antara LAN atau subjaringan yang berbeda. Backbone dapat menghubungkan berbagai jaringan di gedung yang sama, di gedung yang berbeda di lingkungan kampus, atau di area yang luas. Biasanya, kapasitas tulang punggung lebih besar daripada jaringan yang terhubung dengannya.

5 dari 7 halaman

Macam-macam jaringan komputer menurut media transmisi

Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)

Wired Network adalah macam-macam jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya agar komputer-komputer tersebut dapat saling bertukar data maupun terhubung dengan internet.

Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)

Berbeda dengan wired network, wireless network tidak menggunakan kabel sebagai media transmisinya. Pertukaran informasi/data antar komputer menggunakan gelombang elektromagnetik.

6 dari 7 halaman

Macam-macam jaringan komputer menurut distribusi sumber data

Jaringan Terpusat

Jaringan komputer terpusat adalah macam-macam jaringan komputer yang terdiri dari satu komputer induk dan satu atau lebih komputer terminal. Komputer induk berfungsi sebagai sumber data yang dibutuhkan oleh komputer terminal.

Komputer induk inilah yang menyimpan semua data-data maupun program aplikasi untuk kemudian didistribusikan ke komputer terminal. Sedangkan komputer terminal itu sendiri biasanya hanya berfungsi untuk menjadi perantara pengguna untuk mengakses komputer induk.

Jaringan Terdistribusi

Jaringan komputer terdistribusi merupakan jmacam-macam jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer induk. Berbeda dengan jaringan terpusat, pada jaringan terdistibusi, semua host yang terhubung pada jaringan ini bisa berperan sebagai komputer induk sebagaimana peran komputer induk dalam jaringan terpusat. Artinya, distribusi data yang terjadi pada jaringan komputer jenis ini tidak hanya dari satu komputer induk (server).

7 dari 7 halaman

Macam-macam jaringan komputer menurut hubungan komputer memproses data

Jaringan Client-Server

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer yang bertindak sebagai server dan beberapa komputer yang berperan sebagai client. Umumnya yang bertindak sebagai server hanya satu komputer dan komputer yang lainnya berperan sebagai client. Komputer server berperan sebagai penyedia sumber daya atau data, sedangkan komputer client menggunakan sumber daya atau data yang disediakan oleh komputer server tersebut.

Jaringan Peer to Peer

Pada macam-macam jaringan komputer ini, masing-masing komputer, baik komputer client maupun komputer server mempunyai peran dan kedudukan yang sama. Dengan kata lain, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya, komputer client pun dapat menjadi komputer server.