Sukses

Viral Pemudik Ketahuan Sembunyi di Dalam Truk Tertutup Terpal, Bikin Geleng Kepala

Liputan6.com, Jakarta Viral sebuah video yang menampakkan beberapa orang pemudik yang terciduk oleh petugas. Video ini diunggah oleh akun TikTok @depit.khansa pada Kamis (6/5/2021).

Meski pemerintah telah mengeluarkan larangan agar masyarakat tidak mudik, namun masih banyak warga yang nekat melakukannya dengan cara mengelabui petugas. 

Penerjunan sejumlah petugas untuk mencegah pemudik pulang kampung seakan tak membuat mereka takut dan menjadi penghalang untuk Lebaran di kampung halaman.

"Saking pengen mudiknya. Semoga yang tidak bisa mudik sehat dan bisa sabar," tulis akun @depit.khansa pada unggahan video tersebut, yang dikutip Liputan6.com, Jumat (7/5/2021).

 

 

2 dari 4 halaman

Terciduk Petugas

Dalam rekaman video tersebut, terlihat sebuah truk barang dihentikan oleh petugas polisi. Petugas yang mencurigai ada hal aneh, kemudian melakukan pemeriksaan terhadap truk tersebut.

Petugas juga menyuruh pengemudi truk untuk membuka terpal yang menutupi bak truknya. Kecurigaan petugas benar, ketika dibuka ternyata di dalam truk itu terdapat beberapa orang yang diduga hendak melakukan mudik.

Di dalam bak truk yang ditutupi terpal biru itu terdapat beberapa orang laki-laki dan perempuan serta balita. Diduga mereka merupakan keluarga atau kerabat. Selain itu, terlihat dua buah sepeda motor dan beberapa barang lain.

Tidak ada keterangan secara jelas dimana dan kapan video ini diambil. Diduga truk tersebut sengaja ditutup sangat rapat agar tak dicurigai. Suasana di dalam truk pun terlihat pengap dan panas karena tak ada sirkulasi udara yang layak.

3 dari 4 halaman

Respons Warganet

Video yang telah ditonton 5,1 juta ini menuai beragam komentar dari warganet. Sebagian besar dari mereka mengaku kasihan saat menyaksikan perjuangan para pemudik kembali ke kampung halaman.

"Sesulit inikah ingin bertemu keluarga sendiri," tulis Milkylatte.

"Mengapa melihat mereka air mataku menetes, Ya Allah mengapa harus begini, sakit hati ini Ya Allah," tulis user9599849040707.

"Ya Allah mereka bukan buronan, mereka cuma ingin bertemu keluarga mereka, corona belum tentu hilang tahun depan, orang tua belum tentu bisa bertemu tahun depan," tulis akun @anthonysipit.

4 dari 4 halaman

Tonton videonya berikut:

@depit.khansa

#mudiklebaran2021 #mudik semoga yang tidak bisa mudik selalu sabar #fyp

♬ Allah Allah Aghisna - Nazwa Maulidia