Sukses

6 Makanan Khas Lebaran di Berbagai Negara Ini Unik, Bikin Ngiler

Keunikan makanan khas Lebaran di penjuru dunia.

Liputan6.com, Jakarta Hari Raya Idulfitri adalah momen yang paling ditunggu oleh umat Muslim, apalagi setelah menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh. Selain bisa berkumpul dengan keluarga, hidangan khas Lebaran juga paling dinanti.

Lebaran identik dengan makanan khas-nya. Mayoritas masyarakat Indonesia mengidentikkan ketupat dan kue kering sebagai hidangan khas di Hari Kemenangan. 

Tak cuma di Indonesia, beberapa negara di dunia juga memiliki hidangan khas Lebaran yang menggiurkan loh. Apa saja? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, makanan khas Lebaran di berbagai negara pada Jumat (7/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. La Mian dari Tiongkok

La mian merupakan makanan khas Tiongkok yang memiliki rasa super lezat. Saat Lebaran, umat muslim di Tiongkok biasanya mengonsumsi makanan ini.

Sup la mian terdiri dari mie yang terbuat dari tepung terigu, dan disajikan bersama kuah pedas, tahu dan daging.

3 dari 7 halaman

2. Sheer Khurma dari India

Sheer khurma adalah makanan tradisional India saat Lebaran. Sheer khurma berarti susu dan kurma, disajikan pada pagi hari setelah melakukan salat Idulfitri.

Makanan yang punya cita rasa manis ini terdiri dari bahan utama bihun, kurma, susu, gula dan tambahan rempah lainnya.

4 dari 7 halaman

3. Baklava dari Turki

Baklava merupakan hidangan yang manis dan sangat populer di Turki. Makanan ini terbuat dari lapisan tepung pastry yang dilapisi dengan kacang dan krim. Biasanya disajikan bersama sirup atau madu.

5 dari 7 halaman

4. Manti dari Rusia

Manti adalah makanan khas Lebaran negara Rusia yang sekilas bentuknya mirip seperti pangsit Cina. Manti biasanya diisi dengan cincangan daging sapi atau domba yang telah diberi bumbu.

6 dari 7 halaman

5. Bolani dari Afghanistan

Bolani adalah makanan tradisional yang berupa roti yang dipanggang atau digoreng dengan isian sayur hijau. Makanan khas Lebaran ini disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

7 dari 7 halaman

6. Kari Chotpoti dari Bangladesh

Makanan ini terbuat dari kari yang isinya terdiri dari kacang polong, kentang, dan telur. Rasanya pedas dan gurih. Makanan ini disukai oleh masyarakat Bangladesh karena kaya akan protein dan rendah kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini