Sukses

Bukan Ketupat, 6 Makanan Khas Lebaran di Indonesia Ini Bikin Kangen Kampung Halaman

Liputan6.com, Jakarta Momen lebaran yang paling ditunggu selain berkumpul bersama keluarga tentu saja suguhan hidangannya. Indonesia tak hanya memiliki keberagaman suku, adat dan budaya, namun juga aneka santapan lezat di berbagai daerah.

Saat Hari Kemenangan tiba, banyak makanan khas yang menghiasi meja makan keluarga. Tiap daerah tentu memiliki sajian khas Lebaran yang berbeda-beda. 

Tak melulu tersaji ketupat dan opor ayam, di berbagai daerah berikut makanan khas Idulfitri lebih bervariasi. Apa saja? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, makanan khas Lebaran tiap daerah di Indonesia yang bikin kangen, Sabtu (8/5/2021).

2 dari 7 halaman

1. Gulai Nangka Muda dari Medan

Kota Medan identik dengan makanan Melayu yang khas dengan santan. Saat Lebaran, gulai nangka muda menjadi sajian yang paling ditunggu.

Masakan ini terdiri dari nangka muda, daging dan potongan kacang panjang yang dimasak bersama santan dan berbagai bumbu rempah khas gulai.

3 dari 7 halaman

2. Barongko Kue Bugis dari Makassar

Barongko merupakan kue khas Bugis yang dibuat dari bahan dasar pisang yang sudah dihaluskan. Kemudian dicampurkan dengan telur, gula pasir, dan santan. Adonan tadi dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus sampai matang.

4 dari 7 halaman

3. Lemang Lepat Lau dari Pontianak

Saat Lebara, tak lengkap rasanya jika tidak ada sajian lemang lepat lau ini. Makanan berbahan beras ketan ini biasanya menjadi makanan pendamping rendang daging atau serundeng.

Cita rasanya tak jauh beda dengan lontong, namun pada lemang rasa gurih lebih terasa karena menggunakan santan.

5 dari 7 halaman

4. Bebek Gulai Kurma dari Aceh

Makanan Lebaran khas dari Aceh ini terbuat dari rempah-rempah dan santan yang diolah sehingga menjadi kaya rasa. Meski namanya ada kata kurma, namun makanan ini sama sekali tidak menggunakan kurma.

6 dari 7 halaman

5. Ayam Woku dari Manado

Sajian ini terkenal memiliki cita rasa sangat pedas. Ayam woku terdiri dari ayam kampung yang dimasak dengan bumbu pedas khas Manado.

Bila ingin tambah segar, sajian ini bisa ditambah dengan daun kemangi. Ayam woku biasanya dimasak hingga kuahnya mengental dan sedikit menyusut.

7 dari 7 halaman

6. Semur Daging dari Betawi

Semur bisa menjadi pilihan olahan daging sapi yang pas untuk Lebaran. Teksturnya empuk dan cita rasa manis berempah akan membuat kesan Lebaran menjadi menyenangkan.

Semur Betawi biasanya berisi daging sapi, ayam, dan kentang. Dapat pula ditambah tempe, telur, tahu, ikan, atau bahan lain sesuai selera.