Sukses

15 Cara Menghilangkan Perut Buncit dengan Olahraga, Sehat dan Bugar

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan perut buncit bisa dilakukan dengan olahraga rutin. Perut buncit disebabkan oleh lemak perut yang menumpuk. Perut buncit, lebih dari sekadar gangguan yang membuat pakaian terasa ketat.

Lemak berlebih pada tubuh bisa menimbulan risiko penyakit. Maka dari itu, penting mengetahui cara menghilangkan perut buncit. Salah satu cara menghilangkan perut buncit yang efektif adalah melalui olahraga.

Cara menghilangkan perut buncit ini jauh lebih sehat dan mendukung kebugaran tubuh. Jenis olahraga yang efektif dalam cara menghilangkan perut buncit adalah olahraga aerobik.

Kesabaran adalah kunci dari cara menghilangkan perut buncit. Berikut cara menghilangkan perut buncit dengan olahraga, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu(8/5/2021).

2 dari 8 halaman

Cara menghilangkan perut buncit

Olahraga sambil berdiri

Cara menghilangkan perut buncit dengan olahraga adalah melakukan olahraga sambil berdiri. Berdiri sambil melakukan gerakan tertentu, seperti bicep curl, dapat membantu seseorang melibatkan otot inti saat mengangkat. Keterlibatan ini dapat membantu memperkuat otot inti dan memangkas lemak area perut.

Berjalan

Berjalan kaki mungkin terdengar sederhana. Namun, aktivitas ini bisa menjadi cara menghilangkan perut buncit yang efektif. Latihan kardio yang sangat sederhana ini membantu menghilangkan lemak perut dan membuat tubuh tetap bugar. Disarankan untuk berjalan 6000 sampai 10.000 langkah setiap hari untuk bisa membakar lemak di tubuh.

Jalan cepat bahkan selama tiga puluh menit menghirup udara segar dapat membantu mengurangi lemak di sekitar perut. Selain itu, ini juga memiliki efek positif pada metabolisme dan detak jantung.

3 dari 8 halaman

Cara menghilangkan perut buncit

Zumba

Latihan Zumba adalah latihan intensitas tinggi. Ini membantu dalam meningkatkan kebugaran kardiovaskular, menurunkan kolesterol dan menurunkan kadar gula darah dan mencairkan lemak perut dengan cepat. Zumba sangat bagus untuk memaksimalkan pembakaran lemak. Ini karena senam ini secara teratur mengubah kecepatan dan irama, membuat tubuh berusaha menyesuaikan perubahan tersebut dengan menghabiskan banyak energi.

Bersepeda

Bersepeda merupakan cara efektif untuk membakar lemak perut. Bersepeda membantu meningkatkan detak jantung dan juga memiliki kapasitas untuk membakar banyak kalori. Bersepeda membantu menurunkan berat badan di bagian paha dan pinggang. Lakukan dengan teratur dan latihan ini bisa sangat efektif untuk mengurangi lemak perut.

4 dari 8 halaman

Cara menghilangkan perut buncit

HIIT

High-intensity interval training (HII) adalah latihan interval intensitas tinggi yang melibatkan gerakan intens singkat dengan waktu istirahat singkat di antara mereka. Jenis latihan interval ini dapat membantu seseorang membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang lebih singkat. Latihan interval intensitas tinggi (HIIT) adalah cara cepat untuk membakar lebih banyak kalori saat berolahraga.

Yoga

Yoga memainkan peran penting dalam menghidupkan otot perut dan bagiannya. Gerakan yoga membantu mengurangi lemak perut dan menguatkannya. Yoga berusaha untuk bekerja secara mendalam pada inti dan seluruh tubuh dengan setiap posenya. Yoga juga akan membantu menghilangkan beberapa masalah yang berhubungan dengan perut seperti sembelit, gangguan pencernaan dan kembung bersamaan dengan memperkuat perut.

5 dari 8 halaman

Cara menghilangkan perut buncit

Angkat beban

Melakukan latihan ketahanan seperti angkat beban dapat membantu memastikan bahwa orang yang sedang mengurangi kalori tidak kehilangan massa otot. Mengembangkan massa otot juga dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori saat istirahat.

Crunch

Crunch adalah latihan dasar untuk mengecilkan perut dan kekuatan otot. Gerakan crunch mirip dengan sit up, namun dengan setengah gerakan. Berbaringlah di atas matras, tekuk lutut, dan letakkan kaki di lantai. Letakkan tangan di belakang kepala.

Angkat kepalamu dari lantai. Ini adalah posisi awal. Mulailah gerakan dengan meringkuk dan mencoba meraih lutut dengan kepala. Kembali ke posisi awal. Pastikan menarik napas sambil meringkuk dan menghembuskan napas saat turun.

6 dari 8 halaman

Cara menghilangkan perut buncit

Plank

Plank adalah salah satu cara menghilangkan perut buncit dengan membangun otot inti perut. Dengan membangun dan memperkuat otot inti, kamu akan dapat membentuk perut dalam waktu singkat. Jika ingin mengatasi perut buncit, plank bisa jadi salah satu solusinya.

Posisikan tubuh seperti hendak bangun dari telungkup. Letakkan kedua tangan lurus sejajar dengan bahu. Posisikan juga siku dengan lurus. Posisi tubuh harus sejajar dari ujung kepala hingga ujung kaki. Tahan berada di posisi ini.

Side Plank

Side plank merupakan variasi plank yang bisa dilakukan untuk menghilangkan perut buncit. Posisikan tubuh miring dengan tangan kanan bertumpu pada lantai dan bobot tubuh bertumpu pada kaki kanan. Dorong tubuh ke arah atas dengan lengan kiri tegak lurus ke atas. Kontraksikan otot-otot perut bawah. Tahan posisi ini selama 60 detik dan ulangi pada sisi kiri.

Mountain Climbers

Gerakan Mountain Climbers merupakan posisi plank yang melatih inti, selain banyak otot tubuh lainnya. Lakukan posisi papan tinggi dengan pergelangan tangan tepat di bawah bahu. Jaga inti kencang, tarik pusar ke arah tulang belakang. Dorong lutut kanan ke arah dada dan kemudian kembalikan ke papan. Kemudian, dorong lutut kiri ke arah dada dan kembalikan. Lanjutkan ke sisi yang bergantian.

7 dari 8 halaman

Cara menghilangkan perut buncit

Burpe

Burpe melatih otot inti, dada, bahu, lat, trisep, dan paha depan. Burpe melibatkan gerakan plyometrik eksplosif, mereka juga akan membuat jantung terpompa. Berdirilah sambil merenggangkan kedua telapak kaki selebar bahu. Tekuk lutut dan letakkan tangan di lantai seperti katak.

Lompat dan dorong kedua kaki ke belakang dan lakukan posisi plank atau push-up. Lompat dan kembali ke posisi katak. Lompat secara vertikal dan rentangkan tangan di atas kepala. Mendarat dengan lembut di lantai. Kembali ke posisi katak lagi, lalu kembali ke posisi plank.

Bridge

Bridge pose atau Pose Jembatan berguna untuk meluruskan otot punggung dan tungkai serta membentuk paha dan pinggul. Pose ini juga berguna untuk menghilangkan lemak perut. Selain itu, pose ini juga mengontrol darah tinggi serta mengurangi sakit punggung, pinggang, sakit kepala, insomnia dan kelelahan.

Berbaringlah telentang dengan lutut ditekuk dan tumit ditarik ke tulang duduk. Letakkan tangan di samping tubuh. Tekan kaki dan tangan ke lantai saat mengangkat tulang ekor. Terus angkat sampai paha sejajar dengan lantai.

Biarkan lengan apa adanya, satukan kedua telapak tangan dengan jari-jari yang bertautan di bawah pinggul, atau letakkan tangan di bawah pinggul untuk mendapatkan dukungan. Tahan pose ini hingga 1 menit. Lepaskan dengan perlahan. Turunkan lutut bersama-sama.

8 dari 8 halaman

Cara menghilangkan perut buncit

Scissor Kicks

Scissor Kicks atau tendangan gunting melatih otot perut bawah, perut atas, glutes, hamstring, dan paha depan. Berbaringlah di atas matras. Letakkan telapak tangan di bawah pinggul. Angkat kepala, punggung atas, dan kaki dari lantai. Ini adalah posisi awal. Turunkan kaki kiri. Tepat sebelum menyentuh lantai, angkat kaki kiri dan turunkan kaki kanan.

Sit up

Sit up adalah latihan ketahanan perut untuk memperkuat, mengencangkan dan membentuk otot perut. Sit up menggunakan berat badan untuk memperkuat dan mengencangkan otot perut yang menstabilkan inti. Sit up membangun kekuatan otot di otot perut dan pinggul. Ini membantu meningkatkan massa dan fungsi otot.