Sukses

8 Macam-Macam Search Engine di Dunia yang Populer, Pahami Perbedaannya

Liputan6.com, Jakarta Dari sekian banyak macam-macam search engine di dunia, ada delapan yang paling populer. Salah satunya macam-macam search engine di dunia yang populer dan sering digunakan adalah Google. Sampai saat ini, Google masih menjadi "The King Of Search Engine" di dunia.

Ada perbedaan khusus antara macam-macam search engine di dunia satu dengan yang lainnya. Mulai dari Baidu, Google, Bing, Yahoo, Yandex, DuckDuckGo, Ask, dan Ecosia. Pahami perbedaan kedelapan macam-macam search engine ini agar penggunaannya bisa disesuaikan kebutuhanmu. 

Fungsi utama dari macam-macam search engine di dunia adalah menyajikan informasi berdasarkan kata kunci yang dicari pengguna. Pahami juga bahwa dari macam-macam search engine di dunia memiliki alogaritma pencarian yang berbeda-beda. Ini sesuai kebijakan masing-masing perusahaan.

Berikut Liputan6.com ulas macam-macam search engine di dunia yang populer dari berbagai sumber, Sabtu (8/5/2021).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Search Engine di Dunia

Macam-Macam Search Engine adalah Baidu

Baidu adalah salah satu macam-macam search engine di dunia yang populer. Search engine yang satu ini merupakan macam-macam search engine terbesar di China. Faktanya, Baidu benar-benar mendominasi pasar China dengan 74,73 persen per Februari 2019.

Sebagai perbandingan, Google hanya berhasil merebut 2 persen pasar mesin pencari di China. Baidu didirikan pada tahun 2000 dan berkantor pusat di ibu kota China, Beijing. Macam-macam search engine di dunia yang populer ini merupakan salah satu perusahaan kecerdasan buatan dan layanan internet terbesar di dunia.

Meskipun menjadi raksasa di China, pengaruh Baidu sangat kecil ketika berada di luar China. Perlu dicatat bahwa China memiliki "operasi sensor online terbesar dan tercanggih di dunia." Ini sering disebut juga sebagai "Tembok Api Besar China." Jadi, apabila search engine dari Barat seperti Google ingin memasuki pasar China.

Macam-Macam Search Engine adalah Google

Google adalah macam-macam search engine di dunia yang populer. Search engine yang paling sering digunakan adalah Google. Sampai saat ini, Google masih menjadi "The King Of Search Engine" di dunia. Google adalah salah satu dari macam-macam search engine di dunia yang populer untuk mencari informasi yang diinginkan.

Macam-macam search engine di dunia yang populer seperti Google menyajikan pencarian alamat website, gambar, file, atau mengetahui situs-situs topik – topik, dan masih banyak lagi. Google merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat, didirikan oleh Larry Page alumnus Universitas Michigan dan Sergey Brin.

Hanya dengan mengetikan kata kunci yang akan dicari, maka secara otomatis salah satu macam-macam search engine di dunia yang populer ini, maka akan memberikan jawaban yang diberikan melebihi dari yang kita inginkan. Google menggunakan algoritme canggih untuk menyajikan hasil paling akurat kepada pengguna. 

Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, memiliki gagasan bahwa situs web yang dirujuk oleh situs web lain lebih penting. Demikian macam-macam search engine di dunia yang populer ini berhak mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Search Engine di Dunia

Macam-Macam Search Engine adalah Bing

Bing adalah salah satu dari macam-macam search engine di dunia yang populer. Mesin pencari ini dimiliki dan dioperasikan oleh Microsoft, dan berasal dari search engine yang sebelumnya, yaitu MSN Search dan Windows Live Search.

Sama seperti Google, salah satu dari macam-macam search engine di dunia yang populer ini memfilter hasil pencarian ke dalam tab yang berbeda seperti gambar, video, peta, dan berita. Beranda macam-macam search engine di dunia yang populer ini berbeda dengan Google. Tampilan utama Bing selalu menyajikan gambar dan berita yang menakjubkan.

Pada Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan kesepakatan di mana Bing akan memberdayakan mesin pencari Yahoo! Salah satu dari macam-macam search engine di dunia yang populer ini pun termasuk mesin pencari terbesar keempat di dunia. Meskipun tidak memiliki pengguna sebanyak Google, Bing masih menerima 1,3 miliar kunjungan per bulan.

Macam-Macam Search Engine adalah Yahoo!

Yahoo! adalah salah satu dari macam-macam search engine di dunia yang populer. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 oleh Jerry Yang dan David Filo. Mereka awalnya menamai situs web tersebut, "Jerry and David's Guide to the World Wide Web."

Sebelum akhirnya dengan cepat mengganti namanya menjadi Yahoo! Salah satu macam-macam search engine di dunia yang populer ini merupakan singkatan dari "Yet Another Hierarchical Organized Oracle." Yahoo! Mail dan layanan web lainnya mendorong perusahaan ke valuasi $125 miliar pada tahun 2000.

Tapi kemudian segalanya menurun. Pernah suatu ketika pendiri, Google Larry Page dan Sergey Brin, mencoba menjual Google ke Yahoo! pada tahun 1998 dengan harga $1.000.000. Namun Yahoo! menolak. Sayangnya, meskipun memiliki permulaan yang luar biasa dan sumber daya yang jauh lebih banyak, beberapa produk dari Yahoo! semakin tersisih.

Yahoo! Mail digantikan menjadi Gmail, Yahoo! Answer digantikan oleh Quora, dan Yahoo! Flickr digantikan oleh Instagram. Saat ini, search engine Yahoo! sudah didukung oleh search engine dari Bing Microsoft. Sehingga tidak heran jika hasil dari kedua macam-macam search engine di dunia yang populer tersebut sangat mirip.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Search Engine di Dunia

Macam-Macam Search Engine adalah Yandex

Yandex adalah salah satu dari macam-macam search engine di dunia yang populer. Jika Baidu mendominasi wilayah China, maka Yandex merupakan macam-macam search engine di dunia yang populer di Rusia. Diketahui bahwa Yandex memiliki 55% dari total lalu lintas penelusuran Rusia, yang kemudian diikuti oleh Google.

Selain rusia, macam-macam search engine di dunia yang populer seperti Yandex ini populer di Ukraina, Belarus, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Turki. Yandex menyediakan lebih dari 70 layanan berbeda, termasuk alat seperti Yandex Disk, yaitu layanan penyimpanan berbasis cloud yang mirip dengan Google Drive.

Nama "Yandex" diadopsi pada tahun 1993 dan merupakan singkatan dari "Yet Another iNDEXer." Salah satu keunggulan macam-macam search engine di dunia yang populer seperti Yandex bagi pengguna berbahasa Rusia adalah kemampuannya untuk memahami infleksi bahasa Rusia dalam kueri penelusuran. Dalam bahasa Rusia, kata-kata dapat memiliki lebih dari 20 akhiran yang berbeda untuk menunjukkan hubungannya satu sama lain.

Macam-Macam Search Engine adalah DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah salah satu dari macam-macam search engine di dunia yang populer. Mesin pencari ini mengutamakan privasi. Jika merasa sedikit tidak nyaman tentang data yang disimpan, atau tidak suka adanya iklan, Anda mungkin bisa mencoba macam-macam search engine di dunia yang populer seperti DuckDuckGo yang satu ini.

Slogan dari DuckDuckGo sebagai salah satu macam-macam search engine di dunia yang populer adalah “Privacy, simplified.”  Slogan ini menggambarkan dirinya sebagai, "Perusahaan privasi Internet yang memberdayakan untuk mengendalikan informasi pribadi Anda secara online tanpa hambatan." DuckDuckGo tidak menyimpan informasi pribadi Anda atau mengikuti Anda berkeliling dengan memberikan iklan.

Artinya, jika Anda melihat sepasang sepatu, Anda tidak perlu menghabiskan dua minggu ke depan dihujani iklan sepatu. Pada dasarnya, macam-macam search engine di dunia yang populer ini adalah solusi sempurna bagi siapa pun yang ingin menjaga informasi pribadi dan aktivitas penjelajahan mereka. Untuk saat ini, DuckDuckGo menerima 27,4 juta kueri penelusuran harian dan masih terus berkembang.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Search Engine di Dunia

Macam-Macam Search Engine adalah Ask

Ask adalah salah satu dari macam-macam search engine di dunia yang populer. Didirikan pada tahun 1996 oleh Garrett Gruener dan David Warthen di California, situs ini awalnya bernama "Ask Jeeves". Idenya bukanlah untuk membuat direktori atau mesin pencari lain, tetapi layanan tanya jawab seperti pramutamu virtual.

Inilah mengapa para pendiri macam-macam search engine di dunia yang populer seperti Ask memilih nama setelah P.G. Karakter Wodehouse, Jeeves sang kepala pelayan. Perusahaan menghapus "Jeeves" dari namanya pada tahun 2006 dan perusahaan tersebut berganti nama menjadi "Ask".

Macam-Macam Search Engine adalah Ecosia

Ecosia adalah salah satu dari macam-macam search engine di dunia yang populer. Search engine ini berupa bisnis sosial berbasis di Berlin yang didirikan oleh Christian Kroll pada tahun 2009.

Alasan utama macam-macam search engine di dunia yang populer seperti Ecosia didirikan adalah untuk membantu mendanai penanaman pohon dan proyek restorasi. Ini dikenal sebagai “mesin pencari penanaman pohon”.

Bagaimana cara kerja ecosia? Ecosia adalah salah satu macam-macam search engine di dunia yang populer mitra Bing. Itu artinya hasil pencariannya didukung oleh Bing. Ecosia menghasilkan uang untuk mendukung perencanaan pohon dengan menampilkan iklan di hasil pencarian mereka. 

Setiap kali iklan diklik, macam-macam search engine di dunia yang populer seperti ecosia mendapat bagian kecil. Diperkirakan dibutuhkan sekitar 45 pencarian untuk membiayai penanaman satu pohon. Dari sisi pangsa pasar mesin pencari, pangsa macam-macam search engine di dunia yang populer seperti Ecosia berkisar 0,10%.