Sukses

18 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat, Gunakan Bahan Rumahan

Liputan6.com, Jakarta Cara memutihkan gigi secara alami bisa kamu terapkan secara teratur. Cara alami ini tentunya akan lebih aman diterapkan karena tidak menimbulkan efek samping. Bahkan, memutihkan gigi secara alami juga bisa menimbulkan hasil yang lebih cepat. Hal ini tentunya lebih baik daripada kamu menggunakan berbagai zat kimia yang belum tentu aman.

Gigi kuning biasanya disebabkan karena jarang menyikat gigi atau melakukannya dengan cara yang salah, kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, hingga terlalu sering minum kopi. Selain itu, pertambahan usia dan konsumsi makanan juga dapat memengaruhi perubahan warna gigi menjadi kekuningan.

Cara memutihkan gigi secara alami bisa memengaruhi kesehatan dan kecantikan. Hal ini tentu akan menunjang penampilan saat tersenyum, sehingga membuat kamu lebih percaya diri. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan perawatan gigi dengan bahan alami agar mendapatkan gigi yang putih menawan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/5/2021) tentang cara memutihkan gigi secara alami.

2 dari 5 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Siwak

Salah satu cara memutihkan gigi yang efektif adalah dengan menggunakan siwak. Siwak dikenal sebagai obat herbal yang sangay baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Menggunakan siwak dapat menghambat pertumbuhan bakteri, mengikis plak, mencegah gigi berlubang, terutama untuk memutihkan gigi.

Kamu bisa menggunakannya dengan langsung mengunyah batang siwak atau mengoleskan batang siwak bersih yang telah ditumbuk halus pada gigi secara merata. Kemudian, bisa juga mencampurnya dengan air hingga berbentuk pasta, lalu menggunakannya sebagai pasta gigi.

Pinang

Pinang juga bisa dijadikan bahan alami untuk memutihkan gigi. Buah pinang mengandung astringent dan hemostatik dari zat tanin yang dapat digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami.

Cara menggunakannya, siapkan biji buah pinang, lalu bakar biji buah pinang tersebut hingga hangus. Kemudian tumbuk hingga halus dan oleskan pada gigi.

Arang Aktif

Arang aktif menyerap kotoran dan memutihkan gigi secara efektif dan cepat. Buka kapsul arang aktif dan taruh isinya di sikat gigi. Gosok gigi dengan lembut membentuk lingkaran kecil selama 2 menit. Berhati-hatilah terutama di area sekitar gusi karena bisa abrasif.

Kamu juga bisa mencampurkan arang aktif dengan sedikit air dan menjadikannya obat kumur. Kumur larutan ini selama 2 menit lalu keluarkan. Bilas mulut secara menyeluruh dengan air. Karena punya sifat abrasif, penggunaan charcoal ini juga perlu dibatasi sama seperti cuka sari apel.

3 dari 5 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dengan Bahan Dapur

Baking Soda

Cara memutihkan gigi secara alami selanjutnya adalah dengan baking soda. Caranya menggunakannya cukup mudah, siapkan wadah untuk baking soda. Setelah itu, basahi sikat gigi dengan air dan oleskan ke wadah yang berisi baking soda. Kamu bisa menjadikan baking soda sebagai pasta gigi dan sikat gigi sekitar satu menit.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda bisa juga ditambahkan dengan bahan alami lainnya, Kamu bisa membuat campuran baking soda dengan jeruk nipis, lemon, hingga stroberi. Jeruk nipis memiliki kandungan asam yang membantu fungsi baking soda membersihkan gigi dari noda dengan cepat.

Cuka Apel

Cara memutihkan gigi selanjutnya bisa menggunakan cuka apel. Hal ini karena kandungan asam asetat yang terdapat dalam cuka apel mampu membunuh bakteri, membersihkan mulut, dan memutihkan gigi.

Cara menggunakannya juga mudah, cukup campurkan cuka apel ke dalam air, kemudian gunakan campuran tersebut untuk kumur-kumur selama beberapa menit. Lalu, bilas mulut dengan air. Kamu bisa menerapkan cara ini sekali dalam seminggu agar hasilnya lebih maksimal.

Garam

Cara memutihkan gigi selanjutnya adalah menggunakan garam. Garam memiliki sifat antimikroba, selain itu garam juga akan memiliki tindakan abrasif lembut yang dapat membantu membersihkan serta memutihkan gigi.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkannya ke dalam air yang telah direbus terlebih dahulu. Kemudian rendam sikat gigi kamu dalam campuran air garam sekitar satu menit. Sikat gigi menggunakan sikat yang sudah direndam. Kemudian kumur-kumur dengan air dingin.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri sama seperti cuka sari apel sebagai cara memutihkan gigi. Minyak kelapa juga dapat mengatasi plak yang menempel pada gigi yang tentunya akan menghindari gigi menjadi kekuningan.

Cara menggunakannya cukup dengan kumurlah secara perlahan minyak kelapa selama 10-15 menit. Setelah itu, kamu cukup menyikat gigi seperti biasa hingga bersih.

Jahe

Jahe juga dapat dijadikan salah satu cara memutihkan gigi secara alami karena adanya kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus noda tersisa pada gigi. Penggunaannya juga mudah, tinggal parut 1 buah jahe, lalu peras airnya. Kemudian, gunakan air perasan jahe untuk berkumur. Bisa juga menggunakan parutan jahe yang dioleskan langsung pada gigi.

Kunyit

Sifat abrasif ringan dari kunyit membantu menghilangkan noda dari gigi. Kunyit juga membuat gigi dan gusi lebih kuat dan bebas dari mikroba penyebab gigi berlubang. Oleskan bubuk kunyit pada gigi. Biarkan selama 2-3 menit dan kemudian bilas mulut sampai bersih. Sikat dengan pasta gigi biasa setelahnya.

4 dari 5 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Menggunakan Buah-buahan

Stroberi

Cara memutihkan gigi secara alami berikutnya bisa menggunakan stroberi. Hal ini karena Stroberi mengandung Vitamin C dan asam malat yang berfungsi untuk mengikis noda pada gigi, selain itu stroberi juga bermanfaat untuk mencegah sariawan, gusi berdarah dan membunuh bakteri dalam mulut.

Kamu bisa menggunakannya dengan menyiapkan buah stroberi secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu, tinggal mengoleskan pada gigi. Namun, kamu juga perlu mengatur waktu dalam menggunakannya agar tidak terlalu sering.

Apel

Asam malat merupakan salah satu zat alami yang banyak digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Layaknya stroberi, apel juga memiliki kandungan asam malat ini. Jadi, kamu bisa juga menggunakan apel untuk memutihkan gigi. Lakukan cara yang sama dengan cara memutihkan gigi dengan stroberi untuk mendapatkan hasilnya.

Lemon

Cara memutihkan gigi juga bisa menggunakan lemon. Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi kuning.

Cara menggunakannya cukup muda, peras 1 buah lemon, lalu masukkan air perasan ke dalam segelas air hangat. Setelah itu gunakan untuk berkumur. Lakukan 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang. Kamu juga bisa mencampurkan 1 sdm air perasan lemon dengan sejumput garam hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada gigi

Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang bisa membantu memutihkan gigi. Enzim ini akan membantu menghilangkan noda di permukaan gigi. Kamu bisa menggunakan pepaya muda yang mengandung lebih banyak papain pekat dan mengandung lebih sedikit gula. Caranya adalah cukup dengan mengunyahnya setiap hari.

Nanas

Nanas mengandung bromelain yang juga dapat memutihkan gigi. Sebuah penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung bromelain, enzim yang ditemukan pada nanas, secara signifikan lebih efektif menghilangkan noda gigi.

5 dari 5 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Menggunakan Daun dan Kulit Buah

Daun Salam

Daun salam kaya akan kandungan yang dapat menjaga kesehatan gigi secara efektif, termasuk menjadi cara memutihkan gigi. Minyak atsiri, sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol, hingga Vitamin A, B, C, D serta kalsium, zat besi, kalium dan magnesium adalah beberapa kandungan dalam daun salam.

Cara menggunakannya juga mudah saja, tumbuk halus daun salam, lalu campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Setelah itu, tinggal digunakan sebagai pasta gigi.

Kulit Jeruk

Zat pektin yang terdapat pada kulit jeruk dan juga minyak atsiri berguna sebagai cara gigi secara alami. Tidak hanya memutihkan gigi, kulit jeruk juga dapat menjaga kesehatan mulut.

Cara menerapkannya cukup mudah, keringkan kulit jeruk hingga benar-benar kering di bawah sinar matahari terlebih dahulu. Kemudian, tumbuk hingga halus. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta, lalu gunakan sebagai pasta gigi.

Kulit Pisang

Kulit pisang mengandung mineral seperti mangan dan kalium yang membantu memutihkan gigi. Potong kulit pisang menjadi potongan-potongan kecil. Ambil sepotong dan gosok bagian dalamnya pada gigi. Gosok dengan lembut ke seluruh gigi selama satu atau dua menit. Bilas mulut dengan air hangat. Lakukan ini sekali setiap hari atau setiap dua hari sekali.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah gigi seperti plak, infeksi, dan gusi bengkak. Flavonoid dan fenolnya menghilangkan stres oksidatif pada gigi yang bisa membuat gigi terlihat kuning.

Hancurkan daun jambu biji hingga membentuk pasta yang kasar. Gosokkan ini pada gigi dan biarkan selama satu atau dua menit. Bilas mulut dan gosok gigi seperti biasa. Ulangi ini setiap hari selama beberapa hari.