Sukses

28 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer, Cocok untuk Rekreasi Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Purwakarta bisa jadi pilihan untuk melepas penat. Purwakarta merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat. Tempat Wisata di Purwakarta didominasi oleh wisata alam pegunungan, bukit, dan danau.

Kabupaten Purwakarta berada pada titik-temu tiga koridor utama lalu-lintas yang sangat strategis, yaitu Purwakarta-Jakarta, Purwakarta-Bandung dan Purwakarta-Cirebon. Ini membuat banyak tempat wisata di Purwakarta jadi tujuan para pelancong. 

Salah satu tempat wisata di Purwakarta yang paling terkenal adalah waduk Jatiluhur. Di sekitarnya juga terdapat banyak tempat wisata di Purwakarta yang wajib dikunjungi.

Tempat wisata di Purwakarta bisa dikunjungi bersama keluarga untuk menghabiskan waktu berlibur. Berikut 28 tempat wisata di Purwakarta paling populer, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu(8/5/2021).

2 dari 9 halaman

Tempat wisata di Purwakarta

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur merupakan salah satu waduk terbesar di Indonesia. Menikmati ketenangan air yang berpadu dengan rindangnya pepohonan dan perbukitan di sekitar waduk memberikan efek rileks yang begitu menenangkan. Ada banyak pilihan spot foto keren yang bisa kamu abadikan, mulai dari rumah pohon, tangga berputar, ujung perahu hingga balkon yang menjorok di pinggir waduk.

Jatiluhur Water World

Jatiluhur Water World merupakan objek wisata keluarga dengan beragam wahana permainan air di dalamnya. Terdapat 4 kolam renang dengan berbagai macam ukuran yang bisa untuk berenang, dari kolam anak-anak hingga kolam untuk orang dewasa.

Tersedia juga wahana permainan seru yang cukup menantang, seperti Water Slide dengan ketinggian 7-11 meter, seluncuran dengan rute terpanjang 43 meter, lalu permainan Jet Sky bagi kamu yang belum pernah mencoba.

Waduk Cirata

Waduk Cirata adalah waduk yang terletak di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Bandung Barat. Waduk ini difungsikan sebagai pembangkit listrik.

Selain menjadi tempat pembangkit listrik, Waduk Cirata juga dipenuhi keramba jaring apung penghasil ikan dan menjadi tempat wisata, khususnya bagi penghobi memancing.

Situ Wanayasa

Situ Wanayasa punya latar belakang pemandangan Gunung Burangrang. Wisata alam Purwakarta ini ada di ketinggian sekitar 600 mdpl. Maka tidak heran jika salah satu tempat wisata di Purwakarta ini punya cuaca yang cukup sejuk dan cocok sebagai lokasi relaksasi.

3 dari 9 halaman

Tempat wisata di Purwakarta

Gunung Lembu

Gunung Lembu merupakan tempat wisata di Purwakarta yang sangat terkenal. ntuk mencapai puncak gunung, memang dibutuhkan tenaga ekstra karena Anda harus mendaki melalui tanjakan yang cukup curam. Setelah selesai proses pendakian, Anda akan disambut pemandangan alam yang sangat indah, serta bisa meliha lanskap Kota Purwakarta juga Waduk Jatiluhur dari ketinggian. Dari lokasi puncak gunung, Anda juga bisa menikmati momen matahari terbenam yang memanjakan mata.

Gunung Parang

Selain Gunung Lembu, Gunung Parang juga merupakan tempat wisata di Purwakarta yang patut dikunjungi. Di lokasi wisata ini, ada beragam aktivitas yang memacu adrenalin, salah satunya spot khusus bernama Badega Parang yang ditujukan untuk pencinta panjat tebing. Di area ini, terdapat besi-besi yang ditanam pada tebing sehingga Anda yang bukan pendaki profesional tetap bisa melakukan panjat tebing dengan aman.

Gunung Bongkok

Gunung Bongkok dikenal sebagai spot sunrise terbaik di Purwakarta. Puncak Gunung Bongkok ada di ketinggian kurang dari 1.000 mdpl dan relatif mudah didaki pemula. Saat di puncak gunung, ada dua spot yang bisa dipilih untuk menikmati pemandangan alam sekitar, yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpuk. Kedua spot ini cocok untuk berfoto dengan latar belakang lanskap Kota Purwakarta, Gunung Parang, serta Waduk Jatiluhur.

Bukit Panenjoan

Tempat wisata di Purwakarta memiliki pemandangan alam yang tersaji sangat memesona, dengan kombinasi perkebunan, gunung, bukit dan danau Juanda Jatiluhur sebagai latar belakangnya. Terdapat saung-saung khas Sunda untuk dijadikan tempat beristirahat.

Bukit Katumbiri

Katumbiri dalam bahasa Sunda berarti Pelangi, jadi destinasi ini juga bisa disebut bukit Pelangi. Salah satu objek wisata terbaru di Purwakarta yang dibuka sekitar awal tahun 2018. Di atas Bukit Katumbiri, terhampar luas pemandangan cantik, terasering unik hingga area perbukitan hijau.

4 dari 9 halaman

Tempat wisata di Purwakarta

Curug Cipurut

Curug Cipurut berada di tengah-tengah Gunung Burangrang Pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari perkampungan sekitar dan melewati area perkebunan teh. Sedikitnya terdapat tiga bagian curug, yaitu curug utama dengan ketinggian 25-30 meter yang terdapat di ujung tebing. Dua curug lainnya, jadi spot bersantai dan berseluncur ria karena bidang lebih landai.

Curug Suhada

Air terjun di Curug Suhada mengalir lewat tebing bebatuan dengan ketinggian sekitar 7 meter. Debit air curug ini tidak begitu deras dan cukup aman untuk dijadikan tempat bermain air atau berenang. Lokasi curug ini ada di Kampung Tajur, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukatani.

Curug Tilu

Tempat wisata di Purwakarta ini berada di Kampung Gunug Buleud, Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. Curug Tilu Purwakarta artinya air terjun yang mempunyai tiga undakan. Curug Tilu, memiliki daya tarik alam yang relatif belum terjamah banyak orang.

5 dari 9 halaman

Tempat wisata di Purwakarta

Desa Sejuta Batu

Desa Sajuta Batu merupakan destinasi alam yang menyajikan beragam objek wisata menarik dengan tetap mempertahankan kebudayaan lokal. Mulai dari wahana rekreasi, kuliner, hingga cagar budaya. Dinamakan sejuta batu karena tempat ini memiliki bermacam-macam batuan alam, dari yang terkecil hingga terbesar.

Desa Wisata Tajur

Kekayaan alam dan kearifan lokal menjadi sebuah hal istimewa yang tidak boleh kamu lewatkan di tempat wisata di Purwakarta satu ini. Kamu bisa tinggal di homestay, lalu ikut dalam berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti berkebun, membajak sawah, beternak dll. Sebuah pengalaman berharga yang akan membuat liburanmu semakin berkesan.

6 dari 9 halaman

Tempat wisata di Purwakarta

Hidden Valley Hills

Hidden Valley Hills destinasi wisata baru mengingat tempat ini baru saja rampung di bangun. Tempat wisata di Purwakarta ini memiliki banyak fasilitas yang bisa digunakan bersama keluarga. Seperti villa, skypool, serta resort. Meskipun tidak menginap, wisatawan bisa sekedar berkunjung untuk melakukan swafoto.

Hotel Gantung di Skylodge Padjadjaran Anyar

Hotel ini tergantung di pinggir tebing dengan ketinggian 500m. Dengan berselimut dinding kaca, dari hotel kapsul ini pengunjung bisa menikmati pemandangan alam nan indah khas Purwakarta 360 derajat. Ngopi pagi sambil menikmati detik-detik terbitnya mentari dari pinggir tebing pasti akan jadi pengalaman baru tak terlupakan. Untuk sampai ke hotel ini, pengunjung harus memanjat tangga besi terlebih dulu (ferrata) lalu menyebrang menggunakan tali baja.

The Colorville Alam Sari Wates

Berbagai fasilitas dan wahana permainan seru bisa kamu nikmati di sini. Mulai dari kolam renang, rumah pohon, ATV, flying fox, hingga spot foto unik yang instagramable. Selain itu objek wisata ini dilengkapi dengan upside down room yang membuat momen liburanmu semakin tak terlupakan.

 

7 dari 9 halaman

Tempat wisata di Purwakarta

Giri Tirta Kahuripan

Tempat wisata di Purwakarta satu ini memiliki daya tarik berupa skypool (kolam renang) di atas bukit dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Dari resort ini pengunjung disuguhkan dengan pemandangan alam Purwakarta dari ketinggian. Selain wahana skypool, resort ini juga dilengkapi dengan wahana lain seperti flying fox, ATV, sepeda air, dan lapangan futsal.

Mata Air Cijanun

Bermain air di sumber mata air alami akan memberikan efek segar dan rileks yang sesungguhnya. Deretan perbukitan hijau dan bebatuan unik di sisi kolam pun terlihat instagramable. Ditambah dengan area perbukitan yang bisa kamu nikmati sambil bermain air.

Sumber Air Panas Ciracas

Tempat wisata di Purwakarta ini berada sekitar 8 km dari Situ Wanayasa. Di sini terdapat 12 titik sumber air panas, namun beberapa di antaranya terdapat di sekitar pematang sawah milik warga setempat. Sumber air panas Ciracas ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti kulit, rematik, dan lainnya.

8 dari 9 halaman

Tempat wisata di Purwakarta

Urban Farming

Urban Farming Purwakarta merupakan salah satu wisata baru di mana pengunjung bisa menikmati atmosfer arsitektur rumah petani ala benua biru Eropa. Warna cat mencolok dengan tanaman gantung di depan pintu dan di bawah jendela seakan membuat kamu berada di benua Eropa bukan di Purwakarta.

Cikao Park

Cikao Park adalah lokasi indah baru yang sedang hits-hitsnya di Purwakarta. Di tempat wisata di Purwakarta ini terdapat Waterpark Bernuansa alam dan pantai, taman satwa dengan koleksi yang langka, bird park, minizoo, area bermain, gazebo, hingga lampion garden.

Pasir Langlang

Lokasi wisata alam ini adalah kompleks hutan pinus yang ada di Desa Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes. Jadi tidak heran apabila udara di lokasi wisata alam Purwakarta ini sangat sejuk.

Tanjakan Cinta

Tempat wisata di Purwakarta ini belum banyak diketahui masyarakat, namun menyuguhkan pemandangan alam yang menyejukkan mata. Destinasi ini terbilang murah meriah. Bahkan, tersedia spot foto kekinian yang bisa kamu nikmati untuk menghasilkan foto instagramable.

9 dari 9 halaman

Tempat wisata di Purwakarta

Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman air mancur ini adalah salah satu destinasi murah meriah di Kabupaten Purwakarta yang wajib kamu sambangi saat akhir pekan. Tata cahaya yang keren yang dipadukan dengan teknologi dan atraksi air mancur menjadi suguhan unik yang membuat suasana malam di Purwakarta semakin meriah.

Sentra Keramik Plered

Purwakarta dikenal sebagai daerah penghasil keramik berkualitas, bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Nah, sentra keramik Plered menjadi tempat wisata di Purwakarta yang juga populer dengan tingkat kunjungan wisatawan yang cukup tinggi.

Letaknya di Desa Arjun, Kecamatan Plered, yang berjarak sekitar 13 km dari pusat kota Purwakarta. Daya tarik tempat wisata ini tentu saja produk-produk kerajinan dari keramik seperti gerabah, porselain, dan terakota.

Museum Bale Panyawangan Diorama Nusantara

Museum Bale Panyawangan Diorama adalah museum di Purwakarta yang terhitung baru. Museum ini menampilkan diorama sejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah, kerajaan-kerajaan awal, perkembangan kerajaan islam, masuknya penjajahan/VOC, dan lain sebagainya.