Sukses

20 Wisata Batam Terpopuler yang Wajib Dikunjungi, Alam Lautnya Memesona

Liputan6.com, Jakarta Wisata Batam memiliki berbagai macam pesona yang menarik. Batam merupakan tujuan wisata tropis yang eksotis dan cocok dikunjungi dengan siapa saja. Tidak ada salahnya kamu menjadikan kota yang dikenal sebagai pintu masuk menuju ke Singapura ini menjadi tujuan liburan kamu dan orang terdekat.

Berada sangat dekat dengan Singapura, Batam merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau yang sangat terkenal dengan wisata belanjanya. Tidak hanya itu, dengan letak geografis berupa kepulauan dan dikelilingi oleh lautan, banyak juga wisata alam yang bisa kamu singgahi, terutama pulau dan pantai.

Wisata Batam bisa menjadi pilihan liburan yang menyenangkan. Kamu bisa menikmati wisata alam, wisata belanja, hingga mengunjungi berbagai landmark daerah yang ikonik. Batam cocok menjadi pilihan saat ingin melancong bareng teman-teman ataupun bersama keluarga. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai  sumber, Sabtu (8/5/2021) tentang wisata Batam.

2 dari 6 halaman

Wisata Batam Pulau

Pulau Petong

Bagi kamu yang ingin mencoba wahana snorkeling, ada wisata Batam yang bisa jadi tempat snorkeling seru, yaitu di Pulau Petong. Di tempat ini kamu bisa melihat keindahan pemandangan alam bawah laut yang cantik dan tak kalah dengan pemandangan laut di Bali dan Lombok.

Wisata Batam ini bisa jadi tempat berfoto ala diving atau snorkeling yang sedang hits digandrungi anak muda saat ini. Menyuguhkan terumbu karang yang warna-warni tentu saja tempat wisata di Batam ini tak boleh kamu lewatkan.

Pulau Abang

Pulau Abang merupakan pulau kecil yang menawarkan keindahan alam yang begitu memesona. Bahkan, panorawama bawah lautnya tidak kalah indah dengan lokasi wisata lainnya. Mulai dari gugusan karang yang cantik hingga adanya clown fish atau ikan nemo menjadi daya tarik tersendiri di wisata Batam satu ini. Lokasinya berada di Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Pulau Ranoh

Wisata Batam berupa kepulauan selanjutnya adalah Pulau Ranoh. Pulau Ranoh merupakan salah satu pulau dari gugusan pulau Abang, Batam. Pulau ini memiliki pasir pantai yang bersih dengan air laut yang jernih dan tenang sehingga kamu bisa melihat terumbu karang dengan aneka bentuk dan beragam ikan hias yang berwarna-warni. Di Pulau ini kamu bisa berlibur sambil menenangkan pikiran sejenak dengan berkemah.

Pulau Mubut

Pulau Mubut merupakan pulau tak berpenghuni yang memiliki nuansa asri pulau tropis yang alami. Lokasinya berada di Sembulang, Galang, Batam, Kepulauan Riau. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, seperti bersantai, menikmati sunset, hingga bermain air dan pasir putih adalah cara paling baik menikmati alam di Pulau Mubut.

Pulau Tunjuk

Wisata Batam selanjutnya adalah Pulau Tunjuk yang tak kalah indah dengan pulau-pulau lainnya di Batam. Pasir putih dan ombak yang tenang menjadi daya tarik utama pulau yang berlokasi di Pulau Tunjuk, Subangmas, Kota Batam, Kepulauan Riau. Momen terbaik mengunjungi pulau yang berada di tenggara Batam ini adalah saat pagi hari, sembari menikmati sunrise dari timur. Selain suasana pantai yang menyenangkan, kamu juga bisa mendapatkan panorama keindahan alam Batam di sini.

3 dari 6 halaman

Wisata Batam Pantai

Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir merupakan pantai indah yang memiliki pasir putih. Dari pantai ini kamu bisa mengintip keindahan Singapura dengan gedung-gedung pencakar langitnya dari kejauhan. Tidak hanya itu, pada momen tahun baru, kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk melewati pergantian tahun di tempat ini sambil melihat pemandangan di negeri seberang.

Pantai Elyora

Tidak kalah indah dengan Pantai Tanjung Pinggir, pantai Elyora ini juga memiliki panorama yang tak kalah menakjubkan. Lokasinya berada di Galang Baru, Galang, Batam, Kepulauan Riau. Salah satu spotnya bahkan menjadi sangat ikonik karena menghadirkan pemandangan yang Instagrammable.

Pantai Marina

Pantai Marina merupakan wisata Batam yang terletak di dalam sebuah resort mewah, Marina Water Front City. Tempat ini cocok dijadikan sebagai lokasi untuk melepas kepenatan dan merelaksasi beban pikiran. Tempat ini juga cocok untuk bersantai sambil menikmati keindahan pantai. Kamu bisa menjadikan Pantai Marina ini menjadi salah satu destinasi tujuan wisata bersama keluarga.

Pantai Viovio

Pantai Viovio merupakan pantai yang sangat lengkap. Alamnya cantik, air lautnya jernih dan pasir putihnya sangat. Pantai yang terletak di Pulau Galang ini punya banyak lokasi cantik untuk dinikmati. Bukan hanya ayunan laut seperti yang ada di Gili Trawangan, secara keseluruhan, Pantai Viovio cukup Instagenik untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Sijantung, Galang, Batam, Kepulauan Riau.

4 dari 6 halaman

Wisata Batam Monumen

Welcome to Batam

Wisata Batam yang wajib kamu kunjungi tentunya adalah ikon Kota Batam, yaitu tulisan ‘Welcome to Batam’.  Tulisan ini dapat kamu lihat di sebuah bukit bernama Bukit Clara yang menghadap ke Terminal Feri Internasional Batam Centre.

Tulisan ini salah satu tempat wisata di Batam karena menjadi simbol tempat tersebut. Kamu bisa selfie dengan latar belakang yang bertuliskan ‘Welcome to Batam’ bersama keluarga dan teman-temanmu. Berfoto dengan latar belakang ikon Kota Batam satu ini tentunya tidak boleh kamu lewatkan.

Jembatan Barelang

Jembatan Barelang adalah tempat wisata Batam yang memberikan pemandangan nan indah. Jembatan ini berlokasi sekitar 20 km dari pusat kota Batam. Keindahan Jembatan Balerang yang mirip dengan Golden Gate Bridge di San Fransisco ini cocok bagi kamu yang ingin berfoto dengan tema romantis. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Batam ini pada pagi atau sore hari sehingga kamu bisa menangkap momen matahari terbit dan matahari terbenam dengan jelas dari tempat tersebut.

Masjid Muhammad Cheng Hoo

Tempat wisata Batam dengan nuansa religi yang bisa kamu kunjungi adalah Masjid Muhammad Cheng Hoo. Masjid ini berlokasi di Tj. Bantung, Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau. Kamu bisa mengambil foto di sini karena arsitektur Masjid Muhammad Cheng Hoo sangat unik.

Masjid ini memiliki unsur budaya Tiongkok dengan mayoritas catnya berwarna merah dan beberapa ornamen bertuliskan huruf Tiongkok. Selain bisa berwisata religi, di sini kamu bisa berfoto bersama keluarga dan teman-teman.

Alun-Alun Engku Putri

Hampir setiap kota memiliki alun–alun, tak terkecuali di Batam. Terdapat alun-alun bernama Alun-alun Engku Putri yang menjadi tempat wisata di Batam dikunjungi banyak wisatawan.

Berlokasi di Jalan Engku Putri, Teluk Tering, Kota Batam memiliki bentuk dan arsitektur yang dikelilingi oleh gedung-gedung perkantoran yang tinggi dan suasana yang ramah. Tak hanya dikelilingi gedung perkantoran, Alun-alun Engku Putri juga dikelilingi tempat ibadah di sekitarnya.

5 dari 6 halaman

Wisata Alam Lainnya

Telaga Bidadari

Telaga Bidadari merupakan salah satu tempat wisata Batam yang masih tergolong belum banyak tersentuh oleh wisatawan. Lokasinya berada di dalam hutan Pancur dengan suasana alam yang sangat asri dan alami. Telaga ini memiliki air yang jernih dan segar.

Batam Forest Top

Di Forest Top kamu bisa memanjat pohon, bergelayutan, merayap, dan berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya tentu sangat seru. Ada sekitar 15 permainan bagi kamu yang suka bergelantungan. Dari Tarzan Swing, Post Man, Tandem Rope hingga Flying Fox. Lokasinay sendiri berada di Bukit Harimau, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau.

Bukit Tanjung Uma

Bukit Tanjung Uma merupakan spot untuk menikmati alam Batam yang eksotis. Melihat panorama alam yang ditawarkan saat dilihat dari ketinggian, Bukit Tanjung Uma memang menyuguhkan panorama yang begitu menawan. Kota Batam dan sekitarnya dari ketinggian terlihat jauh lebih menarik, terutama ketika dilihat saat malam, yang dipenuhi cahaya lampu kota. Lokasinya berada di Tanjung Tritip, Tanjung Uma, Batam, Kepulauan Riau.

Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

Lokasinya di Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau cukup tersembunyi, tapi dari tempat ini kamu bisa menyaksikan keindahan Batam dari sisi yang berbeda, terutama dari ketinggian. Kamu akan melihat banyak pepohonan di sekeliling, yang menghadirkan atmosfer sejuk bagi pengunjungnya. Tidak hanya itu saja, dari ketinggian, kamu bisa melihat banyak kapal yang berlalu lalang di lautan. Pemandangan gedung-gedung pencakar langit di Singapura juga bisa kamu lihat dengan cukup jelas. 

6 dari 6 halaman

Wisata Batam Belanja dan Hiburan

Nagoya Hill

Bagi kamu yang gemar berbelanja, tentunya tidak sah jika tidak berbelanja di kota yang memang terkenal dengan kota belanja ini. Ada salah satu tempat wisata di Batam yang akan memanjakan keinginanmu untuk belanja, yaitu di Nagoya Hill.

Pusat perbelanjaan terbesar di kota ini memiliki konsep unik yaitu konsep one stop travel shopping. Tak hanya dipadati oleh masyarakat Indonesia saja, namun tempat wisata Batam ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dari Singapura dan Malaysia.

Kamu bisa menemukan berbagai jenis barang di Nagoya Hill mulai dari barang-barang elektronik, pakaian, kebutuhan rumah tangga, peralatan olahraga, tas branded, parfum, make up dan masih banyak lagi. Tempat ini juga menyediakan Nagoya Hill Food Street yang bisa kamu jadikan tujuan wisata kuliner.

Mega Wisata Ocarina Park

Berlokasi di Sadai, Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau, Mega Wisata Ocarina Park merupakan salah satu wisata Batam yang wajib kamu kunjungi. Kamu bisa menikmati berbagai acara musik yang sering diadakan di tempat ini. Mega Wisata Ocarina Park juga menyuguhkan pemandangan pantai yang menakjubkan. Selain itu, tempat wisata di Batam ini pula kamu bisa menikmati berbagai wahana pemainan. Seperti Kiddy Land, Movie Theater, Flying Fox dan Giant Wheel.

Sea Forest Adventure

Tempat wisata Batam ini berlokasi di Nuvasa Bay, Nongsa. Sea Forest Adventure merupakan tempat wisata yang cocok bagi para pecinta aktifitas outdoor, permainan, dan petualangan. Tempat wisata yang dibangun di lahan seluas 10 hektare ini memiliki konsep nature, adventure, dan survival science. Kamu juga bisa menggunakan fasilitas berupa Gathering Facility, Camping Ground, Land Adventure, hingga Sea Adventure.