Sukses

Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak Secara Online, Kenali Langkah Mudahnya

Liputan6.com, Jakarta Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak bisa dilakukan secara online. Langkah-langkahnya pun sangat mudah, karena kamu tidak perlu lagi ke kantor cabang BPJS Kesehatan. Kamu bisa memeriksa status kepesertaan tersebut hanya melalaui website maupun aplikasi.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa cek status BPJS Kesehatan kamu hanya dengan mengirim SMS serta menghubungi Call Center. Jadi hanya dengan berdiam diri di rumah dan menggunakan smartphone, kamu bisa cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak.

Cara cek BPJS Kesehatan sudah semakin mudah sekarang ini. Walaupun langkah-langkah online sudah bisa kamu terapkan dengan mudah, mengecek status kepesertaan ke kantor cabang tetap bisa kamu lakukan. Tentunya dengan datang langsung kamu juga lebih leluasa untuk bertanya perihal BPJS Kesehatan ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/5/2021) tentang cara cek BPJS kesehatan.

2 dari 6 halaman

Cara Cek BPJS Kesehatan di Website

Cara cek BPJS Kesehatan secara online yang pertama bisa dengan membuka website resmi BPJS Kesehatan, yaitu pada BPJS Checking. Mengunjungi laman BPJS Kesehatan ini bisa membuatmu mengetahui status kepesertaan.

Berikut cara cek BPJS Kesehatan melalui website BPJS Checking:

1. Kunjungi laman https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ 

2. Isi kolom yang tertera pada laman tersebut.

3. Isilah mulai dari nomor kartu BPJS, tanggal lahir serta angka validasi yang telah tertera di layar.

4. Setelah terisi semua, klik pilihan 'Cek'.

5. Situs BPJS Kesehatan akan menampilkan semua informasi terkait kepesertaan. Mulai dari identitas, status kepesertaan, jenis keanggotaan hingga jumlah tanggungan anggota keluarga.

6. Pada bagian bawah, akan tertera daftar tagihan beserta tanggal pembayarannya tiap bulan.

3 dari 6 halaman

Cara Cek BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi

Cara cek BPJS Kesehatan secara online juga bisa menggunakan aplikasi. Melalui aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan, kamu bisa mengecek status kepesertaan melaui smartphone kamu. Jadi, cara cek BPJS Kesehatan di smartphone ini mengharuskan kamu untuk mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Play Store.

Berikut cara cek BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN:

1. Unduh aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan di Google Play Store atau App Store.

2. Buka aplikasi yang telah terpasang di smartphone kamu.

3. Kamu akan menemukan form login dan meminta nomor kartu BPJS atau email aktif dan password.

4. Bila sudah pernah mendaftar aplikasi ini, silakan langsung mengisi form  dan klik 'login'. Jika belum pernah mendaftar, klik 'Register'.

5. Isi form pendaftaran yang tertera di halaman. Mulai dari nomor BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama depan ibu kandung, email, nomor ponsel serta password. Isi alamat email dan nomor ponsel yang sesuai dengan data saat mendaftar BPJS Kesehatan.

6. Klik 'Register' dan kamu akan menerima form verifikasi yang perlu diisi dengan kode angka unik. Kode unik tersebut akan dikirimkan ke alamat email yang terdaftar.

7. Buka pesan masuk dari BPJS Kesehatan di email, salin kode unik dan masukkan ke dalam form verifikasi.

8. Klik 'Verify', dan kamu akan masuk ke dalam menu utama, di mana tertera beberapa fitur Mobile JKN.

9. Pilih menu 'Peserta' untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan.

Di sini kamu bisa menemukan informasi terkait keanggotaan BPJS Kesehatan diri sendiri beserta anggota keluarga yang menjadi tanggungan. Selain itu, di aplikasi ini kamu juga bisa melihat tagihan iuran BPJS Kesehatan tiap bulannya.

4 dari 6 halaman

Cara Cek BPJS Kesehatan Melalui Call Center

Cara cek BPJS Kesehatan selanjutnya yaitu dengan BPJS call center. Kamu bisa menghubungi nomor call center 1500 400. Nantinya, kamu akan terhubung dengan pusat Customer Service BPJS Kesehatan yang siap mengatasi keluhan serta pertanyaan selama 24 jam.

Di sini, kamu juga bisa menanyakan status kepesertaan BPJS Kesehatan. Jangan lupa untuk menyiapkan  nomor BPJS Kesehatan dan nomor KTP kamu sebelum menghubungi Call Center.

5 dari 6 halaman

Cara Cek BPJS Kesehatan Melalui SMS

Cara cek BPJS Kesehatan juga bisa menggunakan SMS. Adapun, berikut beberapa format SMS yang bisa digunakan untuk mencari status keanggotaan:

- Menggunakan NIK (Nomor Kependudukan) di KTP.

- Menggunakan NOKA (Nomor Kartu BPJS Kesehatan).

- Menggunakan NIP (Nomor Induk Pegawai).

Kamu tinggal pilih salah satu dari tiga format di atas, kemudian kirimkan format tersebut ke nomor 08777-5500-400. Setelah itu, kamu tingga menunggu hingga mendapatkan balasan dari BPJS Kesehatan.

6 dari 6 halaman

Cara Cek BPJS Kesehatan Langsung

Cara cek BPJS Kesehatan tentunya juga bisa dilakukan secara langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan. Kamu tinggal melapor pada petugas yang ada dan menanyakan segala hal terkait BPJS Kesehatan kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi BPJS Mobile Customer Service, berupa kendaraan roda empat yang disediakan oleh BPJS Kesehtatan. Hal ini tentunya sangat berguna bagi masyarakat yang jauh dari kantor cabang BPJS Kesehatan.