Sukses

Komik adalah Seni Gambar Tidak Bergerak yang Bercerita, Pahami Jenis-Jenis dan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Pengertian komik adalah kumpulan gambar yang berjajar dengan sedikit teks dan mampu mengungkap cerita. Komik adalah bagian dari seni gambar tidak bergerak. Komik bukan sekadar karya sastra, tetapi bagian dari seni.

Seorang komikus harus bisa membuat cerita singkat dan ilustrasi gambar yang mudah dimengerti serta dinikmati pembacanya. Komik adalah ada yang komersil dengan isi sederhana dan untuk pendidikan dengan isi informatif. Komik pendidikan tak sekadar hiburan, tetapi bagian dari upaya mendidik penikmatnya.

Istilah komik adalah sesuai asal katanya, dekat dengan sesuatu yang receh dan humor. Akan tetapi komik tak cuma humor, komik terdiri dari hal-hal receh sampai serius yang berbau ilmiah. Berikut Liputan6.com ulas penjelasan tentang komik lebih jauh dari berbagai sumber, Minggu (9/5/2021).

2 dari 6 halaman

Pengertian Komik Menurut Para Ahli

Franz & Meier (1994: 55)

Komik adalah suatu cerita yang menekankan pada sebuah gerak dan tindakan melalui urutan gambar yang dibuat penulis komik secara khas lengkap dengan paduan kata-katanya.

Hurlock (1978)

Komik adalah media yang dapat memberikan model untuk meningkatkan dan mengembangkan kepribadian anak. Komik pun termasuk sarana komunikasi, sarana menyampaikan cerita, pesan, dan hal-hal yang berbau ilmiah seperti genre sastra anak yang lainnya.

M.S.Gumelar (2011: 7)

Komik adalah urutan-urutan gambar yang sudah ditata sesuai tujuan dan filosofi penulisnya. Ini membuat pesan cerita dalam komik dapat tersampaikan. Komik adalah cenderung diberi lettering yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan.

Sudjana dan Rifai (2011)

Komik adalah dapat dijadikan sebagai bahan ajar. Komik dapat membuat efektif proses belajar mengajar, meningkatkan minat belajar siswa, dan menimbulkan minat apresiasi siswa.

Scott McCloud (2002:9)

Komik adalah kumpulan gambar dengan fungsi menyampaikan informasi atau menghasilkan respon estetik bagi penikmatnya. Seluruh teks cerita dalam komik tersusun rapi dan saling berhubungan antara gambar (lambang visual) dengan kata-kata (lambang verbal) yang disajikan penulisnya.

Daryanto (2010: 27)

Komik adalah sajian cerita dengan seri gambar yang lucu. dan selalu berhasil memikat penikmatnya. Komik adalah menyediakan cerita-cerita sederhana, mudah ditangkap, dan dipahami. Komik biasanya sangat digemari anak-anak maupun orang dewasa.

3 dari 6 halaman

Mengenal Komik Lebih Jauh

Komik adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani “komikos” yang artinya bercanda atau bersuka cita. Inilah mengapa komik adalah karya tulis yang masih berkaitan secara langsung dengan cerita humor.

Meski sebenarnya, komik adalah bisa berupa hal receh sampai serius yang berbau ilmiah. Komik adalah seni gambar yang tidak bergerak, tetapi rangkaian gambar dan teks singkat dalam komik sudah lebih dari cukup menguatkan isi cerita komik.

Scott McCloud dalam buku Understanding Comics: The Invisible Art (1993), yang dikutip oleh M.S. Gumelar (2011: 6), “Justaposed pictoral and other images in deliberate sequence, intended to convey information and/or produce an aesthhetic response in the reader.”

Dijelaskan bahwa komik adalah gambar yang diurutkan sengaja untuk menyampaikan informasi secara jelas dan mampu menarik perhatian pembaca. Jenis-jenis komik adalah ada dua macam menurut Daryanto, yakni komersial yang sederhana dan pendidikan yang informatif.

4 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Komik

Jenis-Jenis Komik adalah dari Bentuk Fisik

1. Komik Buku

Komik buku adalah satu dari jenis-jenis komik yang sudah cukup tua. Jenis komik yang berbentuk buku di dalamnya menampilkan cerita utuh. Umumnya, jenis komik satu ini berseri dan satu judul buku komik sering muncul seperti tidak ada habisnya. Kemudian, jenis komik ini juga kerap tidak ada kaitan peristiwa atau konflik dengan komik sebelumnya.

2. Komik Online

Jenis komik ini sudah banyak ditemukan terutama di internet. Bahkan, saat ini sudah banyak komikus berbakat yang mengembangkan kegemarannya di situs online tersebut.

3. Komik Strip

Komik strip adalah biasanya hanya terdiri dari beberapa panel gambar saja, akan tetapi isinya sering mengungkap sebuah gagasan yang utuh. Umumnya, komik strip juga hanya melibatkan satu fokus pembicaraan serta gagasan yang disampaikan umumnya tidak terlalu banyak.

Jenis-Jenis Komik adalah dari Genre

1. Komik Non-Fiksi

Jenis komik ini seperti buku non-fiksi lainnya, komik non-fiksi juga di dalamnya bercerita tentang kisah nyata yang membahas pengalaman kehidupan sehari-hari. Kendati demikian, komik non-fiksi tidak serta merta sama seperti buku biografi yang bertele-tele.

Biasanya, saat sebuah cerita non-fiksi disertai dengan seni, ceritanya dapat jauh lebih dalam dan juga berkesan. Beberapa judul komik non-fiksi tersebut seperti Fun Home, The Complete Persepolis, Maus: A Survivor's Tale, dan lainnya.

2. Komik Fiksi Ilmiah

Biasanya jenis komik fiksi ilmiah melibatkan pembangunan dunia futuristik. Di mana kisah yang ada di dalamnya selalu menekankan pada perjalanan waktu, eksplorasi ruang angkasa, alien, serta teknologi canggih.

Kemudian, umumnya jenis komik fiksi ilmiah juga membahas masa depan umat manusia, apakah masa depan itu adalah distopia yang sedang runtuh, atau dunia yang dipenuhi dengan kemajuan.

Ada beragam jenis komik fiksi ilmiah yang bagus bisa ditemukan di pasaran. Beberapa judul komik fiksi ilmiah yang bisa kamu baca di antaranya Saga, Paper Girls, The Incal, dan komik fiksi ilmiah lainnya.

3, Komik Superhero

Kemudian, salah satu dari sekian banyak jenis-jenis komik yang laris manis di pasaran yaitu genre superhero. Sangat mudah untuk melihat kenapa jenis komik genre ini jadi begitu populer di dunia. Sebab, jenis komik satu ini selalu menghadirkan cerita dengan ilustrasi gambar yang apik.

Pasalnya, siapa yang tidak ingin membayangkan keberadaan manusia super yang bisa terbang, menembak jaring laba-laba, atau berlari dengan kecepatan cahaya? Semua orang ingin menjadi pahlawan super, melawan orang jahat, serta menyelamatkan kota.

Hal inilah yang menjadi plot dari sebagian besar komik superhero. Tentunya, judul komik ini sangat mudah ditemukan dan cukup terkenal, sebut saja, Superman, Spiderman, Flash, Batman, dan lain sebagainya

4. Komik Misteri

Mungkin satu dari jenis-jenis komik berdasar genre ini sudah tidak asing dan cukup banyak penggemarnya. Komik misteri ini memang selalu berhasil membuat pembaca penasaran.

Pasalnya, tokoh dan dialog di dalamnya secara terus-menerus akan menantangmu untuk memecahkan pertanyaan terbesar dalam cerita. Saat membaca jenis komik ini, kamu juga akan merasa sedang mengartikan dan mencoba memecakan kejahatan atau anomali dalam cerita.

Di pasaran, ada beragam contoh komik dengan genre misteri yang populer di dunia, seperti Blacksad, My Favorite Thing Is Monsters, The Fade Out, dan masih banyak lagi. Beberapa komik misteri tersebut juga menjadi bacaan wajib bagi kamu yang menyukai komik misteri.

5 dari 6 halaman

Contoh Komik Lucu yang Singkat Si Juki

Si Juki adalah komik karya Faza Ibnu Ubaidillah yang lebih dikenal dengan nama terkenal Faza Meonk. Komik ini mengisahkan seorang mahasiswa usil, tidak tahu malu, jorok, kreatif dan selalu beruntung bernama Si Juki.

Komik Si juki dikemas denagn sangat baik dan menghibur, dengan mengangkat isu-isu ringan yang terjadi dimasyrakat. Dalam membuat komik Si juki, komikusnya Faza Meonk tidak hanya ingin membuat untuk sekedar lucu-lucuan saja, tapi juga sebagai sarana penyampai pesan moral kepada masyarakat.

Sampai saat ini Si Juki telah hadir dalam 7 buku, selain itu baru-baru ini Si Juki bisa dibaca di aplikasi Webtoon meski serialnya telah selesai.

6 dari 6 halaman

Contoh Komik Lucu yang Singkat Tahilalats

Lewat komik stripnya, Tahilalats sukses menarik perhatian para pengguna media sosial sebagai komik lucu singkat yang seru dibaca. Adalah Nurfadli Mursyid, ilustrator di balik jokes receh yang biasa kita nikmati di Tahilalats.

Nama tersebut ia pilih karena sesuai dengan tahi lalat yang ia miliki di bagian dagu. Memulai debut pada 2014 di Instagram, komik yang dibuat oleh Nurfadli amat singkat.

Komik strip yang ia buat biasanya hanya terdiri dari 4 panel berbentuk persegi, dalam 1 halaman. Instagram menjadi media yang ia pilih untuk menyalurkan karyanya.

Keputusan yang ia ambil ternyata tepat. Lewat Instagram, komiknya berhasil menyita perhatian banyak orang. Hingga kini, akun Instagram @tahilalats telah diikuti oleh 2,6 juta pengikut.

Kesuksesan komik strip tahilalats diikuti oleh akun lain yang mengunggah komik strip pula. Tahilalats makin melebarkan sayapnya. Tak hanya hadir dalam bentuk komik strip di WEBTOON, tapi juga mengisi konten kommik di media sosial berbasis chatting, LINE.