Sukses

25 Cara Menghilangkan Keputihan Berlebihan, Organ Kewanitaan Kembali Sehat

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan keputihan berlebihan bisa di mulai dengan menjaga kebersihan organ kewanitaan. Penyebab utama keputihan abnormal yang berlebihan adalah infeksi bakteri, jamur, dan kelainan. Keputihan abnormal ditandai dengan bau, gatal, panas, dan warnanya kuning, hijau, sampai cokelat. 

Selain menjaga kebersihan, cara menghilangkan keputihan berlebihan bisa mengandalkan makanan dan minuman kaya probiotik, vitamin C, serta sayur hijau. Ketiganya mampu menumbuhkan bakteri baik di usus sekaligus vagina. Hingga pertumbuhan bakteri dan jamur berlebihan di vagina bisa dikontrol.

Bila tidak suka makanan dan minuman yang sudah disebutkan, cara menghilangkan keputihan berlebihan bisa pakai tanaman herbal. Ada daun sirih, daun sambiloto, kunyit, sampai bawang putih. Untuk merasakan manfaat tanaman herbal ini, cukup rebus dan jadikan pembersih vagina.

Agar cara menghilangkan keputihan berlebihan biasa lebih aman, lakukan juga konsultasi berkala dengan ahlinya. Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan keputihan berlebihan dari berbagai sumber, Minggu (9/5/2021).

2 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Keputihan Berlebihan

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Yoghurt

Yogurt adalah probiotik alami dengan bakteri sejati di dalamnya, cocok dijadikan cara menghilangkan keputihan berlebihan. Menurut Mayo Clinic, mengonsumsi yogurt dapat membantu memasukkan kembali bakteri sehat ke dalam tubuh. Ini membantu membangun lingkungan vagina yang seimbang, dan dapat membantu melawan bakteri jahat. Untuk mengatasi keputihan akibat bakteri, jamur, atau organisme lain cobalah untuk mengonsumsi setidaknya satu porsi yogurt setiap hari.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Suplemen Probiotik

Sumplemen ini baik dijadikan cara menghilangkan keputihan berlebihan. Menurut sebuah studi tahun 2014, terdapat bukti bahwa mengonsumsi suplemen probiotik setiap hari dapat membantu mengobati dan mencegah vaginosis bakteri. Minum probiotik setiap hari membantu mengobati dan mencegah kasus vaginosis bakteri di masa mendatang.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sifat antijamur. Ini baik dijadikan cara menghilangkan keputihan berlebihan. Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif melawan C. albicans. Minyak kelapa bisa menjadi bahan rumahan untuk mengatasi keputihan akibat infeksi jamur. Pastikan untuk membeli minyak kelapa organik murni. Anda bisa mengoleskan minyak langsung ke area yang terkena.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antimikroba alami. Sifat ini baik dijadikan cara menghilangkan keputihan berlebihan. Cuka sari apel bisa digunakan untuk berendam di bak mandi hangat. Cuka harus diencerkan dengan air sebelum menyentuh kulit. Komponen asam cuka dapat menghilangkan mikroorganisme berbahaya, termasuk ragi.

3 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Keputihan Berlebihan

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai antijamur dan antibiotik. Cara menghilangkan keputihan berlebihan telah lama digunakan terutama untuk vaginosis bakteri. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi tablet suplemen bawang putih bisa menjadi pilihan untuk mengobati vaginosis bakteri. Bawang putih bisa dikonsumsi dalam makanan sehari-hari.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Vitamin C

Vitamin C adalah penguat sistem kekebalan. Sistem kekebalan yang kuat memungkinkan tubuh untuk kembali seimbang. Vitamin C (juga disebut asam askorbat) memiliki komponen antimikroba. Cara menghilangkan keputihan berlebihan dengan vitamin C bisa membantu mengatasi keputihan akibat bakteri, virus, atau jamur. Wanita bisa mengonsumsi viramin C untuk mengatasi keputihan. Tapi, hindari mengoleskan vitamin C yang bersifat asam ke jaringan vagina yang sensitif.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Menghindari Douche

Douche adalah produk pembersih vagina berupa cairan yang dikemas dalam botol bertutup corong semprotan. Produk ini digunakan untuk membersihkan vagina. Beberapa wanita melakukan douche karena mereka percaya itu membuatnya lebih bersih.

Padahal proses ini bisa mengganggu keseimbangan alami bakteri di vagina dan meningkatkan kemungkinan infeksi. Menurut Mayo Clinic, vagina membersihkan diri dan douching hanya membuang lingkungan alami di dalam vagina. Inilah mengapa menghindarinya adalah cara menghilangkan keputihan berlebihan yang tepat.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Sering Mengganti Pembalut

Cara menghilangkan keputihan berlebihan adalah saat haid sering-seringlah mengganti pembalut. Gantilah pembalut atau tampon beberapa kali sehari selama menstruasi. Semua ini akan membantu menyelesaikan kasus vaginosis bakterial secepat mungkin.

4 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Keputihan Berlebihan

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Biji Fenugreek

Biji fenugreek mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Biji fenugreek berasal dari tanaman dengan nama yang sama yaitu fenugreek atau bisa juga disebut dengan klabet. Biji fenugreek dapat membantu meningkatan jumlah pH pada miss V Anda.

Cara menghilangkan keputihan berlebihan di rumah bisa menggunakan biji ini. Caranya dengan merendam 1 sdm biji fenugreek dalam air hangat seharian penuh. Lalu saring airnya kemudian minum. Minum air biji fenugreek secara rutin setiap hari setiap sebelum sarapan.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Daun sambiloto

Daun sambiloto dapat dijadikan cara menghilangkan keputihan berlebihan. Caranya sama dengan mengkonsumsi daun sirih. Yaitu dengan merebus daun sambiloto dengan air lalu meminumnya.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Kunyit

Kandungan zat anti-bakteri pada kunyit dapat membantu menghilangkan keputihan membandel pada miss V. Anda hanya perlu meminum air perasan kunyit yang telah diparut setiap hari. Minum 2 kali dalam sehari. Rutin minum perasan kunyit setiap hari agar keputihan segera teratasi. Berikut cara menghilangkan keputihan berlebihan:

1. Kuliti dan bersihkan 2 buah kunyit

2. Parut kunyit

3. Peras sarinya dengan menambahkan air

4. Tambahkan 1 sdm madu

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Daun Sirih

Cara menghilangkan keputihan berlebihan bisa menggunakan daun sirih. Buktinya adalah dengan banyaknya produk pembersih miss V yang menggunakan ekstrak sirih.

Zat dalam daun sirih juga bersifat sebagai antibakteri dan ant ijamur. Cara menghilangkan keputihan berlebihan dengan sirih pun mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air hanya tinggal setelah. Minum air rebusan daun sirih setiap hari.

5 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Keputihan Berlebihan

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Keju Parmesan

Keju parmesan termasuk makanan tinggi probiotik yang baik untuk pencernaan. Hal inilah yang menjadikan keju parmesan cocok dijadikan cara menghilangkan keputihan berlebihan. Bakteri baik yang dihasilkan di usus juga akan berdampak pada vagina.

Bakteri yang dihasilkan melalui makanan ini akan menghasilkan asam laktat di vagina maupun saluran pencernaan. Asam laktat ini yang akan berperan menjaga pH vagina dan menjauhkannya dari infeksi berbagai macam bakteri jahat.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Jambu Biji

Jambu biji adalah buah yang mengandung vitamin C paling tinggi. Jambu biji mengandung lebih dari 200 mg vitamin dalam satu buahnya, melebihi kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk. Kandungan vitamin C dalam jambu biji inilah yang membuatnya cocok dijadikan cara menghilangkan keputihan berlebihan. Vitamin C dapat menghambat infeksi jamur dan bakteri pada vagina. Begitu juga mampu menghindarkan dari bau menyengat vagina.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Kangkung

Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan mengonsumsi olahan kangkung, bisa membuat ngantuk. Padahal sayur hijau seperti kankung ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk organ kewanitaan. Salah satunya cocok dijadikan sebagai cara menghilangkan keputihan berlebihan.

Sayur kangkung memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak seperti vitamin A dan vitamin C. Selain itu, ada juga vitamin B kompleks yang berguna untuk meningkatkan hormon sehingga mampu menciptakan suasana nyaman. Sementara vitamin C yang dimilikinya bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab keputihan.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Kimchi

Kimchi merupakan makanan sehat yang mengandung probiotik dalam bentuk olahan sayuran kubis dan bawang putih. Kimchi dengan probiotik tinggi ini sangat baik untuk pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan sekaligus vagina. Inilah mengapa cocok dijadikan cara menghilangkan keputihan berlebihan.

Bakteri baik dalam vagina dalam jumlah banyak akan menekan bakteri jahat yang bisa menyebabkan infeksi. Kimchi terbuat dari sayuran kol yang difermentasikan tak hanya mengandung probiotik, tetapi juga vitamin, mineral, dan antioksidan. “Journal of Medicinal Food” tahun 2014 menyebut kimchi dapat membantu melindungi tubuh dari kanker, obesitas, dan konstipasi sembari menurunkan kolesterol, meningkatkan fungsi otak dan daya tahan tubuh, bahkan menawarkan manfaat antipenuaan.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Pepaya

Setengah buah pepaya mengandung kurang lebih 94 mg vitamin C. Vitamin C dalam pepaya sangat baik untuk menghambat infeksi jamur dan bakteri pada vagina. Hal inilah yang menjadikan buah pepaya cocok dijadikan sebagai cara menghilangkan keputihan berlebihan.

Selain vitamin C, buah pepaya juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin B kompleks (seperti asam folat, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1), kalium, dan kalsium. Karena kandungannya ini pepaya bermanfaat untuk memperlancar pencernaan (serat), dan membantu metabolisme tubuh (vitamin B kompleks).

6 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Keputihan Berlebihan

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Tempe

Proses fermentasi pada pembuatan tempe menghasilkan zat asam fitat. Zat asam ini menandakan bahwa tempe tinggi probiotik. Probiotik dalam tempe dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan penyerapan dalam usus.

Tak heran jika tempe juga cocok dijadikan sebagai cara menghilangkan keputihan berlebihan. Hal ini disebabkan karena bakteri baik dalam usus juga turut menciptakan asam yang baik untuk menjaga pH vagina. Sekaligus memperbanyak jumlah bakteri baik, sehingga bakteri jahat bisa ditekan keberadaannya di vagina.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Stroberi

Setengah gelas (125 ml) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tetapi stroberi tetap mempunyai manfaat banyak bagi tubuh. Vitamin C dalam buah ini sangat baik untuk menghambat infeksi jamur dan bakteri.

Cocok dijadikan sebagai cara menghilangkan keputihan berlebihan. Selain vitamin C, stroberi juga mengandung antosianin dan asam ellagic. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi stroberi dapat membantu mencegah dari kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit saraf.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Sauerkraut

Sauerkraut atau kol asam adalah makan khas Jerman yang terbuat dari kubis yang diiris halus. Kol ini lalu difermentasi oleh berbagai bakteri asam laktat seperti Leuconostoc, Lactobacillus, dan Pediococcus.

Sauerkraut mampu menjaga keseimbangan pH vagina karena bakteri asam laktatnya. Bakteri ini juga bisa membantu menekan pertumbuhan bakteri jahat di vagina. Jadi memang efektif dijadikan sebagai cara menghilangkan keputihan berlebihan.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Mangga

Kandungan vitamin C dalam buah mangga adalah sebesar 29 mg. Vitamin C dalam buah mangga ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur dalam vagina, sehingga efektif dijadikan cara menghilangkan keputihan berlebihan.

Mangga juga kaya akan serat dan fitonutrien, seperti karotenoid dan polifenol. Senyawa antioksidan polifenol yang terkandung dalam buah mangga terbukti dapat membantu melindungi dari kanker payudara dan kanker usus besar.

7 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Keputihan Berlebihan

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Almond

Almond tak hanya rendah karbohidrat tetapi kaya protein, lemak sehat, serat, dan sifat prebiotiknya. Sifat prebiotik potensial dalam almond dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan meningkatkan kadar bakteri baik usus.

Kadar bakteri baik dalam usus inilah yang nantinya bisa membantu menjaga kesehatan vagina. Tak heran jika almon juga cocok dijadikan sebagai cara menghilangkan keputihan berlebihan. Sebab pertumbuhan bakteri baik bisa terus terjadi karena konsumsinya.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Kenari

Kacang kenari mengandung serat dan senyawa prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri usus sehat. Tak hanya berdampak bagi usus. Sifat prebiotik ini juga membantu meningkatkan bakteri baik di vagina dan mampu membantu menghindari infeksi.

Kenari membantu menumbuhkan lebih banyak lactobacillus yang membantu menyingkirkan bakteri usus buruk. Prebiotik dalam kacang kenari dapat meningkatkan jumlah bakteri usus penghasil butirat, asam lemak yang mengurangi peradangan usus.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Brokoli

Brokoli merupakan salah satu dari macam-macam sayuran berwarna hijau yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Termasuk menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab keputihan.

Brokoli kaya serat, vitamin, dan mineral. Termasuk antioksidan seperti sulforaphane dan lutein yang baik untuk menurunkan risiko kanker. Brokoli juga kaya vitamin C yang mampu mengatasi bau menyengat karena keputihan.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Bayam

Bayam termasuk sayuran hijau yang cocok dijadikan makanan untuk mengatasi keputihan. Bayam juga mengandung vitamin C yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab keputihan.

Selain itu, masalah bau menyengat karena keputihan juga bisa diatasi karenanya. Inilah mengapa bayam baik dijadikan cara menghilangkan keputihan berlebihan.

Selain vitamin C, bayam juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Termasuk sumber zat besi yang sangat baik untuk darah. Bayam juga memiliki kandungan lutein yang berfungsi menjaga kesehatan mata.