Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

6 Ciri Hamil 2 Minggu Setelah Berhubungan, Tepat Usai Implantasi Terjadi

Ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan intim jarang disadari.

Liputan6.com, Jakarta Ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan paling khas adalah kram perut dan flek cokelat. Kram perut terjadi karena ada pertemuan sel telur dan sperma, dalam pertemuan implantasi ini biasanya flek cokelat pun akan muncul.

Meski flek cokelat bisa menjadi tanda datang bulan, tetapi ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan ini perlu dicermati apakah lama atau sebentar. Selain itu, wanita yang hamil setelah berhubungan intim dua minggu akan merasakan perubahan di suhu di tubuhnya.

Jika suhu tubuh yang dikenal sebagai suhu tubuh basal ini tetap meningkat selama lebih dari dua minggu, hal tersebut merupakan ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan. Tak cuma yang sudah disebutkan, ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan masih ada banyak.

Berikut Liputan6.com ulas ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan lebih jauh dari berbagai sumber, Minggu (9/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Ciri Hamil 2 Minggu Setelah Berhubungan adalah Kram

Pada minggu pertama atau kedua setelah terjadi konsepsi (pertemuan sel telur dan sel sperma) kram perut akan terjadi. Ciri-ciri hamil muda yang paling akurat ini kebanyakan muncul di atas dua minggu pascamenstruasi terakhir.

Kram perut yang menjadi ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan terjadi akibat penempelan hasil konsepsi (embrio) ke dalam dinding rahim, yang disebut dengan implantasi. Ciri-ciri hamil muda yang paling akurat ini cukup jarang disadari banyak orang.

Tak hanya merasa nyeri, ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan ini biasanya dibarengi dengan perasaan lelah. Lelah termasuk ciri-ciri hamil muda yang paling akurat, kebanyakan wanita mengalami pada bulan pertama kehamilan. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon, kadar gula darah, dan tekanan darah tubuhnya.

3 dari 7 halaman

Ciri Hamil 2 Minggu Setelah Berhubungan adalah Meriang

Sakit kepala, kembung, dan hidung tersumbat memang identik dengan meriang. Meski begitu kondisi ini bukan semata-mata demikian, wanita harus lebih mewaspadainya apalagi setelah aktif berhubungan badan dua minggu belakangan.

Meriang seperti ini bisa menjadi ciri-ciri hamil muda yang paling akurat. Hal ini masih berkaitan dengan gejolak hormon yang dialami tubuh. Sakit kepala saat hamil terasa sangat berat di minggu-minggu pertama kehamilan, inilah mengapa disebut ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan.

Perubahan hormon selama awal kehamilan dapat menyebabkan perut merasa kembung. Kembung yang dirasakan sebagai ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan mirip dengan kembung selama masa menstruasi. Beberapa wanita ada yang mengalami sembelit.

4 dari 7 halaman

Ciri Hamil 2 Minggu Setelah Berhubungan adalah Muncul Flek

Tak jarang wanita yang mengalami flek karena darah menstruasi masih tersisa dalam rahim. Meski begitu, flek cokelat bisa menjadi ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan. Umumnya di awal kehamilan, wanita mengalami flek karena ada pendarahan implantasi.

Flek ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan ini sangat mungkin terjadi. Bahkan bisa jadi, flek muncul setelah hubungan seksual 10 hari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena flek atau pendarahan ringan hanya terjadi tepat setelah 10 hingga 14 hari pembuahan.

Flek ciri-ciri hamil muda yang paling akurat normal dikenal sebagai leukorea, tipis, bening, atau putih susu, dan berbau ringan. Volume keluarnya flek akan meningkat sepanjang kehamilan untuk mengurangi risiko infeksi vagina dan rahim. Selama trimester pertama, organ intim dapat mengeluarkan lendir yang lengket, putih, atau kuning.

5 dari 7 halaman

Ciri Hamil 2 Minggu Setelah Berhubungan adalah Payudara Sensitif

Payudara disebut sebagai bagian tubuh pertama yang mendapatkan pesan ketika sperma bertemu sel telur. Payudara sensitif termasuk ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan yang jarang disadari.

Sebagai ciri-ciri hamil muda yang paling akurat, payudara bisa terasa nyeri saat disentuh, lebih penuh atau lebih berat dari biasanya. Perubahan dari ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan ini mungkin tidak terasa jauh berbeda dari tanda PMS. Pada PMS perubahan hanya bertahan setelah menstruasi berlalu.

Perubahan ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan terlihat pada areola (area di sekitar puting susu) yang menjadi lebih gelap. Perubahan ini dapat tepat terjadi satu atau dua minggu setelah pembuahan dan seringkali merupakan ciri-ciri hamil muda yang paling akurat.

6 dari 7 halaman

Ciri Hamil 2 Minggu Setelah Berhubungan adalah Telat Datang Bulan

Telat datang bulan merupakan ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan yang sangat mudah dikenali. Wanita kemungkinan akan melewatkan menstuasinya empat minggu setelah pembuahan.

Setelah implantasi selesai, tubuh akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membantu tubuh menjaga kehamilan. Hormon ini memberitahu ovarium untuk berhenti mengeluarkan telur matang setiap bulan.

Morning sickness pun merupakan ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan yang cukup khas. Meski sebenarnya rata-rata mual di pagi hari di mulai antara minggu keempat dan keenam kehamilan. Mual atau morning sickness bagi banyak wanita adalah ciri-ciri hamil muda yang paling akurat. Morning sickness memengaruhi sekitar 80 persen dari semua wanita hamil.

7 dari 7 halaman

Ciri Hamil 2 Minggu Setelah Berhubungan adalah Ngidam

Wanita yang ngidam dan sensitif tiba-tiba memang bikin was-was. Apalagi jika kondisi ini terjadi setelah aktif berhubungan badan. Salah satu ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan yang cukup dikenal adalah ‘ngidam’.

Hal ini bisa menjadi ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan, meski tak akurat betul. Sebab wanita yang memasuki masa menstruasi bisa mengalami ngidam dan sensitif. Sensitif sampai bikin mual, PMS juga demikian tandanya. Hal ini sedikit berbeda jika ngidam dan sensitif yang dialami disertai dengan suhu tubuh yang meningkat.

Umumnya ketika pertama kali bangun di pagi hari setelah ovulasi, suhu tubuh akan sedikit meningkat. Jika suhu tubuh yang dikenal sebagai suhu tubuh basal ini tetap meningkat selama lebih dari dua minggu, hal tersebut merupakan ciri hamil 2 minggu setelah berhubungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini