Sukses

5 Pengakuan Umi Pipik Soal Dipoligami Uje, Sebut Miliki Tiga Istri

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu terakhir, pipik Dian Irawati atau yang akrab disapa Umi Pipik tengah menjadi sorotan netizen. Pasalnya, dalam sebuah video yang diunggah di channel YouTube Venna Melinda, istri mendiang Ustaz Jefri Al Buchori ini mengungkapkan kisah rumah tangganya.

Dikutip Liputan6.com dari channel YouTube Venna Melinda, Minggu (9/5/2021) Umi Pipik secara mengejutkan menyebut jika ia sempat dipoligami oleh Ustaz Jefri Al Buchori atau yang sering disapa Uje. Kisah Umi Pipik ini pun langsung menjadi sorotan netizen.

Pasalnya, setelah delapan tahun kepergian Uje, baru kali ini ibu dari Abidzar sangat terbuka mengenai kisah rumah tangganya. Tak hanya itu saja, dalam channel YouTube ibunda Verrell Bramasta berjudul 'Umi Pipik, Ibu Sejati dari ke 4 Anak dan Seorang Pendakwah Istri dari Alm. Ust. Jeffry Al Buchori', Umi Pipik juga sempat menceritakan kembali soal kepergian sang suami, hingga bencana kebakaran yang pernah menimpa kediamannya.

Dirangkum Liputan6.com dari channel YouTube Venna Melinda, berikut ini beberapa pernyataan Umi Pipik yang mengaku dipoligami oleh Ustaz Jefri Al Buchori, Minggu (9/5/2021).

2 dari 6 halaman

1. Tak pernah ungkap soal poligami ke keluarga

Dalam wawancaranya dengan Venna Melinda, Umi Pipik menyebut jika dirinya tak pernah menceritakan soal poligami mendiang suami kepada keluarga. Pasalnya, menurutnya masalah pribadi keluarga tidak ada manfaat untuk diceritakan kepada khalayak. Bahkan, keluarga besar baru mengetahui jika Umi Pipik dipoligami setelah Uje meninggal dunia.

"Keluarga besar pun, maaf Uje poligami segala macam (saya nggak cerita) mungkin baru tahu setelah saya cerita pas beliau meninggal. Mereka (keluarga) sempat kaget, (saya) nggak pernah cerita," kata Pipik dalam vlog Venna Melinda yang dikutip Liputan6.com, Minggu (9/5/2021).

Menurut wanita kelahiran 26 November 1977 ini, persoalan poligami almarhim suaminya semasa hidup tak ada manfaatnya untuk diungkap. Bahkan, hanya dirinya saja yang mengetahui dan rela menjalaninya.

3 dari 6 halaman

2. Lakukan poligami saat sakit keras

Bukan hanya mengungkapkan jika Uje melakukan poligami di pernikahan saja. Namun, ibu empat anak ini menyebut jika poligami yang dilakukan saat kondisi Umi pipik tengah sakit keras. Seperti yang diketahui, jika Umi Pipik sendiri sempat dikabarkan memiliki tumor kelenjar getah bening beberapa waktu lalu.

Penyakit tumor kelenjar getah bening yang ia derita pun tak pernah diceritakan kepada siapapun termasuk anak-anaknya. Namun, setelah sang putra sulung, Abidzar Al-Ghifari mengetahui hal tersebut, ia pun mengungkapkan reaksi kagetnya.

“Makanya saya waktu sempat sakit itu, Abidzar kaget gitu yang tahu itu kok enggak pernah cerita. Ya emang nggak mau anak-anak jadi kepikiran, anak-anak jadi sedih, nggak mau jadi yang harus gimana, dan akhirnya anak-anak harus bekerja keras cari uang. Saya bisa sendiri ya sendiri gitu nggak perlu orang lain tahu,” ujarnya.

4 dari 6 halaman

3. Tak melarang poligami karena hukum Allah

Terkait curhatannya bersama Venna Melinda yang viral di berbagai media sosial, Umi Pipik menyebutkan jika fakta soal poligami yang diungkapkan bukan untuk curhat apalagi mencari sensasi. Ia bahkan cukup kaget cerita pengalaman hidupnya menjadi viral.

“Bukan curhat sebenarnya sih ya, tepatnya. Saya juga kaget dengan ini akhirnya heboh. Sebenarnya poligami bukan untuk ustaz saja. Umum, lebih kepada umum, kan,” Ujar Umi Pipik yang dilansir dari video Eksklusif Pengakuan Umi Pipik Bahwa Alm. Uje Berpoligami dan Miliki 3 Istri yang mengudara di kanal YouTube Cumicumi, 8 Mei 2021.

Ia juga menyebutkan jika poligami sendiri merupakan hukum Allah. Oleh karena itu dirinya tak melarang mending Uje untuk melakukan poligami.

“Karena poligami itu kan hukum Allah dan kalau saya, saya tidak melarang karena kalau saya melarang, saya membangkang hukum Allah, dong,” lanjutnya.

5 dari 6 halaman

4. Sering bahas poligami dengan Almarhum dan pernah bertemu istri kedua

Wanita kelahiran Semarang ini menyebutkan jika sebelumnya, dirinya beberapa kali membahas soal poligami dengan sang suami semasa hidupa. Bahkan, menurutnya tak ada yang salah dengan poligami karena ajaran Islam mengizinkannya.

“Saya saat itu juga sering kok membahas ini sama almarhum. Saya akhirnya bilang ya, almarhum juga melakukan hal itu kok,” sambungnya.

Tak hanya itu saja, Umi Pipik juga mengaku pernah bertemu dengan istri ustaz Jefri Al Buchori lainnya. Bahkan, ia juga menyimpulkan kepribadian istri Uje tersebut.

“(Nama istri-istrinya) Enggak perlulah (disebutkan) gitu. Maksudnya, ya kalau untuk yang kedua saya memang pernah bertemu. Dan biasa saja. Dia baik,” ujar Umi Pipik

6 dari 6 halaman

5. Istri ketiga Ustaz Jefri Al Buchori merupakan publik figur

Tak hanya mengungkapkan pernah bertemu dengan istri kedua saja. Akan tetapi pernyataan Umi Pipik lainnya juga cukup mengejutkan publik. Pasalnya, ia menyebut jika istri ketiga dari almarhum suaminya merupakan seorang publik figure.

“Cuma kalau yang ketiga, karena public figure jadi saya enggak mungkin akan mengucapkan itu. Ini, kan sudah masa lalu beliau ya dan anak-anak pun juga tahu kok, anak-anak saya. Saya juga menceritakan ke anak-anak saya. Ya mereka biasa saja. Ya, menerima habis bagaimana lagi?” tutup Umi Pipik.