Sukses

6 Video Singkat tentang Sejarah Nusantara Ini Konsepnya Unik, Mudah Dicerna

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan media sosial yang semakin pesat membuat banyak orang menjadikan media sosial sebagai wadah untuk menambah pengetahuan. Perkembangan media sosial membuat tak sedikit orang menuturkan bahwa sering mendapatkan informasi yang tak pernah diketahui sebelumnya melalui media sosial.

Media sosial bisa memberikan dampak negatif dan positif bagi penggunanya tergantung bagaimana cara memanfaatkannya. Media sosial bisa menjadi wadah untuk menambah pengetahuan jika sang pemilik akun mengikuti akun sosok inpsiratif atau akun-akun yang berisi tentang edukasi. 

Walaupun hanya penjelasan singkat, namun media sosial sering kali mengobati rasa penasaran seseorang tentang suatu hal. Bahkan tak sedikit orang yang mengusung konsep unik seperti acara televisi yang penjelasannya singkat namun mudah untuk dimengerti.

Salah satunya adalah video-video edukasi yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @nidyaaas. Video-video edukasi yang diunggahnya seputar sejarah Indonesia, sampai landmark yang identik di negara lain. Bahkan menilik dari kolom komentar unggahannya, banyak warganet yang berkomentar bahwa mengetahui seputar sejarah melalui TikTok.

Berikut Liputan6.com merangkum dari laman TikTok @nidyaaas tentang video-video seputar sejarah, pada Minggu (9/5/2021).

2 dari 7 halaman

1. Video tentang cerita Malin Kundang ini ramai dan melintasi FYP. Sang pemilik akun menuliskan bahwa patung Malin Kundang bukan kutukan melainkan patung buatan manusia.

@nidyaaas

Semua itu dibuat untuk "menyempurnakan" folkore yang sudah ada #BetterOnSero #tiktoksejarah #tiktokhistory #fypシ #berandafyp #horrorstory

♬ Paparazzi - Kim Dracula
3 dari 7 halaman

2. Penjelasan singkat tentang sejarah tugu Yogyakarta ini mudah dipahami dan obati rasa penasaran.

@nidyaaas

Bentuk "asli" dari Tugu saat ini dibangun tidak jauh dari bangunannya saat ini #belumtaudia #fyp #fypシ #berandafyp #tiktoksejarah #tiktokhistory

♬ original sound - riyansyahlukman - 𝔯𝔦𝔶𝔞𝔫𝔰𝔶𝔞𝔥
4 dari 7 halaman

3. Perihal sejarah memang ada banyak pendapat, salah satunya tentang berapa tahun Indonesia dijajah.

@nidyaaas

Penjajahan Belanda di Indonesia #masteredukasi #ditiketin #foryoupage #fyp #fypシ

♬ Jedag Jedug - DONY🤙
5 dari 7 halaman

4. Pasar Tanah Abang Jakarta ternyata pernah menjadi tempat pembantaian etnis China di Kota Batavia.

@nidyaaas

Horor time #hororstory #fypシ #beranda #xyzbca #tiktoksejarah #berandagak

♬ original sound - couchiephart
6 dari 7 halaman

5. Candi Borobudur ternyata tidak masuk ke dalam 7 keajaiban dunia, melainkan masuk bagian situs warisan dunia.

@nidyaaas

Salah satu penyebabnya adalah tradisi kita adalah lisan bukan menulis sejarah #YourFaceChampion #tiktoksejarah #berandafyp #fypシ #beranda

♬ L I F E L E T T E R S - bryan
7 dari 7 halaman

6. Tak dipungkiri penjelasan singkat dan padat seperti ini mudah dicerna, apalagi perihal sejarah Indonesia yang sangat panjang.

@nidyaaas

Warisan Hutang Indonesia #unisoviet #tiktoksejarah #masteredukasi #fypシ #fyp #samasamabelajar

♬ Quirky - Oleg Kirilkov