Sukses

6 Cara Membeli Saham yang Tepat dan Aman bagi Pemula, Jangan Asal

Cara membeli saham yang tepat dan aman tentunya perlu dipahami oleh pemula.

Liputan6.com, Jakarta Cara membeli saham yang tepat dan aman tentunya perlu dipahami oleh pemula. Seperti yang telah diketahui, belajar untuk membeli saham memang memerlukan proses yang bertahap. Kamu tidak bisa asal-asalan jika ingin untung.

Tujuan seseorang berinvestasi di saham tentunya karena ingin mendapatkan keuntungan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Namun, yang namanya investasi selalu memiliki risiko. Kamu bisa saja merugi jika tidak pandai dan memahaminya sepenuhnya. 

Cara membeli saham tentu perlu memikirkan risiko kerugian ini. Risiko ini penting untuk diminimalisir saat kamu berinvetasi. Hal ini tentunya bisa kamu lakukan dengan membeli saham yang tepat. Untuk itu, kamu perlu mengerti tentang langkah-langkah berinvestasi yang benar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/5/2021) tentang cara membeli saham.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membeli Saham yang Tepat dan Aman bagi Pemula

Pahami Ilmu Dasar Saham

Cara membeli saham bagi pemula yang pertama tentunya adalah mempelajari dan memahami apa itu saham dan bagaimana mekanisme saham tersebut dapat dijalankan. Hal ini sangat perlu dilakukan dan menjadi hal yang sangat fundamental. Melewatkan pengetahuan dasar saham akan membuat kamu tidak mengerti harus melakukan apa.

Kamu perlu memahami keuntungan dan risiko yang bisa terjadi saat berinvestasi. Hal ini dilakukan agar kamu lebih siap menghadapi apapun yang akan terjadi ke depannya. Sebab, semakin besar keuntungan maka akan semakin besar pula risiko yang mungkin terjadi.

Hal ini tidak hanya berlaku di saham, namun saat memulai jenis investasi apapun. Jadi, pelajari dan pahami pengetahuan dasarnya dengan matang terlebih dahulu. Jangan asal dan mau instan saja.

 

Tentukan Perusahaan Sekuritas

Menentukan mana perusahaan sekuritas yang akan membantu menjadi perantara ketika bermain saham juga sangat penting. Hal ini disebabkan karena perusahaan sekuritas ini memiliki peran sebagai perantara untuk kamu melakukan jual beli saham dan akan membantu dalam pembukaan rekening saham di BEI.

Oleh karana itu, cara membeli saham satu ini sangat penting. Kamu perlu menentukan dan juga memastikan perusahaan sekuritas mana yang akan dipercaya. Usahakan untuk memilih perusahaan sekuritas yang terdaftar di BEI dan sudah memiliki reputasi yang baik. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan layanan dan biaya yang biasanya ditetapkan oleh perusahaan sekuritas.

3 dari 4 halaman

Cara Membeli Saham yang Tepat dan Aman

Mulai Memilih Saham

Jika kamu telah melakukan kedua cara membeli saham sebelumnya, dan kamu sudah memiliki rekening saha, maka kamu sudah siap untuk memilih saham. Namun, sebelum membeli saham tersebut, jangan lupa untuk memilih jenis saham yang paling menguntungkan.

Selain menguntungkan, saham tersebut juga harus memiliki risiko yang rendah. Kondisi mengenai risiko saham tersebut bisa kamu lihat dari kondisi perusahaannya, grafik harga saham perusahaan tersebut, serta kamu juga bisa meminta masukan dari perusahaan sekuritas yang kamu percaya untuk memilih saham terbaik.

Lakukan Pembelian Saham

Ketika kamu sudah menentukan saham yang akan dibeli, maka kamu bisa mulai untuk membeli saham yang sudah dipilih tersebut. Cara membeli saham tersebut, kamu bisa membeli melalui broker untuk membeli saham yang diinginkan atau membelinya sendiri melalui aplikasi trading saham online.

Umumnya, perusahaan sekuritas yang memiliki reputasi baik dan dipercaya sudah memiliki sistem trading sendiri yang bisa kamu unduh dan pasang di smartphone. Biasanya aplikasi tersebut juga mencangkup berbagai informasi seperti pergerakan saham dari perusahaan peserta.

4 dari 4 halaman

Cara Membeli Saham yang Tepat

Lakukan Diversifikasi Saham

Cara membeli saham yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah tidak berfokus hanya pada satu saham saja. Melakukan diversifikasi saham akan meminimalisir risiko dalam jangka panjang di dunia pasar modal. Daripada hanya memiliki satu saham saja, kamu bisa mengalokasikan kepemilikian saham ke beberapa sektor lainnya.

Misalnya kamu memiliki saham di sektor consumer good, banking, dan konstruksi dengan 1 emiten di tiap sektor. Dengan menggunakan cara membeli saham ini, kamu bisa meminimalisir risiko kerugian bila ada salah satu sektor yang mengalami penurunan harga yang signifikan.

Selalu Memantau Pasar

Cara membeli saham bagi pemula yang berikutnya adalah memantau pasar saham secara rutin. Biasanya, perdagangan saham di pasar sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, politik, keamanan, serta berbagai faktor lainnya. Itulah mengapa, sangat penting bagi kamu untuk memantau kondisi pasar saham secara berkala.

Selain itu, kamu juga harus belajar mencermati naik turunnya harga saham. Tentu saja, tujuannya agar kamu bisa mendapatkan keuntungan dari investasi saham, karena kamu jadi mengetahui kapan harus membeli dan menjual saham supaya mendapat keuntungan yang maksimal.

Dalam bermain saham sangat diperlukan kesabaran dan kehati-hatian, sebab apabila kamu gegabah, maka akan berisiko menimbulkan kerugian. Selain itu, kamu juga harus selalu update mengenai informasi terbaru mengenai naik turunnya harga saham yang ada di pasaran setiap hari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.