Sukses

7 Potret Kehidupan Laut Dalam Hasil Tangkapan Robot Akuatik, Bikin Takjub

Liputan6.com, Jakarta The Schmidt Ocean Institute, sebuah organisasi penelitian kelautan nirlaba, menyebut perjalanan itu sebagai "Ekspedisi Terumbu Karang Mesofotik Australia". (Mesofotik adalah zona gelap dengan cahaya redup.)

Melansir dari Mashable SEA, seorang ilmuwan utama ekspedisi tersebut bernama Karen Miller dari Institut Ilmu Kelautan Australia melalui blog-nya mengatakan bahwa setelah mempelajari karang dari Great Barrier Reef hingga Antartika, mudah baginya berpikir bahwa ia telah melihat semuanya. 

"Tapi pengalaman seperti Ekspedisi Terumbu Karang Mesofotik Australia merendahkan hati dan membuat saya menyadari betapa masih banyak lagi yang harus dipelajari tentang lautan kita," imbuhnya.

Ekspedisi tersebut menangkap rekaman yang belum pernah dilihat sebelumnya dari dasar laut Ashmore Reef, dan juga mengumpulkan 500 spesimen untuk dipelajari.

Perairan laut dalam sebagian besar merupakan tempat yang belum dijelajahi, penuh dengan hal-hal yang tidak diketahui. Dilansir Liputan6.com dari Mashable SEA, berikut 7 potret kenampakan kehidupan laut dalam, Minggu (9/5/2021).

2 dari 8 halaman

1. Karang kipas Gorgonian yang masih hidup.

3 dari 8 halaman

2. Spesies ctenophore bentik di dasar laut.

4 dari 8 halaman

3. Karang keras yang berwarna cerah.

5 dari 8 halaman

4. Bintang laut ungu di dasar laut Halimeda yang hidup subur.

6 dari 8 halaman

5. Spesies karang (Cupressopathes) di dasar laut.

7 dari 8 halaman

6. Seekor nautilus berenang melewati robot ekspedisi bawah air.

8 dari 8 halaman

7. Spons besar (kiri) dan di sampingnya ular laut yang melengkung (kanan).