Sukses

7 Cara Mengatasi Kesepian Agar Tak Memengaruhi Fisik dan Mental

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi kesepian perlu kamu ketahui agar tidak berdampak buruk terhadap fisik ataupun mental. Kesepian yang begitu mendalam dan terjadi dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan berbagai penyakit. Tekanan darah meningkat, daya tahan tubuh melemah, stres, hingga gangguan tidur bisa dialami oleh orang yang merasakan kesepian berkepanjangan. 

Kesepian bisa dialami oleh siapa saja, bahkan pada orang yang memiliki banyak teman atau kegiatan. Hal ini karena kesepian merupakan rasa tidak memiliki hubungan dengan pihak lain, bukan hanya soal keberadaan orang.

Cara mengatasi kesepian bisa kamu praktikkan secara rutin setiap harinya. Kesepian mungkin normal terjadi pada setiap orang. Hal ini nantinya tergantung kepada respons kamu saja dalam menghadapinya. Kesepian bisa saja menyakitkan, tetapi bisa juga bisa mengajari seseorang akan banyak hal.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (9/5/2021) tentang cara mengatasi kesepian.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kesepian

Lakukan Kegiatan Rutin

Cara mengatasi kesepian yang pertama adalah dengan melakukan berbagai macam kegiatan rutin. Diam dan meratapi keadaan tentunya tidak akan mengubah apa-apa, bahkan dapat membuat kesepian semakin terasa.

Oleh karena itu, menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas dapat membuat perasaan kesepian sirna. Kamu tinggal melakukan kegiatan sederhana seperti jalan-jalan sore di sekitar kompleks rumah, membaca buku kesukaan, hingga melakukan olahraga ringan untuk mengusir kesepian.  

Mencoba Pengalaman Baru

Mencoba pengalaman baru juga bisa dijadikan solusi tepat sebagai cara mengatasi kesepian. Kamu bisa melakukan kegiatan traveling ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi. Kamu bisa merencanakan jalan-jalan sendiri agar lebih leluasa menentukan destinasi wisata hingga waktu traveling. Bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai daerah akan membuat kamu punya kesempatan untuk berkenalan dan berbagi pengalaman.

Bila tidak ingin jalan-jalan terlalu jauh, kamu juga bisa sekadar pergi menonton acara konser musik berbagai genre, menjadi relawan suatu acara, hingga mengikuti kelas-kelas keterampilan khusus, misalnya kelas memasak, kelas berkebun, kelas panahan, dan lain-lain.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kesepian

Cari Teman Bicara

Cara mengatasi kesepian yang sangat ampuh adalah dengan berbicara. Kamu bisa kembali menghubungi orang terdekat untuk bersilaturahmi. Cobalah untuk membuat janji makan siang, atau sekedar ngopi santai di mana kamu dapat saling bertukar kabar. Tanpa disadari, berbicara langsung, menatap mata lawan bicara dan tidak terdistraksi oleh HP masing-masing akan membuat hubungan makin terasa kuat. 

Berbicara tentunya tidak hanya dengan orang terdekatmu saja, kamu juga bisa berbicara dengan lepas bersama orang lain yang baru kamu kenal. Misalnya saat pergi ke kedai kopi, kamu bisa mengobrol sedikit dengan barista atau pegawai kasir seputar kopi. Kamu juga bisa mengajak pengendara ojek online ngobrol bila sedang diantarkan. Mengobrol santai dengan orang yang tak dikenal tentunya membuat pikiran kamu lebih lega dan tenang.

Bergabung dengan Komunitas

Cara mengatasi kesepian selanjutnya adalah bergabung dengan komunitas. Saat merasa kesepian merupakan salah satu momen baik untuk menemukan komunitas. Bergabung dengan orang punya kegemaran yang sama dengan kamu bisa mengobati rasa sepi yang sedang kamu alami.

Kamu bisa mengikuti komunitas sepeda, fotografi, fans sepak bola, fans K-pop dan lain-lain. Kamu bisa saling berbagi dan mengembangkan sesuatu yang kamu suka tersebut dengan masuk ke suatu komunitas. Mengobrol, melakukan kegiatan bersama, beraktivitas dengan orang baru yang berbeda-beda, lambat laun akan menciptakan suasana hati yang baru.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kesepian

Memelihara Hewan

Salah satu cara mengatasi kesepian yang juga sangat efektif adalah dengan memelihara hewan. Saat kamu pulang ke rumah dalam keadaan lelah dan sedih, memelihara hewan seperti kucing, anjing, kura-kura, ikan, atau burung dapat menjadi solusi.

Hewan peliharaan bisa membuat kamu merasa lebih berarti ketika sampai di rumah. Kamu akan disambut dengan suara anjing, kibasan ekornya yang lucu, geliat kucing yang manja serta tingkah bodohnya, atau ocehan burung saat kamu membuka pintu.

Selain itu, kamujuga perlu memberi mereka makan dan membersihkan kandangnya. Dengan begitu, kamu akan merasa bermanfaat untuk makhluk hidup lain, sekalipun itu bukan manusia.

Batasi Penggunaan Media Sosial

Media sosial menciptakan kesan seolah kamu menjalin hubungan sosial, tetapi sebenarnya justru sebaliknya. Cara mengatasi kesepian selanjutnya adalah membatasi penggunaan media sosial.

Sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa menggunakan media sosial sebenarnya membuat kamu merasa lebih kesepian. Kontak langsung dan tatap muka jauh lebih baik dilakukan daripada kontak di media sosial karena pada dasarnya manusia butuh sentuhan fisik agar merasa terhibur dan terhubung.

Melakukan Meditasi

Salah satu cara mengatasi kesepian yang juga tak kalah ampuh adalah melakukan meditasi. Meditasi dinilai dapat membantu kamu mengidentifikasi masalah dan melepaskan penat yang menjadi penyebab kamu merasa kesepian. Kegiatan ini dapat membantu kamu merasa lebih relaks, sehingga mampu mengendalikan perasaan dan perlahan melangkah maju dari rasa kesepian yang selama ini menghadang.

Berbagai cara mengatasi kesepian tersebut bisa kamu terapkan secara rutin sampai perasaan tersebut menghilang sepenuhnya. Namun, jika perasaan sepi tidak kunjung hilang, kamu mungkin perlu mencari bantuan profesional. Hal ini tentunya perlu dilakukan daripada memengaruhi kesehatan fisik dan mentalmu.