Sukses

24 Wisata Kuningan Jabar Terbaru dan Hits, Terlengkap Wajib Banget Dikunjungi

Wisata Kuningan Jabar terbaru dan hits yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Saat sudah buka jangan lupa mampir dan abadikan momen asyiknya!

Liputan6.com, Jakarta Wisata Kuningan Jabar terbaru dan hits mayoritas bisa diakses dengan mudah oleh wisatawan. Menyuguhkan panorama alam indah, wisata edukasi ala outbound, coffeshop instagramable, sampai tempat-tempat ikonik yang menarik. Kuningan adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat yang punya banyak destinasi wisata memukau.

Berkunjung ke Taman Nasional Gunung Ciremai menjadi salah satu destinasi wisata Kuningan Jabar terbaru dan hits yang sangat populer. Wisatawan yang memutuskan melakukan pendakian akan dihadapkan dengan trek yang unik dan menantang. Mulai dari perkebunan penduduk, hutan pinus, hutan pegunungan bawah dan atas dengan pohon-pohon yang cukup besar.

Kemudian hutan dataran tinggi yang banyak ditumbuhi semak belukar, bunga edelweis hingga zona tanpa tumbuhan menjelang puncak gunung ini. Selain mendaki, masih ada banyak sekali wisata Kuningan Jabar terbaru dan hits yang bisa dijadikan pilihan. Biaya operasional yang dibutuhkan juga tak mahal, cocok dikantong wisatawan.

Berikut Liputan6.com ulas wisata Kuningan Jabar terbaru dan hits dari berbagai sumber, Senin (10/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Kuningan Jabar Terbaru dan Hits

Wisata Kuningan Waduk Darma

Kamu akan terpana oleh pemandangan salah satu tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini, yaitu Waduk Darma. Pemandangan yang sangat indah serta didukung oleh hawanya yang sejuk, cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga pada hari-hari libur atau saat-saat senggang lainnya.  

Beberapa daya tarik wisata kuningan Jabar terbaru dan hits lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke daerah ini. Di antaranya adalah atraksi seni tradisional Saptonan, lomba panahan tradisional, lomba rakit dan perahu tradisional, Goong Renteng, Gembyungan, dan Rudat.

Wisata Kuningan Curug Bangkong

Curug Bangkong adalah wisata kuningan Jabar terbaru dan hits yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Jawa Barat. Jika Anda ingin menikmati pemandangan alam disertai dengan air terjun yang mempesona, Curug Bangkong akan menjadi solusi wisata yang sangat direkomendasikan untuk Anda.

Menjulang tinggi dengan lebih dari 20 meter, air terjun di Curug Bangkong ini akan membuat mata Anda terpesona dengan keindahannya. Suasana alam yang asri dan masih terjaga dengan baik akan membuat pikiran Anda terasa damai dan tenang. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk menjaga keindahan alamnya dengan menjaga sikap dan tidak membuang sampah sembarangan.

Wisata Kuningan Telaga Biru Cicerem

Wisata kuningan Jabar terbaru dan hits seperti telaga biru yang bikin menarik adalah keberadaan ratusan ikan dengan warna mencolok. Sesuai namanya, wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini menyajikan telaga dengan air yang jernih kebiruan. Kamu bisa menikmati suasana sekitar yang rimbun, memberi makan ikan, hingga main air sembari snorkeling.

Wisata Kuningan Curug Payung

Ada panorama yang tak kalah keren di tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits, yaitu Curug Cipayung. Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat ini menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan, air yang jernih, dan juga duara yang sangat menyegarkan.

Berada di wilayah Gunungmanik, Ciniru, Kabupaten Kuningan, wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kegiatan kota. Curug Payung tidak boleh dilewatkan dari daftar destinasi liburan kamu di Kuningan.

3 dari 7 halaman

Wisata Kuningan Jabar Terbaru dan Hits

Wisata Kuningan Curug Landung

Masih seputar wisata air, tempat wisata di Kuningan Jawa Barat ada Curug Landung. Tidak hanya bisa menikmati panorama air terjun dan alam yang asri, kamu juga bisa bermain air yang segar dan jernih di wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini.

Curug ini punya air terjun yang cukup tinggi. Bermain air di wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini bakal membuat penat dan stress seketika hilang. Lokasinya berada di Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Wisata Kuningan Telaga Nilem

Telaga Nilem adalah wisata kuningan Jabar terbaru dan hits yang wajib dikunjungi. Airnya yang jernih dan dingin, ditambah pemandangan yang asri dan hijau, dijamin kamu akan betah dan tidak mau pulang.

Saking jernihnya air di tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini, kamu bisa melihat dasar telaga yang dipenuhi bebatuan dan lumut hijau. Main air, mandi, sembari menikmati kesegaran air yang masih bersih jadi aktivitas menyenangkan di sini.

Lokasi tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan menenangkan diri.

Wisata Kuningan Situ Walukut

Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat memang didominasi oleh wisata telaga, salah satunya adalah situ walukut. Situ Walukut merupakan sebuah danau cantik yang menawarkan keindahan panorama alami yang sangat asri.

Lokasi tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini berada di Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan.

Pemandangan telaga dengan latar belakang perbukitan hijau menjadi daya tarik utama. Wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini disebut-sebut tak kalah cantik dibanding Ranu Kumbolo yang berada di kawasan Gunung Semeru, Jawa Timur.

Wisata Kuningan Kopi Pono

Bertempat di Jalan Jendral Sudirman, Awirangan Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Kafe ini menjadi salah satu opsi tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits untuk kamu bersantai dengan teman atau kencan dengan pasangan. Desain bangunan yang dibalut warna cat cerah biru muda dan peach, membuat mata segar, dan tentunya sangat cantik untuk dijadikan latar foto di Instagram.

4 dari 7 halaman

Wisata Kuningan Jabar Terbaru dan Hits

Wisata Kuningan Curug Putri

Satu lagi destinasi wisata di Kuningan Jawa Barat yang bernuansa curug atau air terjun adalah Curug Putri. Air terjun ini berada di lingkungan alam yang masih natural, dengan banyak tumbuhan yang rimbun menutupi aliran air dan sungai yang jernih dan menyegarkan.

Bagi yang tertarik mencari tempat yang tenang dan asyik, wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini bisa jadi pilihan. Curug Putri merupakan sebuah air terjun yang terletak di kaki Gunung Ciremai. Lokasinya berada di Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Wisata Kuningan Batu Luhur

Tidak hanya wisata air, di tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits juga menawarkan wisata dataran tinggi. Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Batu Luhur menjadi destinasi wisata kuningan Jabar terbaru dan hits yang tidak biasa karena keberadaan taman batu yang menjulang tinggi.

Area gunung kapur juga memberikan nuansa petualangan. Apalagi ada sejumlah wahana bermain yang menguji nyali, seperti flying fox dan jembatan dari seutas tali. Tentunya kamu bisa bersantai dan menikmati udara segar di Butu Luhur yang berlokasi di Padabeunghar, Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Wisata Kuningan Teman Asique Kuningan

Kafe ini di Jalan Cut Nyak Dien, Cijoho Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Kafe ini merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits untuk kongko pilihan anak–anak muda. Selain menyediakan kopi dan minuman lain, Teman Asique juga tersedia makanan, seperti Mie Bar–Bar Asik, panganan unik untuk penggila pedas.

Wisata Kuningan Bukit Panembongan

Berada di desa Tembong, kecamatan Garawangi, Bukit Panembongan menjadi salah satu tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits yang tidak boleh dilewatkan, apalagi bagi para pecinta pemandangan alam.

Tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini menawarkan udara segar dengan panorama alam dari ketinggian yang sangat memanjakan mata. Dari puncaknya, kamu akan mendapati sejumlah spot asyik untuk menikmati alam Kuningan dari ketinggian.

5 dari 7 halaman

Wisata Kuningan Jabar Terbaru dan Hits

Wisata Kuningan Sukageuri View

Masih seputar pemandangan alam dari ketinggian, kamu bisa menikmati bentang alam yang luar biasa indah dari Kunginan di Sukageuri View. Kontur perbukitan dan hijaunya alam membuatnya indah ketika dinikmati dari ketinggian.

Di wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini kamu tidak hanya bisa menikmati pesona alam Kuningan yang istimewa. Akan tetapi juga mendapatkan spot asyik untuk berswafoto dengan latar belakang yang luar biasa. Tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini wajib dikunjungi.

Wisata Kuningan Hutan Desa Setianegara

Hutan Desa Setianegara merupakan tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits yang tepat buat kamu, yang ingin sejenak menghindar dari ramainya perkotaan. Kawasan ini punya hawa yang sejuk dan masih sangat asri. Berlokasi di Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, kamu juga bisa melakukan kegiatan kemah di sini.

Wisata Kuningan Gunung Ciremai

Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat tentunya tidak lengkap bila belum menyebutkan Gunung Ciremai. Gunung ini adalah salah satu gunung tertinggi yang ada di Jawa Barat dengan memilki ketinggian 3.078 mdpl dan masih aktif hingga saat ini. Gunung ini menjadi wisata kuningan Jabar terbaru dan hits sekaligus pendakian favorit bagi para pecinta alam.

Wisata Kuningan Sisi Jalan Kopi

Sisi Jalan Kopi adalah satu dari sekian banyak kafe yang tak pernah sepi pengunjung. Menu andalan es kopi dudu dan ovaltine masiobro jadi daya pikat yang kuat. Selain itu, tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini terasa cozy sekali. Tentu bisa membuat siapa pun merasa betah berlama duduk di kafe yang terletak di Jalan Pramuka Kabupaten Kuningan) Jawa Barat.

6 dari 7 halaman

Wisata Kuningan Jabar Terbaru dan Hits

Wisata Kuningan Taman Nasional Gunung Ciremai

Gunung yang dikenal sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat ini dengan ketinggian 3078 MDPL (Meter Dalam Permukaan Laut). Gunung ini menjadi salah satu tempat wisata di Kuningan dan menjadi gunung primadona di pulau Jawa. Medan pendakian yang dikenal menanjak dan curam ini menjadi keunikan tersendiri yang membuat adrenalin terpacu dan energi terasa terkuras habis jika kita berniat untuk mendaki hingga ke puncaknya.

Apabila ingin melakukan pendakian di tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini, kamu akan melewati beberapa zona yang berbeda. Mulai dari perkebunan penduduk, hutan pinus, hutan pegunungan bawah & atas dengan pohon-pohon yang cukup besar, hutan dataran tinggi yang banyak ditumbuhi semak belukar termasuk bunga edelweis sampai dengan zona tanpa tumbuhan menjelang puncak, yang membuat petualangan di Gunung Ciremai menjadi semakin menarik.

Wisata Kuningan Telaga Remis

Berada di kaki Gunung Ciremai, Telaga Remis menyajikan keindahan alam yang begitu mempesona, asri dan sangat menyejukkan mata. Tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini menawarkan udara pegunungan yang sejuk dan menenangkan. Tentunya sangat cocok untuk merefresh pikiran yang mulai penat akibat rutinitas harian.

Kegiatan wisata bersama keluarga akan semakin nyaman karena di tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini sudah tersedia beberapa fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari mushola, saung, sepeda air, toilet dan fasilitas lainnya.

Wisata Kuningan Curug Sidomba

Tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini berada di desa Peusing, Kecamatan Jalaksana. Berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota Kuningan. Nama Curug Cidomba mungkin terdengar unik bagi wisatawan.

Nama tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini diambil karena binatang domba yang ada di daerah ini. Tingginya sekitar 3 meter, Curug Sidomba menawarkan sensasi liburan yang santai dan menenangkan.

Di tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits berhawa sejuk ini, kamu akan dimanjakan oleh suasana alam yang begitu asri dengan suara gemericik air yang begitu menenangkan. Apalagi di wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini juga sudah tersedia beberapa fasilitas yang cukup memadai.

Jika perut lapar, ada restoran dengan menu khas daerah yang menggugah selera. Ada juga saung dan area bermain untuk anak-anak. Di lokasi wisata ini juga terdapat masjid dengan menara yang cukup tinggi, dimana ada 99 anak tangga yang bisa kamu lewati untuk mencapai puncak menara.

Wisata Kuningan Balong Dalem Jalaksana

Banyak tempat wisata yang menyimpan keindahan dan kisah sejarah. Balong Dalem merupakan hutan lindung yang ada di Desa Babakanmulya, Sadamantra, Kuningan Jawa Barat. Tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini asri dan memberikan suasana alam yang menawan.

Balong sendiri yang berasal dari bahasa Sunda yang artinya kolam. Banyak yang mengatakan bahwa tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini berkaitan erat dengan keberadaan Buyut Bayu atau Sultan Matangaji. Banyak rumor yang mengatakan Sultan Matangaji datang dari Kesultanan Cirebon di tempat ini.

Beberapa fasilitas seperti outbound, pusat terapi rematik, hiking tracking, perkemahan, edukasi, dan ada kolam renang untuk anak-anak maupun dewasa. Wisatawan yang datang ke wisata kuningan Jabar terbaru dan hits tak lupa untuk mengabadikan momen seperti foto di sekitar Balong yang luasnya mencapai hingga 6,5 hektar.

7 dari 7 halaman

Wisata Kuningan Jabar Terbaru dan Hits

Wisata Kuningan Curug Palutungan

Satu lagi tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits yang mengesankan dan kental dengan nuansa alami adalah Curug Putri Palutungan. Air terjun ini berada di lingkungan alam yang masih natural, dengan banyak tumbuhan yang rimbun menutupi aliran air dan sungai yang jernih dan menyegarkan.

Bagi yang tertarik mencari tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits yang tenang dan asyik, curug ini bisa jadi jujukan kamu. Tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini berupa air terjun, memiliki luas area sekitar 50 hektar dengan air terjun di dalamnya. Anda dapat melepaskan hobi anda seperti rafting, bersepeda, maupun trekking di kawasan tempat wisata Palutungan.

Objek wisata Palutungan tidak boleh kamu lewatkan saat berwisata ke Kuningan Jawa Barat. Selain mudah diakses, tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini menyajikan pemandangan alam yang begitu cantik dengan lingkungan yang masih sangat asri. Berada di kaki Gunung Ciremai, Palutungan bukan hanya didominasi dengan lingkungan yang hijau saja tetapi juga hawa sejuk pegunungan yang bikin adem dan rileks.

Wisata Kuningan Hutan Kota Bungkirit

Menikmati suasana hutan dengan pemandangan menawan dan semilir angin dingin tentu menjadi salah satu pilihan ketika liburan. Akan tetapi masih sangat jarang kota yang memiliki hutan kota tersendiri. Di Kuningan ini ada Hutan Kota Bungkirit yang sudah ditata rapi sehingga menjadi sangat menarik dan lebih nyaman bagi para wisatawan.

Ini yang membuat warga Kuningan semakin tertarik menjadikannya sebagai destinasi wisata kuningan Jabar terbaru dan paling hits untuk berfoto. Hutan Kota Bungkirit merupakan taman kota yang terletak di Jalan Raya Cigugur, Kecamatan Kuningan, tak jauh dari Alun-Alun Kuningan. Tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini telah dikelola pemerintah daerah sejak tahun 2011 dan menjadi salah satu objek wisata yang nggak membosankan.

Di Hutan Kota Bungkirit ini kamu dapat berjalan setapak dengan menanjak karena tempatnya yang masih sangat alami, yakni berbentuk lembah. Untuk harga tiket masuk wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini gratis alias tidak dikenai biaya. Selain tempatnya yang sejuk, terdapat fasilitas untuk bermain anak, beberapa wahana, dan juga tempat ini cocok untuk kamu yang ingin refreshing.

Wisata Kuningan Taman Rekreasi Salsabila

Taman Rekreasi Salsabila merupakan taman yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini dilengkapi dengan kolam renang seperti waterpark.  Salah satu keunikan taman ini yaitu bangunan rumah yang bernuansa Eropa.

Taman ini bernuansa coboy yang dilengkapi dengan restoran ala Eropa dan tentunya ada masakan khas Indonesia juga. Tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini terletak di Kecamatan Cigandamekar, tepatnya di Desa Panawuan, Jawa Barat. Untuk harga tiket masuknya, anak-anak dikenai biaya Rp 5 ribu dan untuk orang dewasa hanya dikenai tarif Rp 10 ribu. Kamu pun sudah bisa bermain sepuasnya di sini!

Wisata Kuningan Lembah Cilengkrang

Lembah ini dikelola oleh Kelompok Tani Hutan setempat. Area wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini terbentang luas sekitar 20 kilometer persegi. Tak hanya lembah, di tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini terdapat beberapa curug serta pemandian air panas alami.

Suasananya yang sejuk, dingin, dan sangat asri membuat para pengunjung betah dan ingin tinggal lebih lama. Selain disediakan beberapa fasilitas yang menunjang untuk rekreasi, di tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits terdapat camilan dan masakan kuliner khas Sunda. Lembah ini terletak di Kecamatan Kramatmulya, lebih tepatnya di Desa Pajambon, Kuningan, Jawa Barat.

Untuk harga tiket masuk wisata kuningan Jabar terbaru dan hits sekitar Rp 8 ribu sampai Rp 13 ribu saja. Harga tiket yang murah, dua curug, yaitu Curug Sawer dan Curug Sabuk sudah bisa dinikmati. Di tempat wisata kuningan Jabar terbaru dan hits juga terdapat perkemahan.

Untuk kamu yang ingin menginap ada tambahan biaya sekitar Rp20 ribu per orang. Tempat yang menakjubkan ini sangat cocok untuk liburan dan melepas penat setelah banyaknya aktivitas di kantor atau di kampus. Tentu sangat menyenangkan apabila kamu mengunjungi tempat ini bersama sahabat, keluarga, dan orang tersayang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.