Sukses

Pengertian Senam Irama Menurut Para Ahli, Sejarah, Jenis-Jenis Gerakan, dan Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Pengertian senam irama adalah salah satu cabang olahraga senam yang memadukan tarian dan balet dengan iringan berirama. Ada lebih kurang tujuh pengertian senam irama menurut para ahli yang dapat memperjelas maknanya. Senam irama biasa dilakukan dengan bola, tali, pita, dan gada.

Pengertian senam irama menurut para ahli seperti Margono adalah latihan gerakan tubuh yang diciptakan secara terencana. Senam irama telah disusun dan dipilih secara sistematis sehingga dapat mengembangkan dan membentuk pribadi yang harmonis. Dua jenis senam irama yang populer adalah senam artistik dan aerobik.

Olahraga senam irama berawal dari gagasan Jean-Georges-Noverre pada 1727-1810, Francois Delsarte pada 1811-1871, dan Rudolf Bode pada 1881-1970. Awal mula senam ini bernama modern gimnastik, lalu berubah menjadi olahraga gimnastik ritmis dan terakhir menjadi senam irama atau gimnastik ritmis.

Berikut Liputan6.com ulas pengertian senam irama menurut para ahli, sejarah, jenis gerakan, dan manfaatnya bagi kesehatan lebih jauh dari berbagai sumber, Senin (10/5/2021).

2 dari 6 halaman

Pengertian Senam Irama Menurut Para Ahli

Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009:9)

Pengertian senam irama menurut para ahli seperti Imam Hidayat adalah bentuk latihan tubuh yang telah didesain dan dipilih secara sengaja, terencana dan sadar dilakukan untuk disusun dengan sistematis sehingga dapat digunakan untuk menanamkan nilai mental spiritual, meningkatkan kesegaran jasmani dan mengembangkan keterampilan.

Mahendra (2000:14)

Pengertian senam irama menurut para ahli seperti Mahendra adalah bentuk aktivitas yang dimanfaatkan dalam pengembangan kemampuan gerak (motorability) dan komponen fisik.

Madijono (2010:1)

Pengertian senam irama menurut para ahli seperti Madijono adalah bentuk latihan jasmani yang dilakukan dengan gerakan fisik yang teratur, sistematis dan terencana sehingga dapat memperoleh manfaat yang baik untuk tubuh.

Peter H. Werner dalam Muhajir (2006:70)

Pengertian senam irama menurut para ahli seperti Peter H. Werner adalah bentuk latihan tubuh menggunakan lantai dan alat yang sudah dirancang untuk meningkatkan kelincahan, daya tahan tubuh, kontrol diri, kekuatan, koordinasi dan kelenturan tubuh.

Khadafi dan Sutrisno (2010:60)

Pengertian senam irama menurut para ahli seperti Khadafi dan Sutrisno adalah bentuk latihan fisik yang menggunakan gerakan sistematis dan terencana agar tujuan yang diinginkan dapat dicapai.

Margono (2009:19)

Pengertian senam irama menurut para ahli seperti Margono adalah latihan gerakan tubuh yang diciptakan secara terencana, telah disusun dan dipilih secara sistematis sehingga dapat mengembangkan dan membentuk pribadi yang harmonis.

Muhajir (2006:71)

Pengertian senam irama menurut para ahli seperti Muhajir adalah sebuah aktivitas utama yang digunakan untuk pengembangan komponen gerak dan komponen fisik.

3 dari 6 halaman

Pengertian Senam Irama Secara Umum

Pengertian senam irama adalah salah satu macam-macam senam yang gerakan-gerakannya dapat melatih kelenturan, ketangkasan, kelincahan, serta daya tahan untuk seluruh anggota tubuh. Komposisi gerakan dari pengertian senam irama biasanya mengikuti lantunan irama musik. Gerakannya sendiri memadukan gerakan tarian dan balet.

Unsur-unsur berdasarkan pengertian senam irama adalah keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama. Terkait pengertian senam irama, biasanya irama yang sudah banyak dikenal digunakan pada senam irama adalah 2/3, 3/4, 4/4, dan lainnya.

Keluwesan dalam gerakan berdasarkan pengertian senam irama adalah dapat diperoleh dengan latihan yang tekun dan dalam waktu yang lama. Kesinambungan gerakan berupa rangkaian gerak yang tidak terputus. Rangkaian gerak dari pengertian senam irama ini diperoleh dari gerak-gerak senam yang sudah disusun dalam bentuk rangkaian yang siap ditampilkan.

Dalam pengertian senam irama yang sudah dijelaskan, adapun ciri-ciri senam irama mudah diikuti, tidak membutuhkan biaya mahal, diiringi musik atau nyanyian, melibatkan banyak peserta, hingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh membuatnya termasuk ke dalam jenis olahraga senam umum.

4 dari 6 halaman

Sejarah Senam Irama

Olahraga senam irama berawal dari gagasan Jean-Georges-Noverre pada 1727-1810, Francois Delsarte pada 1811-1871, dan Rudolf Bode pada 1881-1970. Ketiga orang tersebut percaya pentingnya ekspresi pada suatu gerakan yang dilakukan oleh tubuh, guna menciptakan keindahan melalui berbagai rangkaian.

Lantas, gerakan tersebut mulai berkembang. Tepatnya pada abad ke-19 terdapat suatu sistem latihan yang dikenal sebagai Swedia System (sistem Swedia) yang diperkenalkan oleh Peter Henry Ling. Di mana yang awalnya merupakan gerakan bebas, lalu dipromosikan sebagai 'gymnastik estetis'. Gymnastik estetis merupakan suatu gerakan tubuh yang dilakukan oleh seorang atlet yang juga dibarengi oleh ekspresi diri, emosi, dan perasaan.

Seiring dengan perkembangan zaman, pemikiran pun makin maju. Tepatnya pada 1929, Hinrich Medau menciptakan suatu gagasan gymnastik yang cukup modern, yaitu suatu gerakan senam artistik yang menggunakan alat-alat tambahan seperti: bola, pita, tali, gada, dan simpai. Kompetisi pertama senam irama dilakukan di Rusia pada 1940. Kemudian pada 1961 oleh FIG, senam irama dimasukkan ke cabang senam.

Awal mula senam ini bernama modern gimnastik, lalu berubah menjadi olahraga gimnastik ritmis dan terakhir menjadi senam irama atau gimnastik ritmis. Itulah sejarah awal mula adanya senam irama yang masih lestari hingga sekarang. Banyak orang dari berbagai jenjang usia yang sudah menyukai olahraga tersebut, terutama karena mempunyai banyak manfaat.

5 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Gerakan Senam Irama

Senam irama adalah salah satu olahraga yang dapat menjadi solusi menjaga kesehatan dan mengontrol berat badan. Tentunya kamu perlu mengetahui berbagai jenis gerakan pada senam irama terlebih dahulu sebelum menerapkannya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, senam irama adalah jenis senam yang menekankan pada kelenturan, ketepatan, dan kontinuitas gerakan. Jenis-jenis gerakan senam irama adalah sebagai berikut:

Pertama, gerakan senam irama adalah tanpa alat yang menekankan gaya, teknik, dan eksekusi kemampuan menari.

Kedua, senam irama menggunakan tali dengan gerakan yang variatif seperti melompat, melempar, berayun, memutar dan membentuk angka 8.

Ketiga, senam menggunakan simpai yang merupakan lingkaran besar terbuat dari plastik atau rotan.

Keempat, senam irama menggunakan bola karet berdiameter 18-20 cm.

Kelima, senam irama dengan tongkat dengan menghentak-hentakkan tongkat, melempar, dan menangkap.

Gerakan yang terakhir yaitu menggunakan pita sepanjang 6 meter dan dilakukan gerakan seperti berayun, spiral, dan lingkaran.

6 dari 6 halaman

Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan

1. Membakar Lemak

Manfaat senam irama adalah dapat membantu membakar lemak dan kalori yang berlebihan di tubuh. Hal ini tentunya bisa kamu dapatkan jika sudah melakukannya secara rutin.

Keseimbangan fisik, keluwesan hingga kelincahan dibutuhkan pada setiap gerakan yang dilakukan dalam senam irama supaya sesuai iringan musik. Hal ini karena fisik akan bergerak secara sambung menyambung sesuai alunan musik yang nantinya bisa membakar lemak serta kalori berlebih dalam tubuh.

2. Melatih Keseimbangan

Beberapa gerakan senam irama memang perlu dilakukan dengan keseimbangan tubuh yang baik. Berlatih keseimbangan ini penting untuk memperbaiki postur tubuh sehingga meminimalisir risiko pembengkokan tulang belakang.

3. Menambah Kekuatan Otot

Manfaat senam irama akan membantu menguatkan jaringan otot tubuh. Secara otomatis dengan sering melakukan senam irama akan membuat otot-otot menjadi lebih kuat dan lentur.

Otot-otot di dalam tubuh menjadi lentur dan kuat, sehingga membuat jangkauan gerakan tubuh meningkat. Selain itu hal ini juga akan mencegah tubuh mengalami kaku serta cedera di saat melakukan berbagai aktivitas fisik yang berat.

4. Membuat Kamu Tidak Rentan Cedera

Manfaat senam irama selanjutnya berkaitan dengan kelenturan yang diciptakannya ketika kamu melakukan gerakan senam. Semakin sering melakukan senam irama, maka semakin lentur tubuhmu dan terbukti jarang mengalami cedera meskipun melakukan aktivitas berat.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat senam irama juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Lantaran di saat tubuh sedang melakukan gerakan senam maka, hal tersebut akan melatih kekuatan tulang. Jika sering melakukan senam irama, maka manfaat yang didapatkan adalah tulang menjadi lebih kuat dan sehat. Kekuatan tulang tentu saja dapat menunjang aktivitas sehari-hari.

6. Menyehatkan Mental

Tentu saja manfaat senam irama tidak hanya dirasakan oleh tubuh, melainkan juga menyehatkan mental. Penelitian menunjukkan anak-anak yang sering melakukan gerakan senam irama akan memiliki kemampuan memecahkan masalah dan fokus lebih baik.

Fokus dan kemampuan memecahkan masalah ini akan membuat nilai akademis juga lebih memuaskan daripada anak yang tidak pernah senam. Sementara bagi orang dewasa manfaat senam irama dikatakan dapat mengurangi stres.

7. Optimalkan Fungsi Otak

Senam irama juga mampu mengoptimalkan fungsi otak. Sebab gerakan senam irama diiringi alunan musik yang dipercaya mampu menurunkan hormon kortisol dan epineprin yang menyebabkan stres.

Dua hormon itulah yang nantinya menjadi antidepresan yang berupa norepineprin. Selain itu dengan sering melakukan gerakan senam irama bisa menghindarkan diri dari penyakit kognitif seperti Alzheimer.

8. Menyehatkan Jantung

Senam irama dilakukan dengan iringan musik di setiap gerakannya. Irama yang digunakan pun sangat beragam, mulai dari tempo yang lambat hingga cepat. Gerakan yang lambat hingga cepat inilah yang membuat senam irama bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.