Sukses

12 Wisata Kuala Lumpur yang Wajib Dikunjungi, Banyak Bangunan Ikonik

Liputan6.com, Jakarta Wisata Kuala Lumpur  bisa menjadi destinasi yang menyenangkan. Kuala Lumpur menawarkan keindahan kota yang memiliki bangunan-bangunan berserah yang ikonik serta wisata belanja yang sangat menarik.

Beberapa destinasi seperti Petronas Twin Tower dan KL Tower tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Selain itu, ada juga Batu Caves yang menjadi destinasi yang tak kalah ikonik bagi Kuala Lumpur. Rasanya tidak lengkap berlibur ke Malaysia jika belum ke tempat-tempat ini. 

Wisata Kuala Lumpur menawarkan suasana kota yang menarik untuk dijelajahi. Jika kamu ingin belanja dan menikmati kuliner, juga bisa berjalan-jalan di Chinatown, Bukit Bintang, hingga ke Pasar Seni untuk membeli oleh-oleh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/5/2021) tentang tempat wisata Kuala Lumpur.

2 dari 5 halaman

Wisata Kuala Lumpur

Petronas Twin Tower

Menara 88 lantai ini dikenal juga dengan sebutan Menara Kembar Petronas. Wisata Kuala Lumpur Malaysia ini merupakan landmark Negeri Jiran yang sudah terkenal di mana-mana. Bahkan, banyak wisatawan yang telah mengunjungi menara ini lebih dari sekali karena kemegahannya.

Menara dengan tinggi 451.9 meter ini lokasinya ada di tengah kota Kuala Lumpur. Selain bangunan arsitektur yang mewah, Petronas Twin Tower ini memiliki skybridge yang menghubungkan menara satu dengan menara lainnya. Uniknya, jembatan tersebut merupakan jembatan dua lantai yang berada di ketinggian 175 meter, tepatnya di lantai 41. 

Batu Caves

Wisata Kuala Lumpur ini merupakan kuil Hindu Tamil yang paling kesohor di Malaysia. Sebuah patung Dewa Murugan setinggi 42 meter dengan lapis emas bakal membuat kamu terpukau.

Batu Caves ini memiliki patung Dewa Murugan tertinggi di dunia. Letaknya di tebing batuan kapur, terdapat sebanyak 272 anak tangga yang harus kamu naiki untuk sampai ke gua di mana terdapat tempat pemujaan.

Lumayan capek juga menaiki tangga tersebut, tapi pemandangan di dalam akan membuat rasa capekmu hilang. Kuil ini mudah dicapai dengan KTM Komuter dari KL Sentral dan turun di stasiun Batu Caves, persis di sebelah kuil.

Kuala Lumpur Tower

Menara lain yang wajib masuk destinasi wisata Kuala Lumpur adalah KL Tower atau Menara Kuala Lumpur. Kamu akan disuguhkan pemandangan kota yang sangat keren dari atas menara setinggi 421 meter ini.

Salah satu spot paling menarik ketika berkunjung ke menara ini adalah Sky Deck. Kamu akan merasakan sensasi memandangi keindahan kota Kuala Lumpur dari atas menara tanpa terhalang kaca. Selain itu, jangan lewatkan pengalaman unik berdiri di atas kaca transparan Sky Box. Bangunan kaca yang menjorong keluar ini terbuat dari bahan kaca tebal transparan.

 

3 dari 5 halaman

Wisata Kuala Lumpur

Chinatown

Wisata Kuala Lumpur Malaysia ini terletak di jalan Petaling. Kalau di Indonesia kamu mengenalnya dengan kawasan Pecinan. Kamu bisa berbelanja suvenir di sini, dan kebanyakan penjualnya adalah orang China Malaysia.

Untuk berinteraksi pun dengan para penjualnya sangat mudah, kamu bisa menggunakan bahasa Melayu, Inggris dan juga bahasa Mandarin atau Kanton. Jangan lupa untuk menawar harga barang-barang yang ingin kamu beli.

Bukit Bintang

Jangan terkecoh dengan nama wisata Kuala Lumpur ini. Ketika mendengar bukit bintang, kamu mungkin berpikir tentang suasana perbukitan yang sunyi. Nyatanya, Bukit Bintang adalah nama sebuah kawasan perbelanjaan dan hiburan di pusat Kuala Lumpur.

Berbagai pusat perbelanjaan yang menjual barang-barang branded, klub malam, dan hotel bintang lima berjajar di sana. Lokasinya pun strategis dan mudah dicapai dengan transportasi umum, seperti MRT, LRT, bus lokal, maupun taksi.

Pasar Seni

Mau berburu suvenir di Kuala Lumpur, Pasar Seni tempatnya. Banyak suvenir dengan harga miring di wisata Kuala Lumpur Malaysia ini. Selain itu kamu bisa menikmati pemandangan aneka kerajinan tangan masyarakat di sana. Tempat yang unik dan suasana pasar yang sangat menyenangkan akan kamu rasakan di sini. Kamu bisa menjangkaunya dengan LRT Laluan Kelana Jaya dan turun di Stasiun Pasar Seni.

4 dari 5 halaman

Wisata Kuala Lumpur

Dataran Merdeka

Dataran Merdeka merupakan lapangan yang sangat luas dengan ikon tiang bendera tertinggi di Asia Tenggara. Dulu, wisata Kuala Lumpur ini merupakan pusat pemerintahan Kuala Lumpur saat masih masa pendudukan Inggris. kamu bakal menjumpai bangunan tua yang sangat apik dan masih terjaga.

Kamu bisa menikmati bangunan Sultan Abdul Samad, Katedral St Mary the Virgin, dan Perpustakaan Kuala Lumpur secara gratis. Perlu kamu tahu, wisata Kuala Lumpur Malaysia ini disebut Dataran Merdeka karena tempat ini merupakan lokasi deklarasi kemerdekaan Malaysia.

Sultan Abdul Samad Building

Sultan Abdul Samad Building adalah wisata Kuala Lumpur Malaysia yang tak kalah populer. Tempat inilah yang menjadi tempat pertama kali bendera Malaysia berkibar setelah Merdeka dari penjajahan Inggris pada tahun 1957.

Kota Tua

Kamu bisa menikmati Kota Tua dengan bangunan bersejarah dan bangunan museum di Merdeka Square Malaysia. Bagi yang suka berfoto, wisata Kuala Lumpur ini sangat instagramable. Akan sangat disayangkan kalau kamu tidak mengambil gambar untuk diunggah di jejaring sosial media. Sebab keindahan artistik bangunan yang ada di tempat ini sangat menakjubkan.

5 dari 5 halaman

Wisata Kuala Lumpur

Rumah Penghulu Abu Seman

Bangunan rumah tua yang satu ini merupakan rumah terkuno di Malaysia. Pasalnya wisata Kuala Lumpur Malaysia ini di bangun pada tahun 1901 dan 1930-an yang berada di Kampung Sungai Kecil yang terletak di Peninsula. Bagi kamu yang suka berwisata sejarah bisa mengunjungi obyek wisata yang satu ini, karena di tempat ini kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan sejarah.

Masjid Negara

Masjid milik pemerintah atau biasa disebut kerajaan malaysia ini tampak begitu modern. Masjid Negara terbuka untuk turis, tapi wajib menggunakan penutup atau jubah buat kamu yang tidak menutup aurat. Masjid ini selalu ramai pengunjung, selain itu kamu bisa menggunakan Bus GoKL secara gratis untuk menuju tempat wisata Kuala Lumpur ini. Kalau kamu suka jalan kaki, hanya butuh 10 menit dari Dataran Merdeka menuju Masjid Negara.

KL City Gallery

Mau tau perkembangan Kuala Lumpur? Datang saja ke KL City Gallery, kamu bakal ditunjukkan bagaimana Kuala Lumpur tumbuh dari masa ke masa. Hanya perlu biaya 5 Ringgit atau setara Rp 16.000, kamu sudah bisa masuk ke wisata Kuala Lumpur Malaysia satu ini. Biaya tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli makanan, cake, suvenir di area pintu keluar setelah selesai menikmati galeri tersebut.