Sukses

12 Fungsi Toner Wajah untuk Kulit, Ketahui Cara Menggunakannya yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta Fungsi toner wajah untuk kulit memiliki fungsi untuk mengangkat sisa kotoran dari kulit wajah. Toner juga dikenal dengan istilah astringent, clarifier atau water rafiner ini ternyata tidak hanya untuk membersihkan kulit wajah, tapi memiliki beragam fungsi lain bagi kesehatan kulit yang perlu Anda ketahui.

Membersihkan kulit wajah dengan sabun wajah saja tidak cukup. Agar semua kotoran dan minyak di kulit wajah terangkat sempurna, diperlukan rangkaian perawatan yang salah satunya adalah toner. Toner merupakan produk perawatan kulit yang digunakan pada wajah dengan menggunakan kapas. Teksturnya encer, berbahan lembut, dan tidak iritatif, sehingga cukup aman digunakan untuk membersihkan wajah.

Toner mengandung berbagai asam, antioksidan, bahan anti-inflamasi, dan nutrisi yang dibutuhkan dalam perawatan kulit. Toner wajah adalah langkah perawatan kulit mendasar. Fungsi toner wajah berperan sebagai pelembab cair yang menembus kulit untuk menyediakan bahan-bahan penting dan membersihkan sel-sel kulit mati.

Untuk lebih tahu detailnya, berikut fungsi toner wajah untuk kulit yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (16/5/2021).

2 dari 8 halaman

Menyegarkan dan Membersihkan Kulit Wajah dari Kotoran

1.  Menyegarkan Kulit

Fungsi toner wajah yang pertama adalah untuk menyegarkan kulit. Toner berperan untuk membersihkan kulit dari kotoran, bekas riasan, minyak berlebih, dan bahkan membuat kulit terus terhidrasi. Efek ini membuat kulit jauh lebih segar dan terhindari dari kulit kering.

2.  Membersihkan Kulit Wajah dari Kotoran

Fungsi toner wajah yang selanjutnya adalah memberishkan kulit wajah dari kotoran. Bahkan setelah Anda mencuci kulit dengan facial foam, sisa kotoran dan polusi, bersama dengan bahan kimia, tetap ada di kulit. Toner membantu membersihkan residu dari kulit dan menjadikannya lebih sehat dan cerah.

Toner wajah juga dapat digunakan untuk membersihkan di dalam dan sekitar telinga. Toner juga bisa digunakan untuk mengurangi deposit berminyak di punggung, dada, dan lengan, di mana jerawat juga cenderung terbentuk.

3 dari 8 halaman

Menyeimbangkan PH Kulit dan Melembabkan

3.  Menyeimbangkan PH Kulit

Fungsi toner wajah untuk kulit yang berikutnya adalah menyeimbangkan PH kulit. Tingkat pH menunjukkan tingkat keasaman kulit. Pada skala 0-14, 7 adalah level netral pH kulit.

Namun, pH optimal kulit manusia adalah 5,5. Keringat dan sebum yang dilepaskan oleh kulit membentuk mantel asam yang melindungi kulit dari kekeringan dan iritasi. Menggunakan toner membantu melindungi mantel asam yang menjaga keseimbangan pH.

4.  Melembabkan Kulit

Fungsi toner wajah untuk kulit yang selanjutnya adalah melembabkan kulit. Beberapa toner adalah humektan, yang berarti mereka membantu mengikat kelembaban pada kulit.

Toner dapat membantu mengembalikan kelembapan pada kulit dan menjaganya agar tidak terasa dan terlihat kering. Banyak dari produk toner yang diresapi dengan bahan-bahan pelembab seperti asam hialuronat yang menjaga kulit tetap lembab, elastis, dan awet muda.

4 dari 8 halaman

Mengontrol Minyak Berlebih dan Mengecilkan Pori-pori

5.  Angkat Minyak Berlebih

Fungsi toner wajah untuk kulit yang berikutnya adalah membantu mengangkat minyak berlebih. Ini cocok bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak. Menerapkan toner dengan bola kapas dapat membantu membersihkan minyak berlebih dan membuat wajah bercahaya tanpa kilap minyak yang mengganggu.

6.  Mengecilkan Pori-pori

Fungsi toner wajah untuk kulit yang selanjutnya adalah mengecilkan pori-pori. Pori-pori kulit yang besar adalah tempat kotoran dan polusi masuk ke kulit, menyebabkan penyumbatan dan jerawat. Menggunakan toner wajah akan mengencangkannya secara teratur, mencegah kotoran, minyak, dan polusi masuk dan menyumbat.

5 dari 8 halaman

Membantu Melindungi dan Menghidrasi Kulit

7.  Melindungi Kulit

Fungsi toner wajah untuk kulit yang berikutnya adalah membantu melindungi kulit. Toner wajah berfungsi untuk menghilangkan racun lingkungan seperti asap, kabut asap dan residu kimiawi lainnya dari kulit. Bahan-bahan pelindung dalam toner dapat membantu menangkal kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UV dan menjaga kulit tampak sehat.

Toner dapat membantu menutup pori-pori dan mengencangkan celah sel setelah pembersihan, mengurangi penetrasi kotoran dan kontaminan lingkungan ke dalam kulit. Toner juga bisa melindungi dan menghilangkan klorin dan mineral yang ada dalam air.

8.  Menghidrasi Kulit

Ketika menggunakan sabun pembersih, proses ini dapat menghilangkan minyak alami dari kulit, menjadikannya kering dan gatal. Toner dapat membantu menjaga hidrasi kulit agar tetap lembap dan segar.

Toner wajah memberikan hidrasi pada kulit yang penting untuk menjaga elastisitas, kehalusan, kelembaban dan penampilan yang lebih muda. Hidrasi kulit yang tepat mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan memberikan dasar yang efektif untuk aplikasi kosmetik wajah. Banyak toner wajah juga menyediakan vitamin dan nutrisi kulit penting lainnya untuk menjaga kulit tetap sehat dan seimbang.

6 dari 8 halaman

Bantu Proses Perawatan Kulit dan Mencegah Jerawat Muncul

9. Membantu Proses Perawatan Kulit

Toner juga dapat membantu memaksimalkan produk perawatan kulit lainnya dengan memungkinkannya menyerap lebih efektif. Toner membantu meningkatkan kemanjuran produk perawatan kulit lainnya. Mereka memastikan bahwa kulit siap menyerap semua kebaikan dari produk-produk skin care lainnya. Karenanya, jangan hilangkan toner dari rutinitas perawatan kulit dan pilih yang sesuai dengan jenis kulit.

10. Mencegah Jerawat Muncul

Jerawat bisa terasa menyakitkan dan tidak enak dilihat dan dapat menyebabkan jaringan parut pada wajah. Masalah ini juga dapat menyebabkan kulit tampak lebih berminyak, kusam, dan tidak seimbang.

Toner mencegah penumpukan kotoran di pori-pori dan mengurangi sekresi minyak dan sebum yang berlebihan. Ketika kulit bersih dan jernih, tidak ada ruang untuk pembentukan jerawat. Menggunakan toner juga penting untuk mengangkat sel kulit mati penyebab bekas jerawat. Pembersihkan dengan toner juga aan mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari.

7 dari 8 halaman

Bantu Detoksifikasi dan Menambah Lapisan Pelindung pada Kulit

11. Membantu Detoksifikasi

Racun yang berasal dari zat buatan industri kimia dan lingkungan dapat memengaruhi kesehatan dan penampilan kulit. Toner wajah bekerja dengan menghilangkan racun tersebut maupun zat sisa lainnya dari kulit Anda. Inilah mengapa toner yang bagus dapat membantu wajah Anda terlihat cerah dan sehat.

12. Menambah Lapisan Pelindung pada Kulit

Dengan menyediakan kelembapan dan nutrisi penting yang dibutuhkan kulit, toner yang bagus akan memperbaiki lapisan pelindung di permukaan kulit. Hal ini membuat kulit lebih tahan dan tidak rentan terhadap kerusakan lingkungan.

8 dari 8 halaman

Cara Menggunakan Toner yang Tepat

Fungsi toner selain yang disebutkan di atas juga berfungsi untuk mempersiapkan kulit agar bahan-bahan dari skincare lainnya dapat terserap lebih maksimal. Berikut cara menggunakan toner untuk kulit yang tepat agar manfaat toner tidak sia-sia, diantaranya :

1. Gunakan toner setelah membersihkan wajah dari makeup dengan mencuci wajah menggunakan facial wash.

2. Pastikan tangan Anda sudah bersih.

3. Ketika menggunakan toner, harus dengan kapas. Hal ini juga dapat berfungsi mengangkat sisa kotoran dan make up yang masih ada di pori-pori wajah.

4. Cukup gunakan toner wajah dua kali sehari.

5. Setelah menggunakan toner, jangan lupa untuk menggunakan pelembab wajah. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit dan membuatnya menjadi lebih halus.