Sukses

10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh, Tingkatkan Imunitas hingga Bantu Kesehatan Jantung

Liputan6.com, Jakarta Manfaat vitamin C untuk tubuh salah satunya membantu menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kulit. Vitamin C diketahui aman untuk dikonsumsi dan mudah didapatkan. Baik dari asupan makanan dan juga terdapat pada suplemen, sebagai asupan nutrisi pelengkap yang bermanfaat.

Vitamin C atau yang kerap disebut asam askorbat merupakan jenis nutrisi yang larut dalam air dan tidak  diproduksi oleh tubuh. Sumber vitamin C bisa Anda temukan pada buah-buahan dan sayuran segar, seperti ada pada jeruk, mangga, pepaya, nanas, paprika, tomat, kiwi, strawberry, cabai, dan brokoli, atau jika perlu dari suplemen vitamin C. Vitamin C diperlukan untuk perkembangan serta menjaga fungsi kerja organ tubuh.

Dosis yang dibutuhkan tubuh manusia mulai dari 75 hingga 90 mg setiap harinya. Mengonsumsi vitamin C dengan dosis 500 mg per hari masuk dalam kategori aman untuk menjaga kesehatan. Ketika pasca operasi , kebutuhan akan vitamin ini akan meningkat untuk membantu proses penyembuhan berlangsung. 

Jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat, Anda harus memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin setiap harinya. Untuk itu, simak beberapa manfaat vitamin C bagi tubuh agar Anda semakin rajin untuk mengonsumsinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (16/5/2021).

2 dari 6 halaman

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Mempercepat Penyembuhan Luka

1. Meningkatkan Daya tahan Tubuh

Manfaat Vitamin C pada tubuh yang pertama adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C sendiri akan menjadi tameng bagi tubuh untuk melawan penyakit karena fungsinya yang membantu penyerapan zat besi. Oleh karena itu, penyakit seperti batuk dan pilek dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin ini dalam tubuh.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat vitamin C yang selanjutnya adalah berperan dalam penyembuhan luka. Proses penyembuhan luka membutuhkan banyak protein, salah satunya kolagen. Jika produksi kolagen menurun, luka tentu lebih lama sembuh dari seharusnya.

Vitamin C merangsang produksi, pematangan, dan pelepasan kolagen pada jaringan yang terluka. Hal ini membantu mempercepat pembentukan jaringan baru yang akan menutup luka. Dengan begitu, luka akan lebih cepat sembuh.

3 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Mata dan Menurunkan Resiko Serangan Jantung

3.  Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat vitamin C yang berikutnya adalah menjaga kesehatan mata. Organ mata memang membutuhkan vitamin A untuk menjaga kesehatannya, tetapi vitamin C juga berperan penting untuk mencegah terjadinya penyakit mata katarak dan juga rabun serta tumor mata.

4.  Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Manfaat vitamin C yang selanjutnya adalah menurunkan resiko serangan jantung.  serangan jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia dengan meraih 29 persen kematian global setiap tahun yang diikuti dengan penyakit infeksi dengan meraih 16,2 persen kematian dan kanker yang meraih 12,6 persen kematian di dunia. Tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut sebagai hipertensi bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah, seperti penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin, maka akan meningkatkan kadarnya dalam tubuh dan membuatnya menjadi stabil dan mengurangi penebalan pada pembuluh darah arteri pada jantung. Penebalan pada pembuluh darah arteri inilah yang menjadi penyebab utama serangan jantung secara mendadak.

4 dari 6 halaman

Menurunkan Resiko Penyakit Kronis dan Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

5.  Menurunkan Resiko Penyakit Kronis

Manfaat vitamin C yang berikutnya adalah membantu menurunkan resiko penyakit kronis. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang bisa memperkuat ketahanan tubuh. Antioksidan bekerja dengan melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

Paparan radikal bebas berlebih bisa menyebabkan penumpukan. Penumpukan radikal bebas bisa mendorong kondisi yang disebut stres oksidatif yang sering dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis. Dalam beberapa penelitian,  menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C bisa meningkatkan level antioksidan darah hingga 30% dan membantu tubuh melawan peradangan.

6.  Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat vitamin C yang selanjutnya adalah mengatasi tekanan darah tinggi. Vitamin C bisa menurunkan tekanan darah tinggi pada orang dewasa sehat dan orang dewasa dengan tekanan darah tinggi. Dalam beberapa penelitian yang dilakukan pada manusia menemukan bahwa dengan mengonsumsi suplemen vitamin C bisa mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 3,84 mmHg pada orang dewasa sehat. Sedangkan tekanan darah diastolik menurun sebesar 1,48 mmHg pada orang dewasa sehat.

5 dari 6 halaman

Menurunkan Kadar Asam Urat dan Mencegah Kekurangan Zat Besi

7.  Menurunkan kadar Asam Urat

Manfaat vitamin C pada tubuh yang selanjutnya adalah menurunkan kadar asam urat. Beberapa studi menemukan bahwa vitamin C bisa menurunkan kadar asam urat dan melindungi orang dewasa dari encok. Orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki kadar asam urat yang lebih rendah dibanding mereka yang mengonsumsi lebih sedikit.

8.  Mencegah Kekurangan Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi penting yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Seperti membuat sel darah merah dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Vitamin C bisa membantu penyerapan zat besi lebih baik dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Vitamin C bisa mengubah zat besi yang sulit diserap, seperti zat besi dari sayuran, menjadi bentuk yang lebih mudah untuk diserap.

6 dari 6 halaman

Mengurangi Resiko Demensia dan Mencegah Kanker

9. Mengurangi Resiko Demensia

Manfaat vitamin C lainnya adalah mengurangi risiko demensia dan menjaga fungsi otak. Demensia sendiri adalah istilah yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan gejala kesulitan berpikir dan mengingat. Dalam beberapa penelitian menemukan bahwa penderita demensia memiliki level vitamin C yang lebih rendah di darah. Sedangkan asupan vitamin C yang tinggi dari makanan atau suplemen bisa melindungi kemampuan berpikir dan mengingat seiring menua.

10. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat vitamin C di antaranya, dapat mengurangi kerusakan sel DNA, yang merupakan langkah awal invasi sel kanker ke dalam tubuh. Vitamin C juga dapat mengurangi perubahan inflamasi yang memungkinkan sel-sel ganas berkembang menjadi tumor berbahaya. Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat mengurangi kerusakan organ tubuh akibat efek samping pengobatan kanker dengan kemoterapi.

Itu tadi beberapa manfaat vitamin C pada tubuh yang perlu Anda ketahui. Mengonsumsi vitamin C setiap hari, mampu untuk menjaga kesehatan tubuh khususnya meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindari dari berbagai penyakit yang merusak fungsi organ tubuh kita.