Sukses

10 Fungsi Membran Sel pada Makhluk Hidup, Punya Peran Penting

Liputan6.com, Jakarta Fungsi membran sel sangat penting dalam sebuah sel makhluk hidup. Semua sel memiliki membran sel. Membran sel adalah membran tipis yang mengelilingi sitoplasma suatu sel. Fungsi membran sel sangat penting untuk melindungi keutuhan bagian dalam sel.

Membran sel, juga disebut membran plasma, ditemukan di semua sel dan memisahkan bagian dalam sel dari lingkungan luar. Fungsi membran sel memberikan perlindungan bagi sebuah sel.

Fungsi membran sel memberi sel strukturnya dan mengatur bahan yang masuk dan keluar sel. Membran plasma sel mendefinisikan batas sel dan menentukan sifat kontaknya dengan lingkungan. Fungsi membran sel membantu menopang sel dan membantu mempertahankan bentuknya.

Berikut fungsi membran sel, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (16/5/2021).

2 dari 7 halaman

Mengenal membran sel

Membran sel disebut juga membran plasma , yaitu membran tipis yang mengelilingi setiap sel hidup, membatasi sel dari lingkungan sekitarnya. Membran plasma, atau membran sel, memberikan perlindungan bagi sebuah sel. Membran sel juga menyediakan lingkungan tetap di dalam sel, dan membran itu memiliki beberapa fungsi berbeda.

Membran sel mengapit konstituen sel, seringkali molekul besar yang larut dalam air, bermuatan tinggi seperti protein, asam nukleat, karbohidrat, dan zat yang terlibat dalam metabolisme sel.

Protein dan lipid adalah komponen utama membran sel. Campuran atau rasio protein dan lipid yang tepat dapat bervariasi tergantung pada fungsi sel tertentu.

3 dari 7 halaman

Fungsi membran sel

Melindungi sel

Fungsi membran sel yang paling utama adalah melindungi keutuhan bagian dalam sel dengan membiarkan zat tertentu masuk ke dalam sel sambil menahan zat lain keluar. Fungsi membran sel menjadi penghalang yang menjaga unsur-unsur sel masuk dan zat-zat yang tidak diinginkan keluar.

Menyelubungi sel

Membran sel merupakan selaput berkelanjutan dan tidak putus yang membatasi dan menyelubungi suatu ruangan (kopertemen). Membran sel menyelubungi isi seluruh sel, selain itu ada juga membran yang membatasi nukleus dan ruang-ruang di sitoplasma.

Membran juga merupakan penghalang yang tangguh, memungkinkan beberapa zat terlarut lewat sambil menghalangi yang lain.

4 dari 7 halaman

Fungsi membran sel

Interaksi Antar Sel

Pada organisme bersel banyak, membran sel bertanggung jawab terhadap interksi antara sel satu dengan yang lainnya. Alat tubuh pada umumnya terdiri dari macam sel yang berbeda yang harus bekerja sama untuk melaksanakan fungsi keseluruhan. Membran sel menyilahkan sel untuk saling mengenal kemudian saling bertukar substansi dan informasi dengan tidak memandang apakah sel sudah terpakai di tempat tertentu, seperti dari jaringan.

Mengatur pertumbuhan sel

Fungsi membran sel lainnya adalah untuk mengatur pertumbuhan sel melalui keseimbangan endositosis dan eksositosis . Dalam endositosis, lipid dan protein dikeluarkan dari membran sel saat zat diinternalisasi. Pada eksositosis, vesikula yang mengandung lipid dan protein menyatu dengan membran sel yang meningkatkan ukuran sel.

5 dari 7 halaman

Fungsi membran sel

Transfer Informasi

Membran mempunyai peranan mentransfer informasi dari satu sel ke sel yang lain. Di dalam membran terdapat reseptor yang mampu mengkombinasi dengan molekul tertentu dengan bentuk yang sesuai, seperti yang selalu berkombinasi dengan suatu subtrat yang sesuai.

Sel yang berbeda mempunyai membran yang memiliki reseptor yang juga berbeda, sehingga bermacam-macan reseptor akan berkombinasi dengan bermacam-macam ligand. Ligand adalah molekul atau ion yang dapat berkombinasi dengan reseptor yang terdapat dalam membran.

Sebagai perantara

Membran sel merupakan perantara bagi keluar masuknya zat terlarut. Kemampuan membran plasma meluluskan substansi tertentu masuk ke atau keluar dari sel, tetapi membatasi pergerakan substansi tertentu disebut permeabilitas selektif. Suatu membran dikatakan permeabel terhadap suatu substansi tersebut.

6 dari 7 halaman

Fungsi membran sel

Pembawa reseptor

Membran plasma juga membawa reseptor, yang merupakan tempat pelekatan untuk zat tertentu yang berinteraksi dengan sel. Setiap reseptor disusun untuk mengikat dengan zat tertentu. Misalnya, reseptor permukaan membran membuat perubahan di bagian dalam, seperti perubahan enzim pada jalur metabolisme. Jalur metabolisme ini mungkin penting untuk menyediakan energi bagi sel, membuat zat khusus untuk sel, atau memecah limbah seluler atau racun untuk dibuang.

Transportasi Lintas Membran Sel

Bagian penting dan berkelanjutan dari kehidupan sel adalah mengambil nutrisi dan membuang limbah. Semua ini harus melewati membran sel. Substansi tertentu misalnya harus bergerak masuk ke dalam seluntuk menyokong agar sel itu hidup, namun sebaliknya zat-zat buangan yang di hasilkan oleh metabolisme sel harus di keluarkan dari dalam sel untuk selanjutnya di buang keluar tubuh. Pergerakan substansi dapat dilakukan dengan cara pasif maupun aktif.

7 dari 7 halaman

Fungsi membran sel

Penyediaan Enzim

Sistem enzim dalam membran pada umumnya disebut adenilsiklase yang terdapat pada hampir semua jaringan mamalia kecuali sel darah merah. Aktivasi terhadap adenilsiklase menimbulkan perubahan ATP menjadi adenosin monofosfat siklik (cAMP) didalam sel. Meningkatnya jumlah cAMP didalam sel selanjutnya membawa pengaruh terhadap respons fisiologik dari sel, misalnya: sistem enzim menjadi aktif, terjadi perubahan permeabilitas membran terhadap substansi tertentu, terjadi sintesa atau sekresi hormon, sintesa protein.

Memberi Sinyal

Membran sel juga memainkan peran penting dalam pensinyalan dan komunikasi sel. Membran mengandung beberapa protein tertanam yang dapat mengikat molekul yang ditemukan di luar sel dan menyampaikan pesan ke dalam sel.

Ketika sebuah molekul mengikat reseptor targetnya pada membran, ia memulai jalur transduksi sinyal di dalam sel yang mentransmisikan sinyal ke molekul yang sesuai. Sebagai hasil dari jalur pensinyalan yang seringkali kompleks ini, sel dapat melakukan tindakan yang ditentukan oleh molekul pensinyalan, seperti membuat atau menghentikan produksi protein tertentu.