Sukses

Akuntansi adalah Dasar dalam Bisnis, Ketahui Pengertian, Sejarah, dan Tujuan

Akuntansi adalah praktik dasar yang dijalankan dalam bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Akuntansi adalah praktik dasar yang dijalankan dalam bisnis. Aktivtas akuntansi adalah meliputi pencatatan, pengklasifikasian, dan pelaporan transaksi bisnis. Akuntansi adalah salah satu fungsi utama untuk hampir semua bisnis.

Terlepas dari ukuran bisnis, akuntansi merupakan fungsi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan, perencanaan biaya, dan pengukuran pengukuran kinerja ekonomi. Akuntansi adalah bagaimana bisnis mencatat, mengatur, dan memahami informasi keuangannya.

Akuntansi adalah pengembangan sistematis dan analisis informasi tentang urusan ekonomi suatu organisasi. Dapat dikatakan, akuntansi adalah manajemen dasar dalam urusan ekonomi.

Dalam teorinya, akuntansi adalah ilmu yang sangat berguna dalam ekonomi. Berikut pengertian tentang akuntansi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu(16/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian akuntansi secara umum

Menurut KBBI, akuntansi adalah n Man teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya. Akuntansi juga didefinisikan sebagai seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.

Menurut American Accounting Association (AAA) Akuntansi adalah suatu proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi dengan memungkinkan adanya sebuah penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Akuntansi adalah proses pencatatan transaksi keuangan yang berkaitan dengan bisnis. Proses akuntansi mencakup meringkas, menganalisis, dan melaporkan transaksi ini ke badan pengawas, regulator, dan entitas pemungut pajak.

Akuntansi adalah profesi yang tanggung jawab utamanya adalah membantu bisnis menjaga catatan keuangan mereka secara akurat dan tepat waktu.

3 dari 7 halaman

Pengertian akuntansi menurut ahli

Walter

Menurut Walter, akuntansi adalah suatu sistem informasi, yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pengambil keputusan yang akan membuat keputusan yang dapat mempengaruhi aktivitas bisnis.

James M Reeve, dkk

Akuntansi adalah suatu sistem informasi yang menyediakanlaporan untuk para pemangku kepentingan mengenai aktivitas dan kondisi ekonomi perusahaan. Selain itu akuntansi juga memberikan informasi untuk pihak lain yang berkepentingan dalam menilai kinerja perusahaan.

Warren, dkk

Akuntansi dapat diartikan sebagai sistem informasi yang menyediakan laporan untuk para pemangku kepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

Rudianto

Akuntansi adalah aktivitasmengumpulkan, menganalisis, menyajikan dalam bentuk angka, mengklasifikasikan, mencatat, meringkas, dan melaporkan aktivitas/transaksi suatu badan usaha dalam bentuk informasi keuangan.

Thomas Sumarsan

Akuntansi adalah suatu seni untuk mengumpulkan, mengidentifikasikan, mengklasifikasikan, mencatat transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan, sihingga dapat menghasilkan informasi yaitu laporan keuangan yang dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Surwadjono

Akuntansi adalah seperangkat yang mempelajari perekayasaan penyediaan jasa berupa informasi keuangan kuantitatif unit-unit organisasi dalam suatu lingkungan negara tertentu dan cara penyampaian (pelaporan) informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan ekonomik.

4 dari 7 halaman

Sejarah akuntansi

Mengutip dari Investopedia, Sejarah akuntansi telah ada hampir selama uang hadir. Sejarah akuntansi berawal dari peradaban kuno di Mesopotamia, Mesir dan Babilonia. Misalnya, selama Kekaisaran Romawi, pemerintah memiliki catatan rinci tentang keuangan mereka. Namun, akuntansi modern sebagai profesi baru ada sejak awal abad ke-19.

Luca Pacioli dianggap sebagai "Bapak Akuntansi dan Pembukuan" karena kontribusinya terhadap pengembangan akuntansi sebagai sebuah profesi. Seorang matematikawan Italia dan teman Leonardo da Vinci, Pacioli menerbitkan sebuah buku tentang sistem pembukuan entri ganda pada tahun 1494.

Pada tahun 1880, profesi akuntansi modern sepenuhnya dibentuk dan diakui oleh Institute of Chartered Accountants di Inggris dan Wales. Institut ini menciptakan banyak sistem yang digunakan akuntan untuk berlatih saat ini. Pembentukan lembaga terjadi sebagian besar karena Revolusi Industri. Pedagang tidak hanya perlu melacak catatan mereka tetapi juga berusaha menghindari kebangkrutan.

5 dari 7 halaman

Tujuan akuntansi

Tujuan utama akuntansi adalah menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Menurut Suwaldiman (2005), tujuan akuntansi adalah:

1. Memberi informasi keuangan yang secara handal bisa dipercaya mengenai kewajiban, modal dan sumber ekonomi.

2. Memberi informasi yang terpercaya tentang perubahan yang ada pada sumber – sumber ekonomi sebuah perusahaan yang muncul karena adanya kegiatan usaha.

3. Menginformasi keuangan yang bisa membantu penggunanya dalam memperkirakan potensi perusahaan dalam mendapatkan laba.

4. Menginformasi informasi penting yang lain tentang perubahan-perubahan pada sumber ekonomi dan kewajiban.

5. Menyampaikan sedalam mungkin informasi lain yang masih berkaitan dengan laporan keuangan yang masih relevan untuk digunakan oleh pengguna laporan keuangan.

6 dari 7 halaman

Peran akuntansi

Untuk manajer perusahaan

Akuntansi oleh manajer perusahaan digunakan untuk membantu mereka merencanakan dan mengendalikan operasi yang sedang berlangsung.

Untuk pemilik perusahaan

Bagi pemilik dan badan legislatif atau pengatur, akuntansi digunakan untuk membantu mereka menilai kinerja organisasi dan membuat keputusan untuk masa depannya. Oleh pemilik, pemberi pinjaman, pemasok, karyawan, dan lainnya akuntansi digunakan untuk membantu mereka memutuskan berapa banyak waktu atau uang yang akan dicurahkan untuk perusahaan.

Badan pemerintah

Oleh badan pemerintah untuk menentukan pajak apa yang harus dibayar bisnis.

7 dari 7 halaman

Jenis akuntansi

Akuntansi keuangan

Akuntansi keuangan mengacu pada proses yang digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan interim dan tahunan. Hasil dari semua transaksi keuangan yang terjadi selama suatu periode akuntansi dirangkum ke dalam neraca, laporan laba rugi dan laporan arus kas.

Akuntansi manajemen

Akuntansi manajerial menggunakan banyak data yang sama dengan akuntansi keuangan, tetapi ia mengatur dan menggunakan informasi dengan cara yang berbeda dalam akuntansi manajerial, seorang akuntan menghasilkan laporan bulanan atau kuartalan yang dapat digunakan tim manajemen bisnis untuk membuat keputusan tentang bagaimana bisnis beroperasi.

Akuntansi manajerial juga mencakup banyak aspek akuntansi lainnya, termasuk penganggaran, peramalan, dan berbagai alat analisis keuangan. Pada dasarnya, informasi apa pun yang mungkin berguna bagi manajemen berada di bawah payung ini.

Akuntansi biaya

Sama seperti akuntansi manajerial membantu bisnis membuat keputusan tentang manajemen, akuntansi biaya membantu bisnis membuat keputusan tentang penetapan biaya. Pada dasarnya, akuntansi biaya mempertimbangkan semua biaya yang terkait dengan produksi suatu produk. Analis, manajer, pemilik bisnis, dan akuntan menggunakan informasi ini untuk menentukan berapa biaya produk mereka. Dalam akuntansi biaya, uang berperan sebagai faktor ekonomi dalam produksi, sedangkan dalam akuntansi keuangan, uang dianggap sebagai ukuran kinerja ekonomi perusahaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini