Sukses

Mengenal Jenis Cerita Fiksi Lengkap Beserta Penjelasan dan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Ada beragam jenis cerita fiksi yang saat ini sedang digandrungi oleh anak muda milenial. Cerita fiksi adalah cerita yang kejadian dalam riwayatnya bersifat fiksi atau tidak nyata (khayalan). Secara khusus, fiksi merupakan hasil dialog, kontemplasi, dan reaksi pengarang terhadap lingkungan dan kehidupan.

Cerita ini dapat berasal dari karangan penulis maupun pengalaman nyata, baik pengalaman nyata penulis atau orang sekitarnya yang diolah menjadi cerita menarik. Cerita fiksi sendiri dibagi dalam beberapa jenis, yaitu dongeng, cerita pendek, novel dan roman.

Cerita fiksi ditulis berdasarkan pandangan, tafsiran, pemikiran, dan penilaian pengarang mengenai peristiwa-peristiwa yang ada di sekelilingnya. Meski cerita rekaan atau imajinatif, cerita fiksi tetap menyajikan latar belakang dan suasana yang nyata. Baik dalam penulisan nama kota, watak, dan tema yang diangkat.

Untuk lebih detailnya mengenai jenis cerita fiksi, berikut penjelasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (17/5/2021).

2 dari 4 halaman

Pengertian Cerita Fiksi

Dalam bahasa Indonesia kata fiksi diartikan sesuatu yaang dibentuk, sesuatu yang dibuat, atau sesuatu yang diimajinaksikan. Dengan arti-arti kata tersebut, pengertian cerita fiksi adalah karya sastra berisi berbagai cerita rekaan atau yang didasari fantasi dan bukan berdasarkan atas kejadian nyata.

Sedangkan secara umum, cerita bisa didefinisikan sebagai tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal (peristiwa, kejadian, dan sebagainya). Sederhananya, cerita akan menuturkan atau menjelaskan tentang terjadinya suatu peristiwa secara merinci dari awal sampai akhir. Meskipun ada kemungkinan cerita itu tidak lantas dikisahkan sampai selesai, itu masih dihitung sebagai cerita karena telah diberitahukan urutan awal dan tengahnya. 

Dengan begitu, dapat ditarik kesimpulan bahwa cerita fiksi adalah cerita rekaan atau khayalan pengarang yang memiliki isi cerita dapat murni berasal dari khayalan pengarang, tetapi juga dapat berdasarkan pada fakta. Cerita fiksi yang dikarang berdasarkan fakta diperoleh dari berbagai pengalaman, baik pengalaman diri sendiri maupun pengalaman orang lain. 

3 dari 4 halaman

Ciri-ciri Cerita Fiksi

Ada beberapa ciri-ciri cerita fiksi yang dapat menjadikan pedoman bagi Anda yang ingin membaca jenis cerita fiksi ataupun ingin menulis cerita fiksi secara sendiri. Berikut ciri-ciri cerita fiksi, diantaranya :

1. Sifatnya rekaan atau mewujudkan imajinasi yang dimiliki oleh pengarang.

2. Dalam cerita fiksi ada kebenaran yang relatif dan tidak mutlak.

3. Fiksi umumnya memakai bahasa dengan sifat konotatif dan bukan sebenarnya.

4. Cerita fiksi tida ada sistematika baku di dalamnya.

5. Karya fiksi umumnya menyasar pada emosi dan perasaan dari pembaca, bukan pada logikanya.

4 dari 4 halaman

Jenis Cerita Fiksi Beserta Penjelasan dan Contohnya

Cerita fiksi yaitu tulisan yang menyajikan cerita yang bersifat fiksi atau tidak nyata. Secara umum cerita fiksi bisa dibedakan menjadi 4 jenis yaitu :

1. Dongeng

Dongeng merupakan bentuk cerita yang bersifat khayal dan ajaib yang berasal  dari mulut ke mulut biasanya di ceritakan dari generasi ke generasi. Dongeng bertujuan sebagai cerita untuk menghilangkan kesedihan dan mendatangkan kegembiraan. Dalam dongeng banyak terkandung nilai-nilai moral dan nasehat bagi pembaca atau pendengarnya. Dongeng bisa dibagi menjadi beberapa jenis :

a. Sage

Yaitu merupakan jenis cerita fiksi yang berhubungan pada suatu kejadian atau peristiwa yang ada kaitanya dengan sejarah. Contohnya jenis cerita fiksi ini adalah Lutung Kasarung dan Damarwulan

b. Mite

Mite adalah jenis cerita fiksi yang menyangkut suatu kepercayaan dalam masyarakat. Misalnya : Cerita Tentang Dewi Sri adalah Ratu Padi.

c. Legenda

Legenda merupakan jenis cerita fiksi yang bersifat khayal untuk menjelaskan tentang terjadinya suatu daerah foto tempat-tempat lainnya. Contohnya adalah Tangkuban Perahu dan Asal-usul Banyuwangi.

d. Fabel

Fabel yaitu jenis cerita fiksi yang berisikan cerita hewan hewan yang mempunyayi tingkah laku yang mirip dengan manusia. Contohnya adalah si Kancil dan Peladuk Jenaka.

e. Dongeng Lucu 

Dongeng lucu atau cerita jenaka merupakan cerita fiktif yang berisikan kisah atau perjalanan suatu tokoh yang menimbulkan kelucuan atau humor. Contohnya adalah Lebai Malang dan Abu Nawas.

2. Novel

Novel adalah jenis cerita fiksi yang panjang dan mengandung suatu cerita tentang  kisah hidup manusia pada kurun waktu tak tentu dalam hidupnya dan belum ada penyelesaian secara sempurna. Contoh jenis cerita fiks ini adalah Koala Kumal dan ketika Cinta Bertasbih. 

3. Cerpen atau Cerita Pendek

Cerpen merupakan jenis cerita fiksi yang menceritakan suatu kejadian dalam hidup manusia secara sekilas dan biasanya tidak ada penyelesaian dalam akhir cerita. Contoh jenis cerita fiksi ini adalah Cinta Laki-laki dan Sepotong Cinta Dalam Diam.

4. Roman

Roman yaitu suatu cerita yang berkisah tentang percintaan. Contoh jenis cerita fiksi ini adalah Layar Terkembang dan Siti Nurbaya.