Sukses

15 Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan Tubuh, Baik untuk Jantung dan Sistem Imun

Liputan6.com, Jakarta Meski kurang populer, manfaat madu hitam baik untuk kesehatan tubuh. Madu hitam adalah jenis madu yang berasal dari nektar bunga mahoni, sehingga warnanya cenderung lebih hitam dan pekat. Selain mahoni, lebah madu juga mengonsumsi nektar dari bunga paitan, kaliandra, dan bunga singkong karet.

Jenis madu yang satu ini juga mempunyai rasa yang lebih pahit dibandingkan madu biasa yang pada umumnya manis. Sumber rasa pahit tersebut berasal dari senyawa alkaloid yang biasa terdapat pada pohon mahoni.

Walaupun rasanya pahit, akan tetapi rasa yang berasal dari senyawa alkaloid inilah memiliki segudang khasiat yang bisa Anda peroleh dari madu hitam. Madu hitam juga mengandung beberapa zat lainnya yang ternyata baik untuk tubuh Anda, seperti saponin dan flavonoid.

Senyawa inilah yang membawa manfaat madu hitam pahit bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat madu hitam pahit untuk kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/5/2021).

2 dari 5 halaman

Kandungan Nutrisi pada Madu Hitam

Kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram madu hitam yang Anda konsumsi, antara lain :

1. Air terdapat 20 gram

2. Kalori terdapat 294 kkal

3. Protein terdapat 0,3 gram

4. Lemak terdapat 0,0 gram

5. Karbohidrat terdapat 79,5 gram

6. Serat terdapat 0,2 gram

7. Kalsium terdapat 5 miligram

8. Fosfor terdapat 16 milligram

9. Zat besi terdapat 0,9 miligram

10. Natrium terdapat 6 miligram

11. Kalium terdapat 26,9 miligram

12. Tembaga terdapat 0,04 miligram

13. Seng (Zinc) terdapat 0,2 miligram

14. Beta karoten terdapat 0,0 mikrogram

15. Thiamin terdapat 0,0 miligram

16. Riboflavin terdapat 0,04 miligram

17. Niacin terdapat 0,1 miligram

18. Vitamin C terdapat 4 miligram

3 dari 5 halaman

Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Stamina

Manfaat madu hitam yang pertama adalah mampu meningkatkan stamina.  Stamina begitu penting karena menyangkut dengan aktivitas sehari-hari. Mengonsumsi madu hitam secara rutin dipercaya dapat membuat tubuh lebih bertenaga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

2. Mengatasi Masalah Pernapasan

Manfaat madu hitam untuk kesehatan yang selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah pernapasan. Sifat antiinflamasi pada madu hitam dipercaya dapat mengatasi penyakit radang tenggorokan. Selanjutnya, madu hitam juga dapat bermanfaat sebagai bahan alami untuk membersihkan paru-paru dari berbagai patogen. Hasilnya, saluran pernapasan akan lebih bekerja lebih maksimal. Selain itu, madu hitam juga bermanfaat bagi para penderita asma.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat madu hitam untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mengatasi gangguan pencernaan. Madu hitam dipercaya mampu untuk menetralkan kadar asam lambung, sehingga apabila anda mengonsumsi makanan yang bersifat asam ataupun pedas, lambung akan tetap terlindungi dengan rutin mengonsumsi madu hitam. Selain itu, berbagai penyakit yang berkaitan dengan lambung seperti grasitis, tukak lambung, dan masalah pencernaan lainnya juga dapat diredakan dengan rutin mengonsumsi madu hitam.

4. Menurunkan Kadar Asam Urat

Manfaat madu hitam untuk kesehatan yang berikutnya adalah bermanfaat bagi para penderita radang persendian dan nyeri pada sendi-sendi tubuh yaitu penyakit asam urat. Tanda-tanda seseorang terkena penyakit asam urat diantaranya adalah gejala nyeri pada sendi, pembengkakan, hingga membuat penderitanya sulit bergerak. Gunakan madu hitam untuk dikonsumsi secara rutin agar kadar asam urat dapat kembali secara normal

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat madu hitam untuk kesehatan yang berikutnya adalah madu hitam dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Tingginya kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya dapat menyerang tubuh. Terutama jenis penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung. Dengan mengonsumsi madu hitam secara rutin dipercaya dapat menurunkan atau menetralkan kolesterol dalam tubuh dan dapat mencegah penyakit-penyakit berbahaya tersebut.

4 dari 5 halaman

Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

6. Menurunkan Gula Darah

Manfaat madu hitam bagi kesehatan yang selanjutnya adalah madu hitam dapat dipercaya sebagai obat untuk menurunkan kadar gula darah. Oleh sebab itu, madu hitam sangat baik untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes. Kandungan gula dalam madu hitam juga diketahui lebih sedikit dibandingkan dengan madu biasa. Oleh karena itu madu hitam dipercaya sangat bagus untuk menurunkan kadar gula darah karena kandungan gulanya yang rendah.

7. Meningkatkan Fungsi Ginjal dan Hati

Ginjal merupakan salah satu organ vital yang berperan penting bagi tubuh. Terganggunya fungsi ginjal dan hati dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Madu hitam dipercaya sampai saat ini sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan ginjal dan hati pada tubuh Anda. Konsumsi madu hitam secara rutin agar fungsi ginjal dan hati Anda tetap terjaga dan dapat bekerja secara maksimal.

8. Sebagai Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh. Manfaat madu hitam untuk kesehatan yang lainnya adalah kandungan antioksidan yang dipercaya lebih tinggi daripada madu biasa. Madu hitam mampu menangkah radikal bebas yang menyerang tubuh. Karena tingginya kandungan antioksidan pada madu hitam, bahan alami ini dipercaya sebagai bahan alami pencegah kanker.

9. Meningkatkan Sistem Imun

Adanya sifat antiinflamasi pada madu hitam membuat madu hitam sangat bermanfaat untuk proses penyembuhan berbagai penyakit. Senyawa femolat yang juga merupakan antioksidan dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi bukan hanya bermanfaat sebagai bahan alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit, namun madu hitam juga dapat digunakan sebagai pencegah berbagai penyakit.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat madu hitam untuk kesehatan lainnya adalah madu hitam dipercaya dapat menjadi bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit khususnya untuk perawatan kecantikan. Madu hitam dipercaya dapat digunakan sebagai masker wajah. Karena sifat antiinflamasinya, madu hitam diklaim mampu mengatasi jerawat, dan dapat menyamarkan flek hitam pada wajah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

11. Mengatasi Gejala Penyakit Lambung

Penderita sakit lambung kerap mengalami beberapa gejala, seperti nyeri ulu hati, kembung, mual, dan muntah. Walaupun jarang menimbulkan komplikasi serius, sakit lambung yang tidak segera diatasi bisa berujung pada munculnya luka di lambung yang cukup dalam dan melebar.

Salah satu cara mengobati sakit lambung secara alami bisa dilakukan dengan mengonsumsi madu hitam pahit. Madu hitam memiliki sifar dasar sebagai antibiotik, sehingga dapat mengurangi gejala lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori.

12. Menangkal Radikal Bebas dan Cegah Penyakit Kronis

Senyawa asam fenolat pada madu hitam pahit berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh. Adanya senyawa asam fenolat yang sangat tinggi, mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal kanker, mencegah peradangan, hingga penyempitan pembuluh darah.

Sedangkan senyawa flavonoid pada madu hitam pahit berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Jadi, buat siapapun yang mengonsumsi madu hitam pahit secara rutin dapat menurunkan risiko kanker dan mencegah penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

13. Obat Alergi dan Melancarkan Darah ke Otak

Senyawa flavonoid pada madu hitam pahit dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan kesehatan yang berkaitan dengan alergi. Misalnya asma, rhinitis, eksem, atopic, dan lain sebagainya.

Senyawa antioksidan ini juga dapat mempercepat regenerasi sel-sel saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang. Selain itu, senyawa flavonoid dalam madu hitam pahit juga dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak, sehingga fungsi otak akan tetap terpelihara.

14. Baik untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Manfaat kandungan flavonoid dalam madu hitam yang bersifat antioksidan dan antiperadangan berpotensi menghindarkan Anda dari berbagai risiko gangguan jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Salah satunya adalah dapat menurunkan risiko terjadinya aterosklerosis, yakni kondisi munculnya plak atau timbunan lemak yang menyumbat pembuluh arteri.

Dalam aliran darah, flavonoid dapat mengontrol kolesterol LDL dari kerusakan akibat oksidasi. Flavonoid juga dapat meningkatkan kekuatan dinding pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengannya.

15. Mampu Menurunkan Berat Badan

Senyawa flavonoid yang terdapat dalam kandungan madu hitam juga terkait dengan sifatnya yang mencegah peradangan dan bisa membantu menurunkan berat badan.

Flavonoid dapat mengobati peradangan dalam tubuh sekaligus menekan produksi hormon leptin, yakni hormon yang dihasilkan oleh sel-sel lemak untuk membantu proses metabolisme dan mengontrol nafsu makan Anda. Dengan menghindari obesitas, tentu Anda sekaligus mengurangi risiko penyakit lain, seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi