Sukses

6 Kumpulan Keluhan Kurir Bertemu Pelanggan Galak saat COD, Bikin Miris

Liputan6.com, Jakarta Sistem Cash On Delivery atau COD seharusnya menjadi sebuah solusi bagi para pembeli yang ingin berbelanja online namun tak bisa menggunakan sistem transfer. Dengan demikian, pembeli dimudahkan karena pembayaran barang yang telah dipesan dapat dilakukan ketika barang sampai. Sistem ini juga diadakan untuk melindungi pembeli dari penjual nakal yang tak mau kirim barang usai menerima uang.

Namun, ternyata penerapan sistem COD ini bagaikan pisau bermata dua. Terutama bagi para pembeli yang ternyata kurang memahami syarat dan kondisi sistem pembayaran COD. Sehingga, akhirnya para kurir pun menjadi korban bulan-bulanan pembeli karena tak mau membayar barang yang sudah dipesan.Β 

Beberapa waktu lalu, sempat viral seorang wanita yang memaki kurir dengan kata-kata kasar akibat barang yang dipesan tak sesuai ekspektasi. Ia pun menuduh bahwa dirinya sedang ditipu. Padahal, urusan barang tak sesuai adalah antara penjual dan pembeli, bukan urusan kurir.

Tapi apa mau dikata, akhirnya kurir yang menjadi garda terdepan pengantaran barang yang menjadi korbannya. Warganet pun akhirnya menyoroti sistem COD ini yang pelaksanaannya kurang tepat dan banyak yang berharap agar para pengelola e-commerce segera membenahi sistem pembayaran ini.

Kejadian ini pun tak hanya sekali saja terjadi, melainkan sudah terjadi beberapa kali dan viral di media sosial. Berikut merupakan kumpulan video keluhan kurir paket terhadap pembeli galak yang menolak bayar, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (18/5/2021).

2 dari 7 halaman

1. Barang sudah dibuka, pelanggan ini menolak membayar dan merasa ditipu. Padahal upah yang diterima kurir pun tak seberapa.

3 dari 7 halaman

2. Sudah dijelaskan perihal syarat dan ketentuan sistem COD, pembeli tetap menolak membayar dan tak mau bertanggungjawab.

4 dari 7 halaman

3. Barang dianggap tak sesuai ekspektasi, kurir pun menjadi korban karena sampai menerima kalimat makian yang kasar.

5 dari 7 halaman

4. Akibat barang yang dipesan tak sesuai ekspektasi, kurir ini pun sampai ditodong pistol oleh pembeli.

6 dari 7 halaman

5. Pembeli ini berniat mempolisikan kurir pengantar barang akibat pesanannya tak sesuai.

7 dari 7 halaman

6. Merasa pengiriman terlalu lama, pembeli ini pun memaki kurir yang hendak antar barang.