Sukses

Unsur-Unsur Lingkaran dalam Geometri, Ketahui Lebih Dalam

Liputan6.com, Jakarta Unsur-unsur lingkaran merupakan bagian yang harus dipahami dalam pelajaran geometri. Lingkaran adalah semua titik dalam bidang yang sama yang terletak pada jarak yang sama dari titik pusat. Lingkaran merupakan bidang yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. 

Unsur-unsur lingkaran membentuk bidang lingkaran yang sempurna. Dalam mempelajari bidang lingkaran, ada unsur-unsur lingkaran yang menjadi pembahasannya. Unsur-unsur lingkaran ini merupakan istilah yang wajib dipahami.

Mempelajari unsur-unsur lingkaran merupakan pengetahuan dasar dalam ilmu geometri. Unsur-unsur lingkaran biasanya menjadi materi pelajaran matematika SD. Berikut unsur-unsur lingkaran, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(18/5/2021).

2 dari 7 halaman

Lingkaran dan rumusnya

Lingkaran adalah macam-macam bangun datar yang terbentuk dari himpunan semua titik persekitaran yang mengelilingi suatu titik asal dengan jarak yang sama. jarak tersebut biasanya dinamakan r, atau radius, atau jari-jari. Lingkaran memiliki simetri lipat dan simetri putar yang tak terhingga jumlahnya

Rumus luas lingkaran adalah:

L = π (pi) x jari-jari (r) kuadrat

Rumus keliling lingkaran adalah:

Keliling lingkaran = π × diameter atau π × r kuadrat

3 dari 7 halaman

Unsur-unsur lingkaran

Titik pusat

Pusat lingkaran adalah jarak yang sama dari titik-titik di tepi. Pusat lingkaran didefinisikan sebagai titik di tengah lingkaran. Titik-titik yang membentuk kurva yang merupakan lingkaran tersebut semuanya berjarak sama dari titik tengah. Titik pusat merupakan titik tengah lingkaran, di mana jarak titik tersebut dengan titik manapun pada lingkaran selalu tetap.

Jari-jari

Jari-jari atau radius merupakan garis lurus yang menghubungkan titik pusat dengan lingkaran. Setiap interval yang menghubungkan titik pada lingkaran ke pusat disebut jari-jari. Menurut definisi lingkaran, dua jari-jari memiliki panjang yang sama.

Jari-jari adalah jarak dari titik pusat ke lingkaran, jarak ini selalu sama dalam satu lingkaran. Jari-jari memiliki setengah ukuran diameter lingkaran. Rumus dari jari-jari adalah:

Rumus jari-jari lingkaran dengan diameter

r = d/2

r: jari-jari

d: diameter

Rumus jari-jari lingkaran dengan keliling

r = K / 2 x

K: Keliling Lingkaran

r: Jari – Jari Lingkaran

π: 22/7 atau 3.14

Rumus jari-jari lingkaran dengan luas

r = akar L/π

L: luas lingkaran

r: jari-jari

π: 22/7 atau 3.14

4 dari 7 halaman

Unsur-unsur lingkaran

Diameter

Diameter adalah jarak dari satu sisi lingkaran ke sisi lain lingkaran. Diameter merupakan tali busur terbesar yang panjangnya adalah dua kali dari jari-jarinya. Diameter ini membagi lingkaran sama luas. Berikut rumus dari diameter:

d = 2r

atau

d = k / π

d: diameter

r: jari-jari

k: keliling

π: 3.14 atau 22/7

Busur

Busur pada unsur-unsur lingkaran adalah garis lengkung bagian dari keliling lingkaran yang menghubungkan dua titik pada lingkaran. Busur merupakan garis lengkung baik terbuka, maupun tertutup yang berimpit dengan lingkaran. Busur adalah segmen garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran.

 

5 dari 7 halaman

Unsur-unsur lingkaran

Tali busur

Tali busur merupakan garis lurus di dalam lingkaran yang memotong lingkaran pada dua titik yang berbeda. Tali busur adalah ruas garis yang menghubungkan kedua titik ujung busur lingkaran. Tali busur merupakan garis lurus yang terletak di lengkungan lingkaran. Tali busur ini menghubungkan dua titik dalam lingkaran.

Juring

Juring atau sektor merupakan unsur-unsur lingkaran berupa daerah yang dibatasi oleh dua jari-jari dan busur lingkaran. Sudut pada juring lingkaran adalah fraksi dari sudut 360 derajat.

Ini adalah bagian lingkaran yang dibentuk oleh sebagian dari keliling (busur) dan jari-jari lingkaran di kedua titik ujung busur. Bentuk juring lingkaran dapat dibandingkan dengan sepotong pizza atau pai.

6 dari 7 halaman

Unsur-unsur lingkaran

Tembereng

Tembereng merupakan daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh sebuah busur dengan tali busurnya. Tembereng dengan busur yang dipotong kurang dari setengah lingkaran disebut tembereng kecil. Tembereng dengan busur berpotongan lebih besar dari setengah lingkaran disebut tembereng besar.

Luas tembereng dapat ditemukan dengan mengambil selisih Luas bidang dan Luas segitiga yang ada di dalamnya. Atau, dapat ditemukan dengan mengurangkan luas ruas tertentu (mayor atau minor) dari luas lingkaran.

Apotema

Apotema merupakan garis terpendek antara tali busur dan pusat lingkaran. Apotema adalah garis tinggi terhadap segitiga yang menjadi batas luas daerah juring dan tembereng. Karena merupakan garis tinggi, maka garis yang dibentuk bersifat tegak lurus dengan tali busur.

 

7 dari 7 halaman

Unsur-unsur lingkaran

Sudut pusat

Sudut pusat adalah daerah sudut yang dibatasi oleh dua jari-jari lingkaran yang titik sudutnya merupakan titik pusat lingkaran.

Sudut keliling

Keliling lingkaran merupakan busur terpanjang pada lingkaran. Sudut keliling adalah daerah sudut yang dibatasi oleh dua talibusur yang berpotongan di satu titik pada lingkaran dan titik sudutnya teletak pada keliling lingkaran.