Sukses

Macam-Macam Bangun Ruang Beserta Rumus Volumenya yang Perlu Dipahami

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam bangun ruang merupakan salah satu pelajaran matematika yang sangat penting dipahami. Bangun ruang disebut juga dengan bangun 3 dimensi. Hal ini dikarenakan bangun ruang memiliki volume, isi, dan 3 komponen penyusun berupa sisi, rusuk, dan titik sudut.

Bangun ruang dibagi menjadi 2 jenis, yaitu bangun ruang bersisi datar dan bangun ruang bersisi lengkung. Bangun ruang sisi datar, sesuai namanya, memiliki sisi berbentuk datar. Sementara itu, bangun ruang sisi lengkung memiliki bagian-bagian yang berbentuk melengkung.

Bangun ruang sisi datar contohnya adalah kubus, balok, prisma, dan limas. Bangun ruang sisi lengkung contohnya adalah kerucut, tabung, dan bola. Macam-macam bangun ruang ini perlu kamu kenali agar bisa mengerti bagaimana kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu juga perlu tahu bagiamana cara menghitung luas dan volumenya. Berikut Liputan6.com rangkum dari Merdeka, Rabu (19/5/2021) tentang macam-macam bangun ruang.

2 dari 8 halaman

Kubus

Macam-macam bangun ruang yang pertama adalah kubus. Kubus adalah bangun ruang yang memiliki sisi datar, dengan enam sisi berwujud persegi atau bujur sangkar yang berukuran identik masing-masingnya.

Kubus merupakan bentuk istimewa dari sebuah prisma segi empat karena sisi, alas, dan atasnya semua memiliki ukuran yang sama. Ciri ciri bangun ruang ini memiliki 12 rusuk yang sama panjang, 8 titik sudut, 12 bidang diagonal dan 4 diagonal ruang.

Rumus Volume Kobus:

V= s x s x s

3 dari 8 halaman

Balok

Macam-macam bangun ruang yang berikutnya adalah balok. Balok adalah bangun ruang yang terdiri dari tiga pasang sisi berbentuk segi empat. Ketiga pasang sisi berhadapan ini memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Selain itu, pada balok ada dua pasang sisi yang berbentuk persegi panjang dan satu sisi berbentuk segi empat. Beda halnya dengan kubus yang memiliki semua sisi segi empat.

Balok tersusun dari beberapa komponen meliputi sisi, diagonal bidang, sudut, diagonal ruang, dan bidang diagonal.

Rincian lebih lengkapnya seperti di bawah ini:

- Ada 6 sisi dengan 2 berbentuk persegi dan 4 berbentuk persegi panjang.

- Bidang alas: ABCD berbentuk persegi panjang

- Bidang atas: EFGH berbentuk persegi panjang

- Sisi tegak kubus: ABEF dan CDGH berbentuk persegi panjang, ADEH dan BCFG berbentuk persegi

- Memiliki 8 titik sudut, yaitu A, B, C, D, E, F, G, H

- Memiliki 4 diagonal ruang yaitu AG, BH, CE, DF

- Memiliki 6 diagonal bidang yaitu AC, BD, EG, FH, AF, BE, CH, DG, AH, DE, BG, CF

Rumus Volume Balok:

V= p x l x t

4 dari 8 halaman

Prisma

Prisma merupakan macam-macam bangun ruang yang memiliki bagian alas dan atas yang sama. Prisma memiliki sisi yang tegak dengan bentuk persegi panjang, jajar genjang dan persegi. Prisma bergantung pada segi alas dan atasnya, sehingga bangun ruang ini pada umumnya dikenal memiliki beberapa jenis.

Berdasarkan pada bentuk alas dan atapnya, maka bangun ruang prisma dibagi menjadi prisma segitiga, prisma segi empat, dan sebagainya. Jika dilihat dari komponen tegak rusuknya, maka prisma dibagi menjadi dua yaitu prisma tegak dan prisma miring.

Volume Prisma = Luas segitiga x tinggi

5 dari 8 halaman

Limas

Limas adalah macam-macam bangun ruang bersisi datar yang tersusun atas sebuah alas berbentuk segi-n dengan sisi tegak berbentuk segitiga yang saling bertemu di satu titik atas.

Alas limas dapat berbentuk bermacam-macam seperti segitiga, segiempat, dan sebagainya. Berdasarkan bentuk alasnya, limas terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya limas segitiga, limas segiempat, dll. Ciri-ciri limas tersusun dari 8 rusuk, 5 sisi, dan 5 titik sudut.

Limas dengan mempunyai alas berbentuk lingkaran disebut sebagai kerucut. Sementara untuk limas dengan alas yang berupa persegi disebut sebagai piramida.

Volume Limas = 1/3 Luas Alas x Tinggi

6 dari 8 halaman

Kerucut

Macam-macam bangun ruang yang termasuk dalam bangun ruang sisi lengkung adalah kerucut. Kerucut merupakan sebuah bangun ruang yang memiliki sisi lengkung yang tersusun dari alas berbentuk lingkaran dan diselubungi oleh segitiga.

Ciri dari bangun ruang ini adalah hanya memiliki 2 sisi. 1 titik sudut, dan tidak mempunyai rusuk diagonal bidang, dan bidang diagonal sama sekali. Kerucut adalah salah satu bangun ruang yang memiliki sebuah alas yang berbentuk lingkaran dengan selimut yang mempunyai irisan dari lingkaran.

Rumus untuk menghitung volume: 1/3 x π x r x r x t

7 dari 8 halaman

Tabung

Macam-macam bangun ruang yang berikutnya adalah tabung. Tabung merupakan bangun ruang bersisi lengkung yang terdiri dari tutup dan alas berbentuk lingkaran berukuran sama dan sisinya dilingkari persegi panjang.

Ciri-ciri bangun ruang tabung ini tidak memiliki titik sudut, rusuk, diagonal bidang, dan bidang diagonal. Sisi bangun ruang tabung tersusun dari 3 sisi: 2 lingkaran dan 1 persegi panjang. Tinggi tabung ditentukan berdasarkan jarak antara titik pusat bidang lingkaran alas dan lingkaran atas.

Rumus untuk menghitung volume tabung: π x r2 x t

8 dari 8 halaman

Bola

Bola merupakan macam-macam bangun ruang yang bersisi lengkung selanjutnya. Bola hanya akan dibatasi oleh satu bidang lengkung. Ciri-ciri bangun ruang bola adalah tidak memiliki rusuk, titik sudut, diagonal bidang, dan bidang diagonal.

Komponen yang khas ada dalam bangun ruang bola adalah adanya jari-jari dan diameter. Jari-jari merupakan jarak dari dinding bola ke titik pusat sedangkan diameter adalah jarak dari satu dinding bola ke dinding bola lainnya melewati titik pusatnya.

Rumus untuk menghitung volume bola yakni: 4/3 x π x r3