Sukses

17 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun sirih merah sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Mulai dari menjaga kesehatan mulut, paru-paru, jantung, sampai masalah reproduksi pria dan wanita. Sementara manfaat daun sirih merah untuk kecantikan dipercaya berasal dari kandungan antioksidan, flavonoid, dan vitaminnya.

Kandungan daun sirih merah tersebut baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah sampai rambut. Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan dan kecantikan yang sudah disebutkan bisa dirasakan dengan merebus, menjadikan ramuan, sampai dibuat masker wajah daunnya. Tanaman merambat ini mudah ditemukan dan ditanam di pekarangan rumah, loh.

Di Indonesia, daun sirih kerap digunakan untuk menginang para lansia dan cara inipun bisa mendatangkan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan mulut mereka. Tak cuma di Indonesia, sejak tahun 400 SM daun sirih sudah dipakai sebagai obat alternatif. Khususnya di India, Afrika, Filipina, hingga Srilanka.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat daun sirih merah untuk kesehatan dan kecantikan dari berbagai sumber, Kamis (20/5/2021).

2 dari 7 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Mulut

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan ini berasal dari kandungan saponin, tanin, kalsium, dan fosfor yang mampu meredakan pendaraan akibat peradangan pada gusi. Cara menggunakan daun sirih merah untuk mengatasi masalah gusi adalah dengan berkumur dengan air rebusannya.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan mulut lainnya adalah mengatasi bau mulut karena kandungan senyawa eugenol dan capitol-nya. Cukup dengan berkumur dengan air rebusan daun sirih, masalah bau mulut akan teratasi.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Tumor

Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang membuat manfaat daun sirih merah untuk kesehatan ada dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Pencernaan

Terpenoid dan lavikula yang ada pada daun sirih mampu mengobati sakit perut. Cara merasakan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan ini cukup dengan merebus 7 lembar daun sirih dan meminum air rebusannya.

Kandungan vitamin C dan antiseptik dalam daun sirih merah sangat ampuh melawan kuman penyebab tukak lambung. Cukup mengunyah 1-2 lembar daun sirih dan mengulumnya selama 10 menit, dan membuang daunnya.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Prostat

Inflamasi prostat merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada alat genital pria. Gangguan ini menyebabkan sel-sel pada kelenjar prostat akan mudah rusak. Menggunakan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan, maka proses inflamasi tersebut dapat dicegah. Sebab, kandungan tannin, saponin, dan hydroxychavicol akan meregenerasi sel-sel yang mengalami kerusakan di kelenjar prostat tersebut.

3 dari 7 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Wajah

Sirih merah memiliki sifat antibakteri alami. Sirih merah mengandung tanin, yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat. Kandungan minyak atsiri dari manfaat daun sirih merah untuk kecantikan ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Kandungan sirih merah seperti antioksidan, flavonoid, dan vitamin tertentu mampu menutrisi kulit.

Radikal bebas biasanya menyebabkan tanda-tanda penuaan. Efek ini menyebabkan kerusakan sel, peradangan dan menyebabkan keriput serta bintik-bintik penuaan. Antioksidan pada manfaat daun sirih merah untuk kecantikan mampu melawan efek radikal bebas, mereka dapat memainkan peran utama dalam menunda tanda-tanda penuaan.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kulit

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan sifat anti-inflamasinya yang kuat, sirih merah tak hanya mampu mencegah jerawat. Air rebusan sirih merah juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk ketombe, eksim, varises, luka bakar, memar, hingga gigitan serangga.

Beberapa penelitian menyatakan sifat antiseptik pada daun sirih merah lebih baik dari sabun atau produk antiseptik buatan. Kandungan antioksidan sirih merah mampu meregenerasi kulit wajah yang rusak akibat polusi dan radikal bebas. Untuk mencegah jerawat cukup gunakan air rebusan daun sirih merah sebagai pencuci muka dua kali sehari.

4 dari 7 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Diabetes

Daun sirih merah dapat menurunkan kadar glukosa darah. Sirih merah mengandung molekul aktif yang disebut tanin yang memiliki sifat antidiabetes. Alkaloid yang membuat manfaat daun sirih merah untuk kesehatan dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan menghambat penyerapan glukosa di usus.

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan ini pun berasal dari berbagai kandungan polifenol yang memiliki potensi antioksidan sangat baik. Molekul-molekul pada manfaat daun sirih merah untuk kesehatan mampu melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Jantung

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung koroner. Manfaat ini bisa didapatkan dengan menghaluskan beberapa lembar daun sirih kemudian dicampur dengan cabai atau daun kemukus dengan tambahan bawang merah dan jintan. Campuran bumbu tersebut kemudian diendapkan dengan air panas. Setelah itu, manfaat daun sirih merah untuk kesehatan bisa dirasakan dengan segera meminum airnya secara teratur.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Peradangan

Sifat anti-inflamasi pada sirih merah mampu menyembuhkan dengan cepat peradangan. Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan dapat digunakan sebagai obat gusi berdarah, luka bakar ringan, gatal gigitan serangga, hingga rasa nyeri di berbagai bagian tubuh.

Daun sirih adalah obat klasik untuk luka. Ini mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan ini baik untuk meningkatkan aktivitas enzim pemulung radikal bebas dalam tubuh Anda, seperti superoksida dismutase dan katalase.

5 dari 7 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Asam Urat

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan adalah mampu mengobati asam urat. Mengonsumsi rebusan daun sirih merah secara rutin dapat meredakan nyeri otot dan melepaskan Kristal asam urat yang ada dalam tubuh. Bagi yang memiliki masalah penyakit asam urat, manfaat daun sirih merah untuk kesehatan ini bisa dirasakan dengan mengonsumsinya secara rutin.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Paru-Paru

Mengonsumsi manfaat daun sirih merah untuk kesehatan juga mampu mengobati masalah saluran pernapasan bronkitis. Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan ini bisa didapatkan dengan merebus beberapa lembar daun sirih dalam waktu yang lama.

Bukan hanya bronkitis, masalah saluran pernapasan lain yang bisa diobati dengan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan adalah pneumonia. Anda bisa mengambil 5-7 lembar daun sirih, direbus dengan air hingga mendidih cukup lama. Setelah itu Anda bisa meminum rebusan daun sirih merah selagi hangat.

6 dari 7 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Bau Badan

Sirih merah mengandung estradiol dan klavikula yang mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Mengonsumsi air rebusan daun sirih merah mampu meredakan bau badan yang berlebihan. Aplikasikan tumbukan daun sirih ke ketiak secara teratur untuk merasakan manfaat daun sirih merah untuk kecantikan ini.

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan juga dapat mengatasi bau mulut berkat kandungan eugenol dan capitol. Sifat antiseptik pada sirih merah ampuh membunuh bakteri mulut. Berkumur dengan air rebusan daun sirih merah mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Rambut

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan sangat baik menjaga rambut. Kandungan antioksidan pada sirih merah dapat meningkatkan kesehatan rambut dan mengobati kekurangan nutrisi yang dapat membahayakan kesehatan rambut. Antioksidan dari manfaat daun sirih merah untuk kecantikan dapat melindungi folikel rambut yang lembut dan mencegah rambut rontok yang disebabkan oleh stres oksidatif.

7 dari 7 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih untuk Antiseptik

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan bisa dijadikan sebagai antiseptik. Kandungan antibakteri yang dimiliki daun sirih memang sangat ampuh untuk membunuh bakteri atau kuman. Dari kandungan tersebut manfaat daun sirih merah untuk kesehatan sangat cocok dijadikan sebagai bahan cuci tangan.

Sejumlah penelitian mengenai manfaat daun sirih merah untuk kesehatan menunjukkan bahwa antiseptik dari cairan daun sirih ternyata lebih unggul daripada sabun non antiseptik maupun sabun antiseptik. Namun hasil penelitian manfaat daun sirih merah untuk kesehatan ini masih membutuhkan bukti ilmiah lain supaya lebih kuat.

Manfaat Daun Sirih untuk Kewanitaan

Kesehatan organ kewanitaan alias Miss V tentunya sangat penting bagi setiap perempuan. Anda bisa menggunakan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan khusus merawat organ intim wanita. Dilansir StyleCraze, daun sirih dapat membunuh bakteri Candida penyebab leukorrhea atau keputihan. Rebus 5-10 lembar daun sirih ke dalam 250 ml air. Setelah direbus, saring airnya dan gunakan untuk mencuci area kewanitaan yang bermasalah.

Manfaat Daun Sirih untuk Batuk

Masalah batuk dapat diatasi dengan mengandalkan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan. Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan ini bisa didapatkan karena kandungan antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab penyakit batuk. Anda cukup merebus 5 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih sebelumnya dalam 300 ml air. Tunggu hingga mendidih, lalu tuangkan pada gelas, minum selagi hangat.

Manfaat Daun Sirih untuk Payudara

Biasanya payudara pada wanita akan membengkak selama masa menyusui. Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan bisa dijadikan solusi mengatasi pembengkakan payudara ini. Senyawa allyprokatecol dan carvacol pada daun sirih merah dipercaya dapat membantu meregangkan otot-otot payudara yang mengalami inflamasi. Caranya, bakar daun sirih merah hingga sedikit layu. Setelah itu, kemudian tempelkan pada payudara yang membengkak selagi masih hangat.