Sukses

16 Manfaat Renang untuk Kesehatan, Baik untuk Jantung

Liputan6.com, Jakarta Manfaat renang sangat baik untuk kesehatan. Berenang adalah cara terbaik untuk melatih seluruh tubuh. Manfaat Renang cocok untuk segala usia.

Renang membuat tubuh tetap bugar dan mental tetap sehat. Manfaat renang termasuk dalam olahraga aerobik. Manfaat renang ini bisa dimasukkan ke dalam latihan rutin setiap minggu.

Manfaat renang memaksa tubuh untuk bekerja melawan resistensi, yang memperkuat otot, jantung, dan paru-paru. Manfaat renang ini cocok bagi Anda yang tidak suka olahraga berkeringat.

Berikut manfaat renang untuk kesehatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(20/5/2021).

2 dari 9 halaman

Manfaat renang untuk kesehatan

Bakar kalori

Berenang adalah cara yang efisien untuk membakar kalori. Satu jam berenang membakar kalori hampir sama banyaknya dengan berlari. Namun, jumlah kalori yang terbakar bergantung pada berat badan seseorang dan seberapa kuat mereka berenang.

Membangun kekuatan kardiovaskular

Berenang termasuk olahraga kardio yang melibatkan jantung paru-paru, dan sistem peredaran darah. Menurut sebuah studi di University of South Carolina, setelah penyesuaian untuk usia, indeks massa tubuh, status merokok, asupan alkohol, dan riwayat keluarga penyakit kardiovaskular, perenang memiliki 53%, 50%, dan 49% lebih rendah untuk semua penyebab risiko kematian daripada orang yang tidak banyak bergerak.

3 dari 9 halaman

Manfaat renang untuk kesehatan

Baik untuk paru-paru

Manfaat renang bisa meningkatkan kapasitas paru-paru dan daya tahan napas. Berenang dapat membuat paru-paru lebih efisien dalam memproses udara yang dihirup. Berenang juga bisa meningkatkan kemampuan menahan napas. Berenang memperkuat inti secara keseluruhan, yang merupakan rumah bagi otot pernapasan yang memindahkan udara masuk dan keluar dari paru-paru.

Kurangi risiko penyakit jantung

Berenang adalah latihan aerobik, ini memperkuat jantung dengan membantunya menjadi lebih besar. Berenang membuat jantung lebih efisien dalam pemompaan. Ini mengarah pada aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh. Berenang selama 30 menit sehari dapat menurunkan penyakit jantung koroner pada wanita hingga 30 hingga 40 persen.

4 dari 9 halaman

Manfaat renang untuk kesehatan

Tingkatkan kualitas tidur

Berenang mungkin memiliki kekuatan untuk membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Ini bermanfaat untuk orang yang memiliki masalah tidur seperti susah tidur atau kurang tidur.

Tingkatkan mood

Berenang juga bisa membantu meningkatkan suasana hati. Olahraga melepaskan endorfin, yang meningkatkan mood. Latihan aerobik dapat meningkatkan dan menstabilkan suasana hati serta mengurangi ketegangan secara keseluruhan.

5 dari 9 halaman

Manfaat renang untuk kesehatan

Atasi stres

Berenang adalah cara yang berpotensi ampuh untuk menghilangkan stres dengan cepat. Olahraga adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan kecemasan. Sebuah studi tahun 2014 pada tikus menemukan bahwa berenang dapat membantu mengurangi Depresi yang dipicu oleh stres.

Bantu kontrol gula darah

Satu studi tahun 2016 yang melibatkan 62 wanita pramenopause yang tidak terlatih menemukan bahwa berenang tiga kali seminggu meningkatkan kontrol glukosa (gula) dan sensitivitas insulin. Studi tersebut menemukan bahwa berenang berselang bervolume rendah dan berintensitas tinggi lebih menguntungkan daripada berenang dengan intensitas rendah selama 1 jam.

6 dari 9 halaman

Manfaat renang untuk kesehatan

Terapi saat cedera

Seseorang dengan cedera atau kondisi seperti radang sendi mungkin merasa sulit untuk melakukan olahraga berdampak tinggi. Berenang bisa menjadi pilihan olahraga yang aman bagi orang yang sedang cedera. Berenang bahkan dapat membantu mengurangi sebagian rasa sakit atau meningkatkan pemulihan dari cedera.

Baik bagi persendian

Berenang tidak membebani sendi seseorang. Jadi, orang dengan artritis atau cedera sendi bisa memilih berenang sebagai olahraga yang cocok. Ini karena daya apung air mengurangi tekanan pada sendi yang menahan beban.

7 dari 9 halaman

Manfaat renang untuk kesehatan

Membentuk dan menguatkan otot

Berenang akan membangun otot lebih cepat dan lebih efektif daripada latihan kardio tradisional seperti lari atau bersepeda. Dorongan dan tarikan yang konstan terhadap air, yang memiliki tingkat resistensi yang jauh lebih tinggi daripada udara, membangun kapasitas dan daya tahan otot.

Menambah tinggi badan pada masa pertumbuhan

Berenang terkenal mampu meningkatkan tinggi badan di masa pertumbuhan. Berenang memang melatih semua otot-otot tubuh sehingga dapat membantu anak untuk bertambah tinggi.

8 dari 9 halaman

Manfaat renang untuk kesehatan

Menggerakkan keseluruhan tubuh

Salah satu manfaat renang terbesar adalah ia benar-benar melatih seluruh tubuh, dari kepala hingga ujung kaki. Berenang melibatkan hampir setiap kelompok otot utama yang mengharuskan seseorang menggunakan lengan, kaki, batang tubuh, dan perutnya. Renang meningkatkan detak jantung, membangun otot, meningkatkan kekuatan dan ketahanan.

Aman untuk ibu hamil

Wanita hamil dan bayinya juga bisa memetik manfaat yang luar biasa dari berenang. Manfaat renang bahkan dapat melindungi bayi dari jenis masalah neurologis yang disebut hipoksia-iskemia, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian. Selain bermanfaat bagi anak, berenang merupakan aktivitas yang dapat dilakukan pada ketiga trimester.

Faktanya, wanita hamil yang berenang selama awal hingga pertengahan kehamilan memiliki risiko lebih rendah mengalami persalinan prematur dan cacat bawaan. Bicaralah dengan dokter sebelum memulai berenang selama kehamilan.

9 dari 9 halaman

Manfaat renang untuk kesehatan

Baik untuk penderita asma

Selain membangun kekuatan kardiovaskular, berenang juga bisa membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan meningkatkan kontrol pernapasan. Lingkungan yang lembab dari kolam renang dalam ruangan membuat berenang menjadi aktivitas yang bagus untuk penderita asma. Selain itu, latihan pernapasan selama berenang mengembangkan kapasitas paru-paru dan mengontrol pernapasan.

Baik untuk penderita multiple sclerosis

Orang dengan multiple sclerosis (MS) mungkin juga merasakan manfaat berenang. Air membuat anggota badan terapung, membantu menopang mereka selama latihan. Air juga memberikan ketahanan yang lembut.