Sukses

Apa Tujuan Karir Anda? Ini 10 Contoh Jawaban yang Paling Tepat saat Interview Kerja

Ada beberapa contoh jawaban yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan tentang tujuan karir Anda dari HRD saat interview pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta Ketika melakukan interview untuk pekerjaan yang baru, pasti muncul pertanyaan yang bersifat umum seperti apa tujuan karir Anda kedepan? Hal ini sering kali membuat calon pelamar kebingungan dalam menjawab pertanyaan tersebut, sebab jika salah berucap dan tidak sesuai dengan keinginan HRD, maka pekerjaan yang diinginkan akan susah untuk dicapai.

Tujuan karir Anda merupakan rencana matang bagaimana Anda akan melangkah. Dengan menyusun rencana yang jelas merupakan sebuah bekal bahwa Anda telah siap memasuki dunia pekerjaan. Hal ini dapat menjadi patokan untuk Anda menggali potensi diri untuk menjadi yang lebih baik.

Dalam hal ini, Anda harus mempersiapkan semua jawabannya dengan matang sebelum waktu wawancara. Semua kemungkinan pertanyaan yang keluar harus dijawab dengan tenang dan percaya diri, hal itu akan menambah nilai plus untuk Anda. Biasanya pertanyaan yang sering muncul yaitu perkenalkan diri Anda, tentang visi, misi, hingga tujuan karir Anda.

Untuk itu, pelajari bagaimana cara menjawab pertanyaan tentang tujuan karir Anda dengan referensi jawaban berikut ini. Berikut adalh contoh jawaban profesional yang sering ditanyakan oleh HRD mengenai tujuan karir Anda yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (21/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Ingin Terus Belajar

Contoh jawaban tujuan karir Anda adalah sebagai berikut :

“Saya ingin terus belajar hal baru, terutama di perusahaan ini. Harapan saya adalah dapat terus mempelajari hal yang relevan dengan karier yang saya jalani agar bisa semakin berkembang dan membawa kontribusi positif bagi perusahaan.”

Jawaban tentang keinginan untuk terus belajar dapat Anda perkuat dengan pencapaian karir yang diinginkan. Jelaskan pula bahwa Anda dapat menjadi seorang pembelajar yang baik sebelum menjadi seorang pemimpin. Pada akhirnya, berikan bentuk kontribusi nyata selama di perusahaan atau industri yang Anda lamar.

Tidak ada salahnya mengemukakan hambatan atau kendala yang sering Anda alami, misalnya terkait komunikasi atau motivasi. Jadikan lingkungan di perusahaan yang Anda lamar sebagai alasan untuk bisa memperbaiki hambatan sekaligus meningkatkan kemampuan diri.

3 dari 11 halaman

2. Mencapai Tujuan Jangka Pendek

Contoh jawaban tentang tujuan karir Anda adalah sebagai berikut :

“Dalam waktu dekat, saya berharap bisa menjadi bagian dari perusahaan ini di bidang marketing dan memberikan yang terbaik untuk meningkatkan penjualan.”

Dengan mengemukanan rencana jangka pendek, HRD tahu bahwa Anda memiliki rencana dan tidak sekadar asal melamar pekerjaan. Anda tidak perlu mengemukakan detail tujuan tersebut secara rinci. Cukup jelaskan garis besarnya karena nantinya HRD juga akan bertanya tentang tujuan jangka panjang di perusahaan. Tujuan jangka pendek yang Anda kemukakan pun akan terdengar lebih realistis dan Anda dipandang sebagai orang yang bertanggung jawab.

4 dari 11 halaman

3. Mencapai Tujuan Jangka Panjang

Contoh jawaban tentang tujuan karir Anda sebagai berikut :

“Setelah banyak belajar tentang marketing di perusahaan ini, saya melihat diri saya dalam 5 tahun ke depan menduduki posisi sebagai….”

Pada tujuan jangka panjang, Anda bisa menyebutkan jenis posisi tinggi yang Anda impikan. Tentunya posisi tersebut linier atau berkaitan dengan posisi kerja yang Anda lamar saat ini. HRD bisa menilai bahwa Anda visioner serta memiliki tujuan jangka panjang.

5 dari 11 halaman

4. Target Pencapaian Karier

Contoh jawaban tentang tujuan karir Anda adalah sebagai berikut :

“Saya percaya bahwa saya dapat menduduki posisi Senior Marketing dalam waktu 3 tahun.”

Jawaban di atas merupakan lanjutan setelah Anda mengemukanan tujuan karier jangka pendek. Jangan hanya mengatakan rencana karier, berikan pula target waktu pencapaian karier impian Anda. Jawaban yang Anda kemukakan akan menunjukkan bahwa Anda memiliki visi jelas ketika bekerja di perusahaan tersebut.

Agar sukses menjawab pertanyaan tersebut dan tetap sesuai kondisi perusahaan, lakukanlah riset terkait jenis posisi yang ditawarkan pada perusahaan. Cari tahu pula lama waktu untuk meraih jenjang karier tersebut beserta tantangan-tantangannya. Jangan sampai Anda menargetkan posisi tinggi dalam waktu yang singkat karena HRD akan memandang Anda sebagai kandidat yang sombong.

6 dari 11 halaman

5. Mengembangkan Diri dan Perusahaan

Contoh jawaban tentang tujuan karir Anda adalah sebagai berikut :

“Waktu 3 tahun yang akan saya tempuh memang tidak singkat. Dalam kurun waktu tersebut, saya akan beradaptasi di lingkungan perusahaan, menjalin relasi dengan karyawan internal perusahaan, dan memperluas relasi di luar perusahaan. Selain itu, saya berusaha aktif dan produktif selama bekerja.”

Jawaban kokret di atas menunjukkan bahwa apa yang Anda kemukakan di awal bukan sekadar angan-angan belaka. Berikanlah contoh realistis dan caramu untuk meraih tujuan karier.

7 dari 11 halaman

6. Berkontribusi pada Perusahaan

Contoh jawaban tentang tujuan karir Anda adalah sebagai berikut :

“Saya memiliki tujuan karier sebagai…dan memberikan kontribusi bagi perusahaan. Saya berusaha menjadi investasi perusahaan yang memberikan keuntungan, misalnya dengan membentuk lingkungan kerja dinamis serta produktif.”

Jabarkan lebih luas terkait tujuan karier yang akan Anda jalani selama berada di perusahaan. Biasanya, HRD akan melihat besar kontribusi yang diberikan karyawan, kemudian mempertimbangkannya. Semakin realistis kontribusi yang Anda tawarkan, akan semakin dipertimbangkan pula Anda sebagai calon karyawan perusahaan. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak perlu memberikan janji yang terlalu muluk atau terkesan mengada-ada hanya karena ingin dipandang keren.

8 dari 11 halaman

7. Memberikan Contoh Keahlian pada Industri yang Dilamar

Contoh jawaban tentang tujuan karir Anda adalah sebagai berikut :

“Karier yang saya pilih sebagai …. berkaitan dengan pengalaman saya sebelumnya sebagi …. . Selama bekerja di perusahaan ini, saya akan berusaha berkontribusi dengan pengalaman tersebut sekaligus belajar untuk menjadi lebih baik.”

Tidak ada salahnya memberikan contoh keahlian dan pengalaman, HRD bisa mengetahui bahwa Anda sudah memahami seluk beluk karier yang akan dijalani. Selain itu, tekad Anda untuk terus belajar di perusahaan juga akan memberikan nilai lebih. Apabila Anda memiliki pengalaman kepemimpinan atau manajerial, sebutkan pula kemampuan tersebut ketika interview.

9 dari 11 halaman

8. Masuk dalam Industri Baru

Contoh jawaban tentang tujuan karir Anda adalah sebagai berikut :

“Bagi saya, melamar pekerjaan sebagai … di industri yang baru akan menjadi tantangan tersendiri. Di industri ini, saya bisa belajar banyak tentang….”

Alasan menjawab tujuan karir karena ingin berkontribusi di industri yang baru pun bisa Anda lakukan. Biasanya, perusahaan yang baru berdiri atau masih dalam tahap pengembangan akan mempertimbangkan kandidat dengan rencana matang.

10 dari 11 halaman

9. Mencari Pengalaman

Contoh jawaban tentang tujuan karir Anda adalah sebagai berikut :

“Dengan bergabung pada perusahaan ini, saya berharap bisa mendapatkan pengalaman sebagai ….”

Anda juga bisa menjawab tujuan karir untuk mencari pengalaman di dunia kerja. Namun, pastikan bahwa jawaban yang Anda kemukakan logis dan realistis. Sesuaikan pula posisi jabatan yang Anda lamar dengan tujuan yang ingin Anda capai, misalnya dalam hal kepemimpinan dan team bulding. Agar tidak salah, melakukan survey tentang posisi kerja dan jenis pekerjaannya dapat Anda lakukan.

11 dari 11 halaman

10. Menerapkan Bakat Kreatif

Contoh jawaban tentang tujuan karir Anda adalah sebagai berikut :

“Saya ingin menerapkan bakat kreatif yang saya miliki untuk perkembangan perusahaan agar dapat mencapai hasil maksimal.”

Tujuan karir untuk menerapkan bakat kreatif selama berada di perusahaan juga bisa Anda tunjukkan. Buktikan dengan menyebutkan jenis bakat yang Anda miliki beserta pencapaian yang pernah dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.