Sukses

Listrik Statis Adalah Terjadi karena Gesekan, Simak Contoh, Bahaya, dan Cara Mencegahnya

Listrik statis adalah terjadi karena gesekan. Meski tidak bermuatan listrik, listrik statis bisa memicu bahaya.

Liputan6.com, Jakarta Pahami bahwa listrik statis adalah dapat terjadi karena gesekan dua benda. Listrik statis adalah tidak bermuatan listrik dan tidak bisa mengalir dari satu benda ke beda lain begitu juga dari tempat satu ke tempat lain. Akan tetapi ada bahaya yang mengintai.

Listrik statis dapat menciptakan percikan hingga memicu gas dan ledakan yang membahayakan lingkungan sekitar. Begitu pun listrik statis adalah bisa mengalir ke seluruh tubuh dan menciptakan sengatan sampai menghentikan jantung serta berakibat pada kematian.

Contoh fenomena listrik statis bukan hanya balon yang digesekkan dengan penggaris atau sisir. Begitu juga timbul saat tangan didekatkan ke layar TV yang baru saja dimatikan. Perhatikan bulu atau rambut yang ada di tangan biasanya akan berdiri saat listrik statis terjadi.

Tak cuma dua contoh sederhana tersebut, masih ada banyak fenomena lain yang berkaitan dengan listrik statis. Lebih lanjut, berikut Liputan6.com ulas listrik statis adalah terjadi karena gesekan dari berbagai sumber, Sabtu (22/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Listrik Statis

Secara etimologi listrik statis berasal dari kata “statis” yang artinya diam. Ini membuat listrik statis adalah berkaitan dengan aliran listrik yang tidak mengalir. Listrik statis adalah diam atau tidak bisa mengalir dari benda satu ke benda yang lain.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menjelaskan listrik statis adalah tidak mengalir dan perpindahan arusnya terbatas. Listrik statis adalah dihasilkan dari gesekan benda. Listrik statis adalah tidak bisa mengalir dalam suatu rangkaian.

Berdasarkan penjelasan tersebut seolah listrik statis sulit dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Padahal bila peka terhadap lingkungan, keberadaan listrik adalah dekat dengan aktivitas sehari-hari. Contoh fenomena listrik statis adalah saat balon digosokkan ke rambut, maka balon yang didekatkan ke dinding akan menempel di sana.

Satu contoh ini menjelaskan bahwa listrik statis adalah dapat terjadi pada gesekan benda yang tak terduga. Inilah mengapa seringkali fenomena kejutan statis terjadi. Pada dasarnya, listrik statis adalah terjadi karena ada ketidakseimbangan muatan listrik dalam atau permukaan benda.

3 dari 6 halaman

Bahaya Listrik Statis

Bukan tak ada bahaya, listrik statis adalah dapat menimbulkan bahaya seperti menumpuk di awan. Saat listrik statis adalah terbentuk dalam percikan yang besar antara tanah dan atmosfer maka akan terjadi kilat sebagai aliran muatan ke atmosfer.

Listrik statis adalah berbahaya ketika ada gas yang mudah terbakar atau suatu tempat dalam kondisi kadar oksigennya tinggi. Percikan akibat terjadinya listrik statis adalah bisa memicu gas dan ledakan yang membahayakan lingkungan sekitar.

Kondisi ini akan lebih berbahaya lagi bila listrik statis adalah bersentuhan dengan muatan listrik yang besar di atasnya. Muatan bisa mengalir ke seluruh tubuh yang menyentuh dan menimbulkan sengatan listrik. Luka bakar bisa terbentuk dan menyebabkan terjadinya henti jantung sampai berujung kematian.

4 dari 6 halaman

Contoh Listrik Statis Lainnya

1. Listrik statis adalah terjadi ketika seseorang menyisir rambut, tanpa disadari rambut akan berdiri sendiri beriringan dengan gerakan sisir. Hal tersebut terjadi karena da interaksi muatan antar sisir dengan rambut.

2. Listrik statis adalah terjadi ketika penggaris atau sisir yang kita gosok-gosokkan ke rambut atau tangan kering dapat menarik potongan kertas kecil.

3. Listrik statis adalah terjadi ketika debu yang menempel pada layar tv.

4. Listrik statis adalah terjadi ketika kain sutra digosok-gosokkan dengan batang kaca. Hal ini akan menimbulkan reaksi tarik-menarik dua benda tersebut, elektron dari batang kaca akan berpindah ke kain sutera. Hal itu mengakibatkan batang kaca bermuatan positif dan sutra akan bermuatan negatif.

5. Listrik statis adalah terjadi ketika menggosokan balon dengan tangan.

6. Listrik statis adalah terjadi ketika penggaris plastik digosok dengan kain woll. Kedua benda ini mempunyai muatan netral, saat keduanya digesekkan maka akan ada perpindahan elektron dari kain woll ke penggaris plastik. Fenomena ini mengakibatkan penggaris plastik bermuatan negatif, sedangkan kain woll bermuatan positif.

7. Listrik statis adalah terjadi ketika tangan didekatkan ke layar TV yang baru saja dimatikan. Perhatikan bulu atau rambut yang ada di tangan biasanya akan berdiri saat listrik statis terjadi.

5 dari 6 halaman

Cara Mencegah Listrik Statis

Cara Mencegah Listrik Statis adalah Melembapkan

Cara mencegah listrik statis adalah melembapkan semua permukaan benda. Muatan listrik paling sering muncul di musim dingin atau di iklim kering, memungkinkan elektron terbentuk dengan mudah di permukaan kulit kita.

Udara lembab menghentikan elektron bermuatan negatif dan kita jarang merasakan muatan listrik. Meskipun kita tidak bisa mengubah cuaca, kita pasti bisa mempersiapkannya:

1.  humidifier di rumah Anda untuk menambah kelembapan udara.

2. Tanaman juga dapat menambah kelembapan ekstra ke rumah Anda.

3. Lembapkan kulit Anda dengan rutinitas perawatan kulit yang tepat.

Cara Mencegah Listrik Statis adalah Menyesuaikan Tempat Tidur

Seprai memiliki kebiasaan bergesekan sehingga menyebabkan penumpukan listrik statis. Langkah-langkah yang mungkin membantu Anda menghindari ini termasuk:

1. Hindari melapisi lembaran untuk meminimalkan kain saling bergesekan. 

2. Jika suhu di rumah Anda memungkinkan, coba lepaskan seprai atau selimut Anda sama sekali.

3. Pilih bahan seperti kapas di atas wol atau kain sintetis.

Cara Mencegah Listrik Statis adalah Memilih Lemari Tepat

Kain tertentu akan lebih baik di dalam menghantarkan listrik daripada yang lain. adi, jenis pakaian yang Anda kenakan benar-benar dapat meningkatkan risiko sengatan listrik statis.

1. Pakaian berlapis dapat meningkatkan kemungkinan pelepasan statis, karena lebih banyak lapisan memungkinkan bahan dengan muatan elektron berbeda untuk berinteraksi lebih banyak. Hal ini dapat menyebabkan kejutan listrik statis.

2. Bahan tertentu - seperti wol atau kain sintetis adalah konduktor listrik yang bagus. Cobalah untuk membatasi penggunaan bahan-bahan ini. Pakai kapas sebagai gantinya - ini menghantarkan listrik dengan buruk dan menurunkan peluang Anda untuk disetrum.

3. Pilih sepatu bersol kulit daripada sepatu bersol karet, karena sepatu bersol karet cenderung tidak  menghantarkan listrik.

6 dari 6 halaman

Cara Mencegah Listrik Statis

Cara Mencegah Listrik Statis adalah Hindari Cucian dari Listrik

Mesin cuci dapat menghasilkan banyak listrik statis dan meminjamkan sebagian ke pakaian karena gerakan dan gesekan konstan. Di setiap langkah pencucian, Anda dapat mengambil tindakan untuk mencegah listrik statis:

1. Tambahkan soda kue ke dalam cucian. Soda menciptakan penghalang antara muatan positif dan negatif dan juga bertindak sebagai pelembut air dan kain.

2. Tambahkan cuka suling ke siklus bilas. Ini mengurangi statis dan melembutkan kain.

3. Tambahkan kain basah ke pengering selama 10 menit terakhir pengeringan dan turunkan ke pengaturan panas terendah. Ini akan menambah kelembaban yang sangat dibutuhkan pada cucian setelah semua pemintalan yang memicu listrik ini.

4. Kocok pakaian Anda setelah dikeringkan untuk mencegah listrik statis masuk. Selain itu, cobalah mengeringkan cucian Anda dengan udara.

Cara Mencegah Listrik Statis adalah Pegang Sesuatu dari Logam

Cara mencegah aliran listrik statis adalah memegang sesuatu yang terbuat dari logam. Muatan statis sering kali muncul selama pergerakan seperti, misalnya, saat mendorong gerobak di toko atau mengendarai mobil. 

Pegang benda yang terbuat dari  logam seperti kunci untuk melepaskan energi yang Anda kumpulkan sebelum menyentuh apa pun dengan tangan kosong. Cara lainnya, Anda dapat menghilangkan sengatan listrik dengan menyentuh benda yang tidak menghantarkan listrik seperti kaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.