Sukses

8 Potret Lawas Suasana Ibu Kota Korea Selatan, Bak Drama Korea Era 70-an

Liputan6.com, Jakarta Korea Selatan menjadi negara maju yang berhasil menjadi sorotan dunia di berbagi bidang dengan sains dan teknologi-nya. Selain itu, banyak orang dari penjuru dunia terpikat dengan budaya dan gaya hidup warga Negeri Ginseng tersebut.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah Ibu kota dari Korea Selatan yaitu Seoul. Sebelum mengalami perkembangan yang pesat seperti sekarang, kota itu pernah hancur total selama Perang Korea (1950–1953). 

Karena perang, Seoul menjadi kelebihan penduduk yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh orang-orang yang datang ke kota untuk mencari pekerjaan dan pengungsi perang yang melarikan diri dari Korea Utara.

Tak lama kemudian, Korea Selatan mengalami perkembangan ekonomi yang pesat. Demikian dengan kota Seoul, khususnya pada tahun 1970-an. Bahkan potret lawasnya di tahun tersebut mirip seperti yang tergambar dalam film dan drama Korea.  

Seperti apa potretnya? Dilansir dari Vintag, berikut Liputan6.com himpun beberapa foto lawas suasana kota Seoul pada tahun 1970, Senin (24/5/2021).

2 dari 9 halaman

1. Seoul didirikan sebagai ibu kota nasional Dinasti Joseon pada tahun 1392, dan terus mempertahankan statusnya sejak saat itu.

3 dari 9 halaman

2. Sempat hancur pada Perang Korea, Seoul berhasil bangkit. Dan saat ini, Korea Selatan termasuk 10 negara teratas dalam hal ukuran ekonomi.

4 dari 9 halaman

3. Selain itu, budaya populernya yang disebut 'Korean wave' telah populer dan dinikmati oleh kaum muda secara global.

5 dari 9 halaman

4. Seoul juga telah menjadi pusat internasional yang dihuni sekitar 10 juta orang.

6 dari 9 halaman

5. Wilayah Ibu Kota Seoul (Wilayah Metropolitan Seoul), yang meliputi Kota Seoul, adalah wilayah geografis terpenting di Korea Selatan karena lebih dari separuh penduduk negara itu tinggal di sana.

7 dari 9 halaman

6. Potret Seoul tahun 1970 mirip dengan suasana drama Korea yang mengusung latar cerita era tersebut seperti drama Reply Series.

8 dari 9 halaman

7. Salah satu patung memorial yang ada di kota Seoul.

9 dari 9 halaman

8. Korea Selatan menjadi negara yang tak bisa berhenti dan selalu terburu-buru, hal tersebut menjadi kunci sukses dalam kemajuan negaranya.